Sunday, July 18, 2010

BLUEBERRY CRUMBS BROWNIES



Browniesnya kali ini bikin yg 'cakey' alias teksturnya empuk seperti cake tapi tetap rich dan legit khas brownies. Bagi yg suka dg brownies yg 'cakey', resep ini pas untuk dicoba :)

Untuk toppingnya saya menggunakan streuseul/crumbs untuk menghadirkan efek crunchy begitu digigit. Sebenarnya terinspirasi dari coffee cake, hehehee... Walaupun crunchy, streuseuls/crumbs ini lumer di lidah. Idealnya menggunakan fresh blueberry atau blueberry kalengan yang ditaburkan saat brownies akan dipanggang. Tapi karena susah mendapatkannya dan juga harganya yg tidak murah, akhirnya blueberry paletta menjadi pilihan saya. Hasilnya? Brownies empuk, berpadu dg crumbs yg renyah dan kesegaran rasa manis asam dari blueberry paletta.



Bahan:
100 gram terigu protein sedang (all purpose flour)
20 gram coklat bubuk (unsweetened cocoa powder)
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt vanilli bubuk
200 gram dark cooking chocolate, potong-potong
200 gram butter/margarine
1/4 sdt garam halus
3 butir telur
150 gram gula pasir
1 sdt emulsifier
Blueberry paletta secukupnya (jika ada fresh blueberry/blueberry kalengan bisa dipakai)

Crumbs:
50 gram terigu protein rendah (pake protein sedang juga boleh)
2 sdm munjung gula halus
1 sdm munjung butter/margarine

Cara membuat:
1. Crumbs: Campur semua bahan jadi satu, remas2 dg tangan sampai rata. Aduk dengan garpu sampai membentuk butiran kasar. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk dan vanilli bubuk. Sisihkan.
3. Lelehkan butter/margarine dg api kecil sampai margarine leleh smua. Matikan api. Masukkan dark cooking chocolate. Aduk sampai coklat meleleh dan tercampur rata dg butter/margarine. Masukkan garam. Aduk rata. Sisihkan dan biarkan menjadi dingin.
4. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier sampai kental dan pucat. Masukkan campuran dark cooking chocolate leleh. Aduk rata.
5. Masukkan campuran terigu ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan sampai rata.
6. Tuang adonan ke loyang persegi ukuran 20x20x4 cm yg telah dioles margarine dan dialasi kertas roti. Ratakan permukaannya. Taburkan streuseul/crumbs. Panggang dalam oven dg suhu sekitar 180'C sampai matang (lakukan tes tusuk dg lidi bersih/tusuk gigi bersih, bila sudah tidak ada adonan menempel tandanya sudah matang).
7. Angkat dan keluarkan dari oven. Biarkan dalam loyang selama kurang lebih 30 menit. Keluarkan dari loyang, hangat-hangat beri blueberry paletta di atasnya. Dinginkan. Potong-potong. Sajikan.

Note:
- Bila menggunakan fresh blueberry/blueberry kalengan taburkan di atas brownies (setelah ditabur crumbs) sebelum adonan dipanggang.
- Brownies lebih enak didiamkan semalaman sebelum disantap, rasa manisnya berkurang dan akan lebih dominan rasa coklatnya :)

Happy baking! ^_^

3 comments:

hintya said...

mbak...resepnya menarik sekali, sy hobi makan dan sekaligus memasak,pgen rasanya nyoba resepnya bagiman caranya mencopy, ijin mbak....

Anonymous said...

bismillah..
assalamu'alaikum mbak ricke, sy dina dr Mataram NTB. sy suka sekali memasak dan ingin memulai bisnis cake terutamanya mbak tp resep dan bagaimana cara pengolahan untuk pemula sy belum ada gambaran bisa join di facebook to blognya mbak... ijin mbak

Anonymous said...

ijin copy resepnya y mb,,thx

Post a Comment