Sunday, July 18, 2010

ROTI KASUR PANDAN BLUEBERRY



Roti kasur atau ada juga yang menyebut roti sobek cocok banget jika sedang malas membentuk roti, tinggal bentuk bulat-bulat dan letakkan berdampingan pada loyang. Isinya bisa apa saja sesuai selera, kali ini saya isi dengan blueberry paletta. Aroma pandan dan warna hijaunya yang cantik, ketika dibelah panas-panas selai blueberrynya meleleh, hmmmm... very tempting! Rotinya lembut dan empuk :)
Agar tidak polos atasnya saya tabur dengan crumble/streuseul. Bisa juga ditabur keju parut.

Resepnya saya ambil dari resep roti kasur NCC, hanya saya beri tambahan pasta pandan dan isinya blueberry paletta.



Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
3 btr kuning telur
100 gr gula pasir
30 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
5 gr garam
250 ml air
1 sdm pasta pandan
100gr mentega/margarin
½ sdt bread improver (saya tidak pakai karena sedang tidak ada)

Bahan isi:
Blueberry paletta

Bahan polesan, kocok rata dengan garpu:
1btr telur utuh, ½ sdt garam, 1 sdm air.

Bahan taburan crumble/streuseul:
1 sdm mentega/margarin, 1 sdm gula halus, 2 sdm terigu. Campur rata dan tusuk-tusuk dengan garpu sampai membentuk butiran.

Cara membuat:
1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, ragi instant, aduk rata. Tuangi air dan kuning telur, uleni hingga setengah kalis, tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis dan licin benar.
2. Timbang adonan masing-masing 40 gr, bulatkan. Biarkan mengembang selama lk. 15 menit. Kempiskan, lalu isi dengan 1 sdm bahan isi, bulatkan kembali dan taruh dalam loyang bulat/kotak yang sudah dioles margarin, biarkan mengembang 30 menit atau lebih, sampai terasa ringan.
3. Olesi permukaannya dengan bahan polesan, taburi crumble/streuseul, oven hingga matang. Lk. 15 menit dengan suhu 180'C , atau sampai permukaan menjadi kecoklatan.

Siapa mau? ^_^

2 comments:

nisa alwardana said...

mbak ricke trimaksih banyak ya resepnya,, benar-benar bermanfaat dan keluarga saya sangat menyukainya... mudah-mudahan mbak ricke dan keluarga usahanya semakin lancar, amiiiiiiinnn.. :-)

Hapsari Kusumaningdyah said...

Teh Ricke, hari ini aku nyoba buat roti kasur pandannya, makasih yaaaaa... rotinya emphuk mentul2 lembhut hehhee... pinter sekali si mbaa:) ada panduannya, aku ngikutin spr ceterpillar bread:)

Post a Comment