Sunday, July 18, 2010

HOMEMADE MEXICAN BUN a.k.a ROTI BOY



Hmmm... Aroma kopi dari roti ini memang begitu menggoda, ditambah melted butter di dalamnya, yummy! Dulu saat tinggal di Tangerang hampir setiap kali ke mall di kawasan Karawaci pasti tergoda untuk membeli Roti Boy karena aroma kopinya yg semerbak. Apalagi suami yg memang coffee creme lover.

Setelah pindah ke Serang, kangen juga pengen makan roti ini lagi soalnya disini belum ada gerai Roti Boy. Dulu malah pernah sampai nitip ke teman kantor yg rumahnya di Tangerang. Hmmm...kenapa tidak bikin sendiri saja? Siippp, semua bahan tersedia di rumah. Yg pasti suami senang sekali karena dibuatkan roti kesukaannya ^_^

Saya membuatnya dari resep NCC by Fatmah Bahalwan. Rotinya pakai resep roti empuk, jadinya nyeesshhh...makpress gitu. Mirip sekali dengan aslinya, malah rotinya lebih empuk dan lembut :)

Bahan:
500 gram tepung terigu protein tinggi
100 gram gula pasir
100 gram mentega
11 gram (1 bungkus) ragi instant
1/2 sdt bread improver
4 butir kuning telur
200 ml air es (plus siapkan 100 ml lagi untuk jaga-jaga jika adonan masih terlalu kering)
1/2 sdt garam

Bahan isi:
Butter beku, potong-potong kotak dadu

Cara membuat:
Campur semua bahan kering, KECUALI GARAM, aduk rata. Masukkan air es 200 ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata dan setengah kalis.
Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis dan elastis (licin, halus, mengkilat dan tidak mudah sobek jika dibeberkan sampai tipis). Bulatkan adonan dan taruh dalam wadah, istirahatkan sampai mengembang 2x lipatnya (sekitar 1-1 1/2 jam).
Kempiskan adonan, timbang masing-masing 45 gram. Pipihkan, isi dengan butter beku. Bulatkan kembali. Istirahatkan kembali sampai mengembang lagi untuk kedua kalinya (sekitar 45 menit).

Bahan topping:
50 gram gula halus
50 gram gula palem
100 gram mentega
80 gram telur tanpa kulit (ditimbang ya)
130 gram terigu protein rendah
5 gram kopi hitam instan, larutkan dengan 1 sendok makan air panas, dinginkan
5 gram essence kopi coffeenoir (ini nih yg bikin aromanya semerbak)

Cara membuat topping:
Kocok mentega, gula halus, gula palem dan telur hingga lembut dan creamy. Masukkan terigu, aduk rata. Masukkan larutan kopi dan essence kopi coffeenoir. Aduk rata.
Masukkan dalam kantong segitiga, gunting sedikit ujungnya.

Penyelesaian:
Semprotkan topping di atas roti bulat yang telah mengembang. Semprot dengan pola melingkar seperti obat nyamuk mulai dari puncak roti sampai 3/4 bagian roti tertutup topping (sisakan 1/4 bagian yg tidak dicover topping karena topping akan meleleh selama proses pemanggangan). Semprotnya yg rapat ya, agar bagus dan mulus hasilnya.
Panggang dalam oven bersuhu 180'C sampai matang sekitar 15 menit. Apabila topping belum begitu kering, pindahkan ke rak paling atas dan panggang lagi sebentar saja. Angkat. Sajikan hangat.

7 comments:

Diah Alsa said...

yiaaayy, saya jg suka roti booooyy, sampe2 klo ada yg dari Mks, ntah teman atau keluarga pasti minta dibawain roti boy *secara disini jg blon ada* :(

anyway, mauu dunkss dipaketin roti boy a'la Bunda Nadhifa, xixiixix *ngareepp* :D

doena said...

salam kenal bunda,hari ini saya mau praktekin ini. doain berhasil ya

eka said...

ass mba ricke,
salam kenal, dah lama mo bikin ini, tp ragu2 sama bread improvernya....yang halal merk apa ya mba? trus di tbk atau di SPM belinya?

Anonymous said...

asslmlkm bunda... salam knal yah...:)
bun kl essence coffe nya di ganti dg coffe moka bisa gag yah??

Anonymous said...

Mbak Ricke, kemarin saya nyoba bikin roti ini. Rotinya lembuutt banget, apalagi pas baru keluar dari oven. Cuma saya bikin topping-nya kurang rapi dan rapat, jadinya penampilan kurang cantik. Terima kasih.
Sisca - Surabaya

dita said...

@mba eka : yg halal merk baker bonus, di TBK ada, di suoermarket ada tp hanya supermarket tertentu aja.

Unknown said...

Mba, kalo gak pake bread improver gimana?

Post a Comment