Sunday, July 18, 2010

BAKE YOUR OWN PIZZA!: HOMEMADE PIZZA WITH BROCCOLI TOPPING



Membuat pizza yang lezat ala resto bukanlah pekerjaan yg sulit ketika Anda sudah mencobanya. Bahkan pizza buatan Anda dapat lebih enak dibandingkan pizza yg Anda beli dari resto. Dibuatnya pun bisa sesuka hati, mau pizza crust yg tebal dan empuk atau tipis dan crispy? Silahkan saja. Toppingnya pun bisa apa saja sesuai selera dan tentunya bisa banyakkk. Dijamin puas! ^_^

Kali ini saya menambahkan brokoli pada bahan topping. Alasannya karena kemarin baru saja menonton di TV tentang manfaat dan kandungan gizi dari brokoli (high calsium lhoo...), dan kebetulan di kulkas masih ada brokoli :)


(Put the topping, anything you like as desire)

Bahan pizza base/pizza crust/roti pizza:
7 gram ragi instan (sekitar 2 sdt)
200 ml air hangat
1 sdt gula pasir
350 gram tepung terigu protein tinggi (Cakra Kembar)
2 sdm minyak zaitun (klo ga ada bisa pakai minyak goreng kualitas baik)
1/4 sdt garam

Cara membuat:
1. Larutkan ragi instan dan gula pasir dalam air hangat. Biarkan 10 menit sampai berbusa (tanda ragi bekerja dan masih dalam keadaan bagus).
2. Taruh tepung terigu dan garam dalam wadah, buat lubang di tengahnya, masukkan larutan ragi instan pada lubang, aduk rata. Masukkan minyak zaitun. Uleni sampai kalis dan elastis (adonan tidak lengket, mengkilap, halus dan tidak mudah sobek jika dibeberkan tipis).
3. Bulatkan adonan dan taruh dalam wadah yg telah dioles minyak. Diamkan selama kurang lebih 1 jam sampai adonan mengembang 2x lipatnya (tutup wadah dg plastik atau serbet lembab agar adonan tidak kering).
4. Kempiskan adonan yg telah mengembang. Uleni lagi sebentar. Bagi menjadi beberapa bagian sesuai ukuran pizza yg akan Anda buat. Saya bagi 2 bagian saja (jadinya 2 buah pizza besar berukuran sekitar 24 cm). Taburi alas dg terigu, gilas tipis adonan menjadi bentuk bulat.

Saus:
4 buah tomat merah ukuran besar (klo ukuran kecil pakai 5 buah), parut atau blender.
5 sdm pasta tomat (klo ga ada pakai saus tomat juga boleh)
2 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay, cincang kasar
1 sdm oregano kering
1 sdt basil kering
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk (optional)

Cara membuat:
Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan tomat, masak sampai mendidih. Masukkan pasta tomat/saus tomat. Masak sampai kental dan meletup-letup. Tambahkan oregano, basil, garam dan merica. Aduk rata, angkat, dinginkan.

Topping: Anything u like as desire! ^_^, dan jangan lupa keju mozarella (ini nih yg bikin pizza jadi mahal! Hihihiii...) atau mau pake keju quick melt juga boleh, tapi ga bisa lengket kayak keju mozarella ya... dan beda di rasanya juga.
Saya kemarin pake yg ada di kulkas aja: sosis (lagi ga ada pepperoni atau smoked beef), daging giling (aku tumis sebentar), jamur kancing kalengan, paprika merah dan hijau, brokoli. Oya klo mau ada sentuhan tropical bisa ditambah irisan nanas, lebih segar lho! ;)

Penyelesaian:
Taruh adonan pizza crust yg sudah digilas dalam pizza pan, atau klo ga ada pake loyang tipis yg buat kue kering juga boleh yg telah diolesi tipis dg minyak goreng.
Beri keju mozarella, lalu oleskan saus dan ratakan. Tata topping sesuka hati, beri keju mozarella lagi di atasnya. Panggang dalam oven panas sekitar 200'C selama 15 menit sampai keju meleleh. Jangan overbake ya! Nanti rotinya jadi kering dan keras.
Keluarkan dari oven, segera potong2. Sajikan hangat lebih enak. Lengkapi dg saus sambal, saus tomat atau mayonaise.


(Fresh from the oven!)

Happy baking and enjoy your own great pizza! ^_^

1 comment:

dwiyulist said...

Harus nyobaaaa di rumah....anak2 selalu nunggu hr selasa buat makan pizza buy one get one. Skrg mau bikin sendiri dgn reseo jeng ricke. Makasih ya sdh share#bbrp hr ini aku rajin sekali mengunjungi blognya hehehe...sorry ya kl annoying dgn komen2ku

Post a Comment