Saturday, July 31, 2010

AYAM GORENG LENGKUAS



Aaaaaaahhhh.... Ayam goreeeeng... *Upin Ipin mode ON
Hehehee....

Saya suka sekali dengan ayam goreng lengkuas ini. 'Serundeng' lengkuasnya enak sekali ditaburkan ke atas nasi panas, plus ayamnya yang garing di luar dan empuk di dalam. Kalau serundeng kan terbuat dari kelapa parut, kalau ini pakai lengkuas yang diparut.
Ayam goreng ini aku buat karena mau ada adik-adikku datang ke rumah. Mereka suka sekali dengan ayam goreng dibanding lauk yang lain.

Ayam goreng ini sarat akan berbagai macam bumbu rempah. Haruuum sekali, ketika masuk dapur wangi ayam gorengnya langsung tercium. Dijamin tetangga juga pengen masuk dapur kita, hehehee... Lebay abizzz!! :D
Gunakan lengkuas yang tidak terlalu tua, agar tidak keras saat diparut. Semakin banyak lengkuasnya, semakin banyak pula 'serundeng' yang dihasilkan :)
Resep asli dari NCC bisa dilihat disini, tapi saya gunakan parutan lengkuas yang banyak jadi didapat serundeng lengkuas.

Bahan:
1 ekor ayam, potong 8-12 bagian
5 siung bawang putih
4 buah bawang merah
1 sdm ketumbar
1 batang lengkuas
3 cm kunyit
3 butir kemiri
1 ruas jahe
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
1 batang sereh, digeprek
200 ml air
Beberapa batang lengkuas, diparut. Saya kemarin menggunakan sekitar 3 batang lengkuas ukuran besar.

Cara membuat:
1. Haluskan: Bawang putih, bawang merah, ketumbar, 1 batang lengkuas, kunyit, jahe dan kemiri.
2. Campur bumbu halus dengan lengkuas yang telah diparut. Lumuri ayam dengan bumbu.
3. Masukkan ayam ke dalam panci atau wajan. Beri air. Aduk rata. Beri garam, merica bubuk, gula pasir, daun jeruk dan sereh. Masak ayam sampai airnya kering.
4. Pisahkan ayam dari bumbu serundeng lengkuas. Hal ini dilakukan untuk memudahkan penggorengan, jadi ayam dan bumbu serundeng lengkuasnya digoreng terpisah. Dengan begitu serundeng tidak akan hangus sebelum ayam selesai digoreng.
5. Panaskan minyak yang banyak. Goreng ayam hingga kecoklatan. Angkat. Tiriskan.
6. Goreng sisa bumbu serundeng lengkuas sampai kuning kecoklatan. Angkat. Tiriskan. Taburkan ke atas ayam. Siap disajikan hangat.

*Saya menggoreng bumbu serundengnya dengan menggunakan saringan minyak yang berlubang halus. Jadi taruh bumbu di saringan. Celup saringan ke minyak dan goreng sampai bumbu kering dan kecoklatan sambil sesekali diaduk. Jadi mudah saat mengangkat dari penggorengan, tinggal angkat aja saringannya. Ga usah repot! ^_^

11 comments:

Metta said...

Duhhh...Bunda, saya jadi laper nihhhh ^_^

yud's said...

*ngeces*
udah lama pengen bikin yang ginian....
penasaran bumbu serundengnya apa, ternyata lengkuas toh????
nyobain ah..
thx 4 the info (^o^)/

Anonymous said...

lagu backsoundnya ok..

Ummu MusasyiJr said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

mantapppppppppppppppppp....maknyus

Wulan said...

cantiknyaaaa.. aku ijin catat resep nya ya mba .. pengen coba semoga hasilnya juga sebagus punyanya mba ^^

dewi said...

Ya allah....
Pantes sy klw bwt ayam goreng lengkuas lengkuas@ gosong trus mbag....
Trnyata goreng@ pisah y...
Sangt mnbantu.mksih y sist....^_^

Anonymous said...

pernah bikin masakan ini, tapi lengkuasnya kok kurang Kres ya? trus banyak minyaknya...

Anonymous said...

Mbak, itu poto ayam gorengnya mirip banget ya ama foto yg ada di facebook: "masak apa hari ini" ??

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

Oya? Berarti dia yg mengcopas dan memakai foto saya tanpa izin. Ini asli foto milik saya :)

dini setiyorini said...

Mbaak aku contek resepnya yaa, mau langsung dipraktekkin hari ini..hehe
Suka banget liat serundeng laosnya. Jadi bumbu gak perlu di tumis dulu ya? Kalo ditumis dulu bisa gak?

Post a Comment