Sunday, July 18, 2010

MARTABAK MANIS (TERANG BULAN)



Ini adalah sarapan kami tadi pagi. Pakai resep martabak manis biasa yang tanpa ragi. Hanya saja saya membuatnya tipis-tipis saja agar cepat matang, 10 menit saja sudah matang :) Abi sedang buru-buru berangkat ke kantor. Akhirnya jadinya seperti ini, martabaknya tipis, hehehee... Isiannya hanya taburan coklat mesyes (rice chocolate) dan susu kental manis saja.
Keuntungannya, karena dibikin tipis makannya ga usah buka mulut lebar-lebar sudah hap! nyamm...nyammm... ;)

Resep ini bisa juga dipakai untuk membuat martabak manis (terang bulan) ukuran standar (tebal dan besar). Loyang martabak saya berukuran diameter dalam 18 cm (bisa jadi 2 buah). Jika tipis bisa menggunakan wajan teflon biasa. Tetapi jika tebal sebaiknya menggunakan loyang khusus martabak agar hasilnya matang sempurna tetapi kulitnya tidak mudah hangus.

Bahan:
250 gram terigu protein sedang
400 ml air (bisa diganti susu cair/santan)
30 gram gula pasir
1/2 sdt garam
2 buah telur (klo mau lebih lembut pakai kuningnya saja)
1 sdt baking powder (aku pake BPDA)

Bahan tambahan per loyang:
1/4 sdt soda kue
Gula pasir untuk taburan

Bahan isi:
Sesuai selera (coklat, kacang, keju, selai, dll)
Susu kental manis

Bahan olesan:
Butter/margarin

Cara membuat:
1. Ayak terigu dan baking powder. Sisihkan.
2. Kocok telur, gula dan garam sampai gula larut. Tambahkan susu. Aduk rata.
3. Masukkan campuran terigu dan baking powder. Kocok rata sampai lembut dan tidak ada lagi gumpalan terigu. Bila masih ada bisa disaring. Diamkan 1 jam atau lebih.
4. Panaskan loyang martabak sampai panasnya merata dan cukup (loyang tidak usah dioles). Jika sudah panas, kecilkan api (kecil banget ya). Biarkan sekitar 10 menit agar panasnya stabil.
5. Bagi 2 adonan. Tambahkan 1/4 sendok teh soda kue yg dilarutkan dg 1 sensok makan air. Aduk cepat merata. Langsung tuang ke loyang yg sudah panas. Biarkan sampai muncul gelembung dan berlubang-lubang. Taburi gula pasir. Tutup loyang dan biarkan sampai matang (permukaan sudah tidak cair/basah).
6. Angkat. Segera oles dengan butter/margarin. Beri isian. Beri susu kental manis. Belah jadi 2 bagian, tumpuk. Oles lagi permukaan kulit luarnya dengan butter/margarin. Potong-potong. Sajikan hangat.
7. Lakukan hal yang sama pada sisa adonan.

Selamat mencoba.

Note:
- Jangan lupa untuk memasukkan soda kue terakhir kali saat adonan akan dituang ke loyang. Jangan dimasukkan di depan dan didiamkan 1 jam, efek soda kue akan hilang. Menurut informasi soda kue hanya bereaksi dan memberi efek maksimal 10 menit setelah dicampur ke dalam adonan. Ini kuncinya martabak akan menghasilkan serat/sarang yg bagus.
- Jika terburu-buru adonan bisa langsung digunakan tanpa didiamkan dulu 1 jam. Tapi akan agak beda di teksturnya ya, klo didiamkan dulu adonan akan lemas dan menghasilkan tekstur martabak yang lembut.

4 comments:

seto gunadi said...

untuk temen temen yg mau buka usaha sendiri atau mau belajar mandiri, kebetulan sekali saya menjual resep martabak bangka yg banyak sekali orang cari... murah ko hanya 400.000 kalo berminat hubungi aja ke 085284540027

Http://resepmartabakbangka.blogspot.com/

hari said...

aku dah coba, berhasil mbak, bisa lihat di sini:
http://nailandra.blogspot.com/2013/01/martabak-terang-bulan-lembut-dan-enak.html

meeblog said...

hai mba, salam kenal. aku dah coba resep martabaknya dan berhasil..makasi ya mba udh share resepnya :)

Anonymous said...

q dh coba mb,marmanx enak n praktis bgt bkinx....mksh dh share resepx :)

Post a Comment