Thursday, March 26, 2009

PANDAN CHIFFON CAKE (LAGI)


(so light, soft, moist, delicate, fluffy...)

Ini postingan kedua pandan chiffon cake. Tadi pagi tiba-tiba pengen banget makan chiffon cake pandan yg emang buatku gak pernah ngebosenin deh! Suka banget sama cake yg satu ini. Dari berbagai varian chiffon, yg paling aku suka ya si pandan ini:)
Teksturnya yg lembut, ringan bagai kapas dan aroma pandan…hmmmmm…yummmiiieee…^_^
Oya, kali ini kuning telurnya aku kocok dg gula pasir sampai creamy dan kental. Hasil cakenya jadi lebih fluffy dan moist.

Kebetulan aku punya loyang chiffon ukuran 22 cm yg belum lama aku beli di Aneka Swalayan dan blum pernah diberdayakan, hihiiii… Yo weiss, sekalian uji coba loyang baru yg harganya dua kali lipat loyang lama. Emang sih bahannya jauh lebih bagus dan tebal dibanding loyang chiffon 24 cm punyaku yg udah penyok sana sini karena sering digunakan, heheeee…



Bahan A:
- 100 gram tepung terigu
- 1 ½ sdt baking powder
- 10 gram susu bubuk
- 10 gram tepung maizena

Bahan B:
- 5 kuning telur
- 50 gram gula pasir
- 1 ½ sdt pasta pandan
- 65 ml santan kental (aku pakai Kara kemasan kecil)
- 60 ml minyak goreng
- ½ sdt essence vanilla (optional aja, aku pakai untuk mengurangi bau telur)

Bahan C:
- 7 putih telur (kebetulan di kulkas ada sisa putih telur dari 2 telur, jadi aku tambahin aja)
- 75 gram gula pasir
- ½ sdt garam

Cara membuat:
- Bahan A: Ayak semua bahan A. Sisihkan.
- Bahan B: Kocok kuning telur dan gula pasir sampai creamy dan kental. Masukkan santan, pasta pandan dan essence vanilla. Aduk rata. Masukkan campuran terigu (bahan A) sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dg spatula atau whisker. Terakhir masukkan minyak goreng. Aduk rata. Sisihkan.
- Bahan C: Kocok putih telur dan garam sampai berbusa dan setengah mengembang. Masukkan gula pasir secara bertahap sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai kaku (cirinya kalo wadah dibalik si putih telur ga tumpah/stay, biasa disebut soft peak). Tapi jangan sampai hilang kilapnya dan overmix ya…berarti udah jadi hard peak tuh!
- Campur 1/3 putih telur ke adonan terigu (adonan hijau). Aduk rata dg spatula atau whisker. Campur lagi 1/3 sisanya dan aduk rata. Berulang sampai habis. Pastikan semua putih telur sudah tercampur rata (well blended) dg adonan. Aduk so gently, biar si busa putih telurnya gak rusak:)
- Tuang ke loyang chiffon (aku pakai diameter 22 cm) tanpa dioles.
- Panggang kurang lebih 50-60 menit sampai matang dan kecoklatan permukaannya.
- Setelah matang keluarkan dari oven dan segera balikkan loyang sampai cake dingin baru dikeluarkan dari loyang dg bantuan pisau tipis. Potong-potong.

No comments:

Post a Comment