Saturday, July 31, 2010

SIOMAY GORENG



Kemarin bikin siomay untuk snack pengajian. Siomay ini bahan dasarnya sama saja seperti siomay kukus biasa, hanya kemarin setelah dikukus saya goreng lagi sebentar saja asal kecoklatan. Biar beda gituh! Halah, biar beda atau kurang kerjaan yah?? Hehehee...
Jadinya mirip batagor, atau emang batagor, hehehee. Whatever lah, yg penting enak dan empuk. 'Ikan'nya berasa, walaupun ga pakai ikan tapi pakai udang dan ayam. Karena cuma itu yg ada stoknya di kulkas, hehee...

Kunci siomay yg empuk dan tidak terlalu kenyal adalah 'Labu Siam', kalau bisa jangan diskip bahan ini yah. Kalau pakai 'Labu Siam' siomaynya empuk, bahkan dalam keadaan dingin pun tetap empuk lho :)
Resep hasil modifikasi sana sini (awalnya saya lihat resep siomay di website NCC disini). Tepatnya asal cemplung bahan yg ada di rumah aja, hehehee... Saya kurangi jumlah sagunya agar rasa ikannya lebih berasa dan untuk saus sambal kacangnya saya lebih suka yang original tanpa ditambah ubi merah (kalo menggunakan ubi merah hasil saus kacangnya lebih lembut dan creamy).

Bahan:
500 gram daging ikan tenggiri giling (saya pakai campuran udang dan ayam giling, ga tau berapa perbandingannya yang pasti lebih banyak udangnya, hihihiiii...)
5 butir bawang merah, haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
2 sdm gula pasir
1/2 sdt kaldu bubuk (optional)
1 sdm kecap ikan
1 sdm minyak goreng
100 gram labu siam, kupas, cuci bersih, parut kasar dan tiriskan
(tidak perlu diperas airnya)
3 butir telur, kocok lepas
2 batang daun bawang, iris halus
200 gram tepung Sagu Tani

Pelengkap:
-Kulit siomay/kulit pangsit
, jika tidak ada langsung bentuk siomay bulat-bulat dengan bantuan 2 buah sendok makan
-Kentang, kukus setengah matang belah dua
-Tahu putih/tahu kulit coklat, potong segitiga
-Telur rebus, dibelah dua
-Pare, dibuang bijinya
Sesuaikan aja dengan selera atau bahan yg ada di rumah

Cara membuat:
1. Campur ikan tenggiri giling/udang+ayam dengan bawang merah halus, bawang putih halus, garam, merica, kaldu bubuk, gula pasir, kecap ikan dan minyak goreng. Aduk rata.
2. Masukkan labu siam. Aduk rata. Masukkan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Masukkan daun bawang, aduk rata.
3. Terakhir masukkan tepung sagu tani. Aduk hingga rata dan kalis. Siap dibentuk dan diisikan ke bahan pelengkap.
4. Kukus dalam kukusan yang telah panas dan beruap sampai matang sekitar 30 menit, tergantung besar kecilnya adonan dibentuk. Siap disajikan hangat.
5. Bila mau digoreng, setelah dikukus angkat dari kukusan. Tiriskan sebentar, lalu goreng sebentar saja hanya sampai kulitnya kuning kecoklatan.

Bahan saus kacang:
500 gram kacang tanah goreng, haluskan (saya lebih suka yg tidak terlalu halus, masih ada kasar-kasar kacangnya. Jadi diblendernya ga sampai halus banget)
5 buah cabai merah besar, haluskan
5 siung bawang putih, haluskan
2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
1 sdm garam (peres ya...)
3 sdm gula pasir
1 sdm air jeruk nipis
1 liter air

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih, cabai merah dan daun jeruk sampai harum. Masukkan air. Aduk rata.
2. Masukkan kacang yang telah dihaluskan. Aduk rata. Beri garam dan gula pasir. Aduk rata.
3. Masak sambil terus diaduk sampai mendidih dan mengental dan akan terlihat berminyak (berasal dari minyak kacang yang memisah). Beri air jeruk nipis. Aduk rata. Angkat.

Sajikan siomay beserta saus kacang, kecap manis dan perasan air jeruk limau.

*Bila mengukus pakai dandang, olesi dulu dasar alas dandang dengan minyak agar adonan tidak menempel.
**Untuk bumbu sausnya, dicicip saja apakah sudah pas dengan selera lidah Anda ya, klo kurang bisa ditambahkan sesuai keperluan :)
***Jika mau, bisa juga ditambahkan 1 buah wortel yang diparut, jadi lebih meriah warnanya, dan tambah juga gizinya, hehee...

7 comments:

athir said...

kak ricke, aku mo ijin copy ini..
Soalnya sy paling suka ma siomay,
Boleh ya_?

Anonymous said...

wah resepnya oke juga...thanks

Gadis Kurnia Dewi said...

Mba kalo pake resep ini jadinya berapa porsi yah kira2

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

Athir, silahkan dear :)

Gadis, maaf saya hitung berapa porsi karena tergantung berapa banyak per porsinya. Tapi kira2 ini cukup untuk sajian sekitar 8 orang.

phiee2 said...

mbak ricke, ijin ngeprint resepnya yah...mo dipraktekin neh.. moga miso suka.... boleh ya...:)
thanx bgt sebelumnya..

dwi nusantari said...

makasih mbak....mari yuk dicoba :)

dwi nusantari said...

salam kenal mbak, ijin praktekin ya mbak, makasih

Post a Comment