Sunday, July 18, 2010

WEDANG RONDE



Huwwwaaaahhhhh...rasanya udah sewindu ga ngeblog, udah menumpuk aja PR postingan hikzzzz... Setiap mau update kok ya koneksi jelek terus, hikkzzzz... T_T
Ini pokoknya review dari makanan yang sudah lama aku buat lah. Salah satunya wedang ronde ini. Minuman (atau makanan ya?) khas jawa ini memang favorit aku deh. Klo ke Semarang atau Yogya pokoknya ga pernah terlewat buat nikmatin wedang ronde ini.
Nah, beberapa bulan yang lalu aku ikut Abi pelatihan ke Yogyakarta. Ya pastilah aku ga bakalan ngelewatin wedang yang satu ini. Karena klo yang dijual itu mangkuk sajinya imut banget, jadi sekali beli bisa pesan dua mangkuk buat sendiri, wuuuiiiihhhh... suka apa doyan buuu...? Hehehee...

Setelah pulang dari Yogya kok ya jadi kuangennn tenan sama wedang ronde?? Waduwh, alamat mesti bikin ini mah, soale ya di Serang mana ada yang jual wedang ronde, hihihihiiii... Akhirnya aku kumpulin niat dan segenap semangat (halah!) buat bikin wedang ronde. Resepnya aku pake resep Bu Fatmah NCC tapi aku modifikasi sedikit, adonan rondenya aku tambahkan 2 sendok makan tepung sagu. Rasanya, lumayan mirip lah, suegerrrr tenan pokok'e, heheee... Oya, klo yang dijual warna rondenya putih, tai ini aku iseng dikasih warna hijau dari pasta pandan, biar centil sedikit :p


(Bola ronde)


(Enting-enting isi bola ronde)

Bahan ronde:
200 gram tepung beras ketan
2 sdm tepung sagu
200 ml air
1 sdt air kapur sirih
100 gr enting-enting, haluskan (dari kacang tanah dan sedikit gula pasir)
Pasta pandan sedikit untuk pewarna hijau
2 ltr air, untuk merebus ronde.

Cara membuatnya:
1. Masak 2 ltr air, biarkan mendidih.
2. Campur 200 ml air dan air kapur sirih, tuangkan pada tepung beras ketan sedikit demi sedikit sambil uleni hingga bisa dipulung. Bagi pasta pandan. Aduk rata.
3. Ambil sedikit adonan, pipihkan, isi dengan sedikit enting-enting, bulatkan seperti bakso.
4. Masukkan dalam air mendidih, biarkan mengapung angkat. Taruh dalam kuah jahe.
5. Lakukan hingga semua adonan habis.

Kuah Jahe:
1 liter air
200 gram gula pasir
7 lembar daun jeruk purut
100 gram jahe, memarkan
1 batang kayu manis

Cara membuat:
Masak semua bahan hingga mendidih dan gula larut. Biarkan lk. 10 menit mendidih spy aroma jahe dan kayu manis keluar. Angkat, dinginkan.

Pelengkap:
Kolang-kaling, rebus iris tipis-tipis
Kacang tanah sangrai, cincang kasar
Roti tawar, potong dadu

Sajikan wedang ronde bersama pelengkapnya.
Hmmm...Terobati deh kangennya, hehehee... Alhamdulillah ^_^

No comments:

Post a Comment