Sunday, July 18, 2010

BRUDEL CAKE MANADO



Brudel cake ini kue khas Manado, sering juga ada yg menyebut bluder cake (bluder ada 2 macam, yaitu bluder cake dan roti bluder). Tetapi di Manado sendiri disebut brudel. Kue ini kalau saya tidak salah adalah salah satu kue warisan Belanda seperti halnya klappertaart, ontbijtkoek, olliebalen/bitterbalen, dll.

Brudel ini gabungan antara bolu dan roti (bread cake) karena menggunakan ragi dalam pembuatannya, aromanya pun khas roti berpadu dengan susu, tetapi mempunyai tektur yang spongy seperti cake, bentuknya pun seperti cake. Skarang metode pembuatan brudel telah berkembang, ada yg pembuatannya mirip buttercake dengan cara mentega/margarin dikocok dengan gula terlebih dahulu. Tapi yang saya buat kali ini adalah brudel klasik yang hanya diaduk menggunakan whisker atau sendok kayu saja. Dulu saya sering membantu ibu membuat brudel dengan resep yang dia dapat dari kenalannya yang orang Manado asli. Takarannya masih memakai gelas belimbing, tidak pakai timbangan, hihihiii... Hampir mirip dengan resep brudel milik Jane Sipasulta yang dulu pernah beredar di milis.

Resepnya lalu saya modifikasi sesuai selera saya. Saya tambahkan keju parut dalam adonannya dan atasnya saya tabur dengan fruit mix dan kacang mete cincang (yang lazim biasanya kacang kenari, tapi saya sedang tidak punya).



Bahan:
275 gram terigu protein sedang
100 gram gula pasir halus (gula kastor), klo ga ada pakai gula pasir yang diblender agar hasil cake lebih bagus dan halus
50 gram susu bubuk
1/2 bungkus ragi instan (1 bungkus isi 11 gram)
3 butir telur, kocok lepas
100 ml air hangat
75 gram margarin/mentega (tidak usah dilelehkan ya)
30 gram keju cheddar parut
25 gram kacang kenari cincang (saya kemarin pakai mete)
100 gram fruit mix (cherry merah, cherry hijau dan kismis), potong-potong

Cara membuat:
1. Campur bahan kering: terigu, gula pasir halus, susu bubuk dan ragi instan. Aduk rata dan ayak pada sebuah wadah agak besar.
2. Masukkan telur, aduk rata.
3. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata dan halus.
4. Masukkan keju parut, aduk rata.
5. Masukkan margarin/mentega. Aduk rata hingga adonan menjadi lembut.
6. Tuang di loyang tulban yang telah dioles margarin. Ratakan permukaannya. Diamkan 30-45 menit sampai naik dan mengembang (tergantung cuaca dan kelembaban di tempat masing-masing ya).
7. Taburi permukaannya dengan kenari cincang dan fruit mix.
8. Oven 30-45 menit dengan suhu 180'C sampai matang (tes tusuk sudah tidak lengket).
9. Panas-panas oles permukaan cake dengan margarin/mentega.

*Note:
- Tinggi adonan ketika dituang skitar 1/2 tinggi loyang, setelah didiamkan akan naik dan mengembang hampir 2x lipatnya. Dan setelah dioven akan tambah naik. Kemarin saya menggunakan loyang yang agak tinggi (10 cm), bisa menggunakan loyang tulban dengan tinggi 7 cm nanti cakenya akan menjulang lebih tinggi dari loyang tapi tidak akan tumpah/meluber keluar loyang.
- Keluarkan dengan cara dibalik, jika menggunakan taburan (seperti saya) setelah dikeluarkan balik kembali ke atas piring saji.
- Agar cake tidak cepat kering setelah dingin simpan dalam wadah kedap udara (bisa dipotong-potong dahulu)
- Cake ini rasanya memang tidak terlalu manis, bisa juga disajikan dengan olesan selai atau ditaburi coklat meisyes. Kemarin saya makan pakai olesan selai marmalade, wuiiihhh...mantaphh!! ^_^
- Bisa divariasikan dengan berbagai rasa, misalnya keju, coklat, tape, pisang, dll.

Selamat mencoba! ^_^

No comments:

Post a Comment