Sunday, July 18, 2010

SUPER-FUDGY BROWNIES



Resep brownies ini saya ambil dari website Martha Stewart. Aneka resep browniesnya memang selalu menggoda untuk dicoba dan selalu simply delicious :)

Super-Fudgy Brownies, membaca kata-kata itu saya langsung penasaran, seberapa super sih fudgy-nya brownies ini. Secara saya memang penggemar fudgy brownies yang 'nyoklat' banget, bertekstur legit dan basah.

Jadilah saya kemarin mencoba resep si brownies super ini.
Dan hasilnya? Damn, it's soo good!! :D Hehehee... ^_^v
Benar-benar fudgy, super nyoklat (yah pemakaian coklat bloknya aja hampir 1/4 kilo dalam 1 resep, hihihiii...). Bagian luar dan permukaannya crunchy karena terbentuknya 'shiny crust' khas brownies panggang, tapi begitu digigit dalamnya legit dan basah. It's just like you eat the real chocolate. Chewy and gooey in your mouth!
So here's the recipe:
(Sudah saya konversi ke dalam satuan gram, semoga tidak salah, hehee...)


(Masih panas nih! Masih dalam loyang)

Ingredients/Bahan:
8 tablespoon (sdm) unsalted butter ~ 120 gram
1 cup terigu all purpose (protein sedang) ~ 130 gram
1/4 cup coklat bubuk ~ 30 gram
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
8 ounces dark cooking chocolate, potong-potong ~ 225 gram
1 1/4 cup gula pasir ~ 280 gram
3 butir telur ukuran besar

Directions/Cara membuat:
1. Panaskan oven 180'C. Olesi dengan butter loyang persegi/square pan ukuran 22x22x4 cm. Alasi dengan kertas roti/baking paper, lebihkan atasnya sekitar 3 cm (untuk memudahkan mengeluarkan brownies dari loyang/pan, karena brownies jangan dikeluarkan dengan cara dibalik). Olesi lagi kertas roti/baking paper dengan butter. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam. Sisihkan.
3. Lelehkan butter dan dark cooking chocolate (sebaiknya dengan cara ditim di atas air panas). Aduk rata sampai lembut dan licin. Angkat dari panas api. Masukkan gula pasir. Aduk rata dengan whisker atau mixer kecepatan paling rendah. Masukkan telur. Aduk rata lagi. Masukkan campuran tepung, aduk rata dengan whisker sebentar saja hanya sampai tepung tercampur dan tidak terlihat lagi. Jangan overmix (diaduk berlebihan)!
4. Tuang ke dalam loyang/pan. Ratakan permukaannya. Panggang dalam oven sampai matang (tes tusuk sudah bersih dan hanya ada sedikit butiran yang menempel tapi tidak basah), sekitar 50-60 menit. Permukaan akan terbentuk 'shiny crust' khas brownies dan bagian tengah sudah kokoh bila ditekan.
5. Keluarkan dari oven. Diamkan dalam loyang/pan selama 30 menit. Keluarkan brownies dengan cara mengangkat kertas roti/baking paper. Biarkan masih dengan kertas roti/baking paper dinginkan di atas rak kawat (cooling rack) sampai benar-benar dingin. Setelah dingin potong-potong dengan menggunakan pisau tajam yang telah diolesi sedikit minyak (agar saat dipotong tidak lengket dan hasilnya rapi). Bila disimpan dalam toples kedap udara (airtight container) akan tahan 2-3 hari.


(Lihatlah dalamnya yang begitu nyoklat dan agak basah! Drolling!!)

*Pengalaman saya brownies lebih enak dimakan setelah didiamkan semalaman, rasa manisnya berkurang dan rasa coklatnya menjadi lebih kuat. Tapi klo udah ga tahan ya langsung dimakan aja, secara wangi coklatnya menggoda banget! Hehehee... :p

1 comment:

maklang azie said...

assalamualaikum...

saya sudah mencuba resepi super fudgy ini, yaaa..memang enak bangat tapi saya modified resepi itu agar tidak terlalu manis, saya hanya gunakan brown sugar instead gula pasir dan 2 bj telur dan juga esen vanila...tkasih ye sbb teruja lihat brownis ini bikin saya juga penasaran..hehehe...wasallam.

Post a Comment