Sunday, July 18, 2010

LARGE SQUARE PIZZA ON MY BIRTHDAY ^_^



Saya juga membuat pizza on my birthday untuk memuaskan diri saya (pizza is one of my favourite dishes) dan juga membuatkan keluarga pizza yang lezat tanpa harus keluar rumah. Coz making pizza is fun and so easy! ^_^

Karena kebetulan membuatnya untuk keluarga besar saya (beserta ortu dan adik-adik saya), makanya saya membuatnya langsung dalam ukuran besar menggunakan loyang persegi ukuran 30x30x3 cm. Setelah dipotong jadi 16 slice.
Selain itu tidak pake digilas. Taruh adonan di tengah loyang, pipihkan, tarik dan ratakan sampai menutupi seluruh permukaan dasar loyang.

Resep pizza sudah pernah saya posting sebelumnya (di foto pizza bundar sebelum ini). Tapi kali ini saya mengkombinasikan terigu protein tinggi dan protein sedang. Untuk 350 gram terigu terdiri dari 250 gram terigu protein tinggi dan 100 gram terigu protein sedang. Hasilnya? Rotinya empuk banget!! Alhamdulillah semuanya suka dan pizzanya laris manis dan ludes dalam sekejap, hehehee...


(Lihatlah toppingnya yang menggunung dan membabi buta ituh, hihihiiii...)

Bahan pizza base/pizza crust/roti pizza:
7 gram ragi instan (sekitar 2 sdt)
200 ml air hangat
1 sdt gula pasir
250 gram tepung terigu protein tinggi (Cakra Kembar)
100 gram tepung terigu protein sedang (Segitiga Biru)
2 sdm minyak zaitun (klo ga ada bisa pakai minyak goreng kualitas baik)
1/4 sdt garam

Cara membuat:
1. Larutkan ragi instan dan gula pasir dalam air hangat. Biarkan 10 menit sampai berbusa (tanda ragi bekerja dan masih dalam keadaan bagus).
2. Taruh tepung terigu dan garam dalam wadah, aduk rata dan buat lubang di tengahnya, masukkan larutan ragi instan pada lubang, aduk rata. Masukkan minyak zaitun. Uleni sampai setengah kalis. Uleni terus sampai kalis dan elastis (adonan tidak lengket, mengkilap, halus dan tidak mudah sobek jika dibeberkan tipis).
3. Bulatkan adonan dan taruh dalam wadah yg telah dioles minyak. Diamkan selama kurang lebih 1 jam sampai adonan mengembang 2x lipatnya (tutup wadah dg plastik atau serbet lembab agar adonan tidak kering).
4. Kempiskan adonan yg telah mengembang. Uleni lagi sebentar. Bagi menjadi beberapa bagian sesuai ukuran pizza yg akan Anda buat. Saya kemarin langsung dicetak di loyang persegi ukuran 30x30x3 cm. Adonan langsung ditaruh di tengah loyang, kemudian ratakan sampai menutupi seluruh permukaan dasar loyang. Jangan lupa loyangnya dioles minyak dulu yaa...

Saus:
4 buah tomat merah, parut atau blender.
5 sdm pasta tomat (klo ga ada pakai saus tomat juga boleh)
2 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
1 sdm oregano kering
1 sdt basil kering
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk (optional)

Cara membuat:
Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan tomat, masak sampai mendidih. Masukkan pasta tomat/saus tomat. Masak sampai kental dan meletup-letup. Tambahkan oregano, basil, garam dan merica. Aduk rata, angkat, dinginkan.

Topping: Anyting u like as desire! ^_^
Saya kemarin pake smoked beef, daging burger, daging cincang (ditumis dulu), jamur kancing, paprika hijau, paprika merah, keju mozarella atau mau pake keju quick melt juga boleh, tapi ga bisa lengket kayak keju mozarella ya... dan beda di rasanya juga.

Penyelesaian:
Taruh adonan pizza crust dalam loyang (di tengah ya), ratakan sampai menutupi seluruh permukaan dasar loyang.
Beri keju mozarella, lalu oleskan saus dan ratakan. Tata topping sesuka hati, beri keju mozarella lagi di atasnya. Panggang dalam oven panas sekitar 200'C selama 15-20 menit sampai keju meleleh. Jangan overbake ya! Nanti rotinya jadi kering dan keras.
Keluarkan dari oven, segera potong2. Sajikan hangat lebih enak. Lengkapi dg saus sambal, saus tomat atau mayonaise.

Happy baking and enjoy your own great pizza! ^_^

1 comment:

Anonymous said...

Mba ricke, kalau ga ada terigu protein tinggi, apa bisa pake terigu protein rendah semuanya? Bedanya apa, mab? Khusus untuk dough pizza ini....thanks
-linza

Post a Comment