Thursday, June 25, 2009

KUE CANTIK MANIS



Hmmm…rasanya udah lumayan lama gak makan kue jajanan pasar yang satu ini. Waktu masih kecil aku suka minta dibelikan kue ini kalo ibu lagi ke pasar. Sesuai namanya, kue ini punya penampilan yang cantik dan rasa yang manis. Terbuat dari tepung hun kwe.

Kemarin lagi buka-buka tabloid Saji edisi lama, eh nemu resep kue cantik manis ini. Langsung deh hasrat pengen bikin timbul, heheee… Masih punya tepung hun kwe juga di rumah. Tapi…sagu mutiara atau pacar china aku gak punya, uuuuhhhhh…mau minta tolong beli ke siapa, secara daku lagi sendirian aja di rumah, lagi hamil tua pula (ceritanya tinggal nunggu hari H neh!). Gak mungkin kan kuenya polos, gak cantik lagi donk namanya, hihihiiii…
Puter otak, akhirnya muncul ide pakai agar-agar yang dipotong-potong kotak kecil-kecil aja deh! Tinggal dikasih warna merah dan hijau, hmmmm…let’s do it!!

Bahan:
- 60 gram tepung hun kwe (sekitar ½ bungkus)
- 500 ml santan (aku bikin dari 200 ml santan instan kental dan 300 ml air)
- 100 gram gula pasir
- ¼ sdt garam
- 1/8 sdt vanili bubuk
- 2 lembar daun pandan (aku gak pakai, lagi gak ada)
- Sagu mutiara atau pacar china warna merah dan hijau. Rebus hingga matang. Tiriskan.
- Plastik bening untuk membungkus

Cara membuat:
- Larutkan tepung hun kwe dengan 250 ml santan (dari 500 ml santan). Sisihkan.
- Rebus sisa santan, daun pandan, gula pasir, garam dan vanili bubuk sambil diaduk sampai mendidih.
- Tuang larutan tepung hun kwe. Aduk rata. Masak sampai mengental dan meletup-letup. Angkat. Masukkan sagu mutiara/pacar china. Aduk rata.
- Ambil sekitar 2 sdm adonan, taruh dalam plastik bening. Bungkus dan lipat. Biarkan dingin dan membeku.



Hasilnya alhamduliLLAH enak dan lembut, hampir sama dengan yang dijual di pasar, heheee… Tapi yang ini lebih sehat karena pakai gula pasir murni, yang dijual di pasar terkadang rasa manisnya dari pemanis buatan.
Lain kali mau bikin yang beneran pakai sagu mutiara/pacar china, biar ada sensasi kenyal-kenyal gitu. Yang aku bikin ini cuma sensasi lembut aja, heheee…
Oya, kue ini nikmat banget dimakan dalam keadaan dingin. So…simpan dulu di kulkas sebelum disantap, hmmmm…yummmieee! Apalagi my hubby juga suka dan bilang enak. Ah, yes he is my best customer ever! ^_^

4 comments:

Anonymous said...

Thanks ya Mbak Ricke...kebetulan saya lagi pengin makan centik manis...saya contoh resepnya ya Mbak dan sekali lagi terimakasih..Lisa-(USA)

Anonymous said...

mbak ikut ngopy resepnya dari dulu pingin buat kue ini sendiri..makasih

Anonymous said...

alhamdulillah udah cb resepnya... mdh2an suami suka buat buka puasa nti....makasih ya mbak

Anonymous said...

Salam kenal, mbak ricke... alhamdulillah udah coba resepnya... Enak dan manisnya pas. makasih ya mbak Utk resepnya.

Post a Comment