Sunday, July 18, 2010

CREAM CHEESE MARBLE BROWNIES



Satu lagi resep fudgy brownies yg legit dan lumer di mulut. Actually I like the fudgy one better than cakey :)

Bikin brownies ini dalam rangka menghabiskan sisa cream cheese yg aku stok untuk pesanan. Berhubung bentar lagi mau kadaluarsa (cream cheese umur simpannya pendek), jadi aku bikin brownies aja deh soalnya lagi ga mood bikin cheesecake, hehee...

Resepnya aku ambil dari jeng Martha Stewart (her brownies is always simply delicious). Sebenernya menurutku kejunya jadi ga berasa, kalah sama rasa coklat. Jadi cream cheesenya hanya memberikan efek marble/marmer aja. But, u must try this recipe! Fudgy and gooey brownies ^_^



Resepnya sudah dikonversi ke gram ya (resep asli pake cup dan ounces).

Bahan:
Adonan coklat:
110 gram unsalted butter (mentega tawar)
225 gram dark cooking chocolate
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
110 gram tepung terigu protein sedang (all purpose flour)
30 gram coklat bubuk
225 gram gula pasir (resep asli pake 280 gram, buatku kemanisan)
3 butir telur

Adonan cream cheese:
113 gram cream cheese, biarkan dalam suhu ruang
30 gram butter
55 gram gula pasir
1 butir telur
2 sdm tepung terigu protein sedang

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang persegi (aku pake ukuran 20x20x4 cm), olesi butter, alasi dengan kertas roti dengan 2 sisi melebihi tinggi loyang sekitar 2 cm (agar mudah mengeluarkan dari loyang saat sudah matang), olesi lagi dengan butter. Sisihkan.
2. Adonan coklat:
- Campur dan ayak: Terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam dalam wadah. Sisihkan.
- Tim butter dan dark cooking chocolate sampai leleh, aduk merata. Angkat dari api, masukkan gula, aduk rata. Setelah agak dingin, masukkan telur, aduk rata sampai lembut. Tambahkan tepung, aduk rata dengan cepat sebentar saja (jangan overmix ya..). Sisihkan.
3. Adonan cream cheese:
- Kocok cream cheese dan butter sampai rata dan lembut. Masukkan gula, kocok rata. Masukkan telur, kocok rata. Masukkan tepung, aduk rata.

Penyelesaian:
Tuang ke loyang sebagian adonan coklat, kemudian adonan cream cheese, bergantian sampai habis. Kemudian menggunakan pisau atau lidi bersih acak adonan hingga membentuk motif marmer.

Panggang 50-60 menit hingga matang. Angkat dan biarkan di dalam loyang sampai agak dingin sekitar 30 menit. Keluarkan dari loyang dan pindahkan ke rak kawat dan biarkan masih terbalut kertas roti sampai benar2 dingin. Potong-potong.

Tips: Untuk memanggang brownies gunakan loyang yg tidak terlalu tinggi (4 cm saja) agar adonan tidak terlalu tebal dan brownies matang sempurna. Atau gunakan loyang standar brownies, jadinya 2 loyang. Klo aku pake loyang 20x20x4 cm jadinya 1 loyang aja.

2 comments:

ika_mamaDhiNar said...

mbak ricke, salam kenal :) mbak..ijin contek resep yaaa... n nanti klo sudah dipotret2 resepnya di link di blog saya boleh ya mbak.. ni lg mau bikin..doakan berhasil..hehehhehe... makasiih sebelumnyaaa.. :)

unieq imran said...

assalamualaikum mbak..
salam kenal ya..;) saya senang sekali bisa kenal mbak walopun cuma diblog. Saya banyak dapat inspirasi dari mbak. Mbak baik banget dan ga pelit bagi2 resepnya buat saya yg masih pemula ini..;)insya Allah jadi amal ya mbak,aamiin..

Post a Comment