Saturday, July 31, 2010

MARTABAK BOLU PANDAN



Martabak bolu ini bentuknya sama dengan martabak manis biasa (terang bulan), tapi berbeda di teksturnya. Kalau martabak manis/terang bulan bertekstur legit dan kenyal; martabak bolu ini teksturnya seperti bolu/cake dan tidak berminyak (kalau martabak manis/terang bulan kan lebih mantap yang banjir butter leleh, hehehee...).
Soal selera, tergantung Anda. Saya sih suka dua-duanya kok, hehehee... ;)

Martabak bolu skarang sudah cukup dikenal banyak orang, seperti yg ada di Bandung dan di Bogor. Dalam pembuatan martabak bolu ini saya menggunakan ragi instant, berbeda dengan martabak manis/terang bulan yang hanya menggunakan soda kue atau dikombinasikan dengan baking powder (tidak menggunakan ragi).

Saya sendiri tidak tau apakah martabak bolu yang dijual di Bandung atau di Bogor menggunakan ragi instant dalam resepnya, tapi tekstur martabak bolu yang saya buat ini hampir mirip dengan martabak bolu yang dulu pernah dibawa seorang teman dari Bandung.

Kemarin karena melihat Teh Diah Raki bikin martabak bolu an diposting di Facebook, akhirnya pengen bikin juga, tapi resep saya agak sedikit berbeda. Karena loyang martabak saya imut (diameter luar 21, diameter dalam skitar 19 cm) jadi resepnya juga saya sesuaikan dengan ukuran loyang yang saya punya. Anyway, thanks to Teh Diah Raki for inspiring. Saya masih ngiler dengan martabak isi durian montongnya!!!

Untuk fillingnya saya pakai vla santan pandan dan diberi keju cheddar parut. Rasanya lembuuuuuut banget dan gurih-gurih manis gimana gituh, heheheee... Untuk garnish, saya dusting gula halus di permukaannya.



Bahan A:
100 gram terigu protein sedang
25 gram gula pasir halus
1/2 sdt ragi instant
150 ml santan hangat

Bahan B:
1 butir telur
1 buah kuning telur
25 ml air perasan daun pandan
1/2 sdt pasta pandan
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1 sdt gula pasir (untuk taburan)

Bahan vla:
100 ml santan encer (saya buat dari santan kental instan ukuran 60 ml ditambah air 40 ml)
1/8 sdt garam
3 sdm susu kental manis
1 lembar daun pandan, sobek-sobek
1/4 sdt pasta pandan
1 sdm maizena, dilarutkan dengan sedikit air

Taburan filling:
Keju cheddar parut

Dusting:
Gula halus

Cara membuat:
Filling: Masak santan bersama garam, susu kental manis, pasta pandan dan daun pandan. Aduk-aduk sampai mendidih. Masukkan larutan maizena. Aduk hingga kental dan meletup-letup. Angkat. Sisihkan.
Martabak:
1. Campur terigu dan gula pasir halus. Tuangi santan hangat. Aduk rata dengan whisker hingga halus dan lembut. Masukkan ragi instant. Aduk rata. Diamkan kurang lebih 30 menit hingga 1 jam (tergantung kondisi tempat masing-masing).
2. Kocok lepas telur. Masukkan ke dalam adonan. Aduk rata. Masukkan air perasan daun pandan dan pasta pandan. Aduk rata. Masukkan baking powder. Aduk rata. Diamkan 15 menit.
3. Panaskan loyang martabak hingga cukup panas (jangan terlalu panas ya...). Masukkan soda kue ke dalam adonan, aduk rata. Segera tuang ke dalam loyang martabak yang telah panas. Kecilkan api. Tunggu sampai muncul gelembung-gelembung dan lubang-lubang yang cukup banyak. Tutup loyang (saya menggunakan tutup panci) sampai permukaan agak kering. Taburi gula pasir, tutup lagi sebentar sampai gula agak mencair. Angkat.
4. Belah 2 martabak. Oles 1/2 bagian dengan vla. Taburi keju parut. Tumpuk dengan 1/2 bagian lagi. Dusting permukaan martabak dengan gula halus. Potong-potong. Sajikan hangat.

*Resep ini jadinya hanya 1 buah martabak ukuran sedang. Jika mau membuat 2x atau 3x resep, tetap soda kue dimasukkan terakhir dan per loyang. Ambil adonan untuk per loyang (masukkan ke mangkuk atau gelas ukur), beri 1/4 sdt soda kue, aduk cepat dan segera tuang ke loyang yang sudah dipanaskan. Begitu seterusnya sampai adonan habis.

3 comments:

martabakbolusuka-suka said...

www.terangbulanbolu.com
solusi wirausaha mandiri

aYa iFada said...

mba, soda kue itu knp dimasukin belakangan? pengaruhnya pd apa? biasanya saya bikin asal campur aja tp ga ngrasa ada yg aneh, 11-12 gt deh sm yg dijual org2. heheheee
mohon penjelasannya ya mba... hatur nuhun...

Anonymous said...

mbakk...makasih resepnya yaaa...uenakkkkk.....apalagi kalo martabaknya dimasukin ke kulkas mbak..meresap sempoaaaaa....

best regards ana susanti

Post a Comment