Wednesday, August 4, 2010

BAKWAN UDANG KEJU SPECIAL



Bakwan/Bala-bala/Ote-ote, saya rasa ini makanan yang sangat umum dan cukup terkenal di Indonesia tercinta ini. Campuran irisan sayuran yang bergaul dengan mesra dengan adonan tepung *halah bahasane kok ya mesra?? Hihihiiii...
Merupakan jajanan 'street vendor' yang banyak dijual di pinggir jalan.
Tapi kok kenapa yang ini dibilang special?? Iya donk, soalnya pakai udang dan keju mooooo... (bukan iklan dot com, hehee...) yang keduanya merupakan bahan makanan yang cukup special untuk saya dan keluarga ;)

Saya lebih suka bakwan yang padat akan sayuran, tapi tepungnya sedikit. Jadi adonan tepung hanya sebagai bahan 'pengikat' dari sayurannya saja.
Oya, walaupun di foto bentuknya bulat-bulat tapi saya tidak menggunakan cetakan apapun, alasan klasik 'malas' (please deh, kapan ga malesnya sih?? :p)
Saya langsung sendoki sekitar 2 sendok makan adonan dan masukkan ke minyak goreng yang sudah dipanaskan (saya tempelkan dulu ke pinggiran penggorengan), kemudian segera taruh udang diatasnya sebelum permukaannya mengering. Goreng seperti biasa.



Bahan:
100 gram terigu protein sedang
30 gram tepung beras
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
150-200 ml air (campurkan sedikit demi sedikit sampai mencapai kekentalan yang cukup)

Bumbu halus:
3 siung bawang putih
2 siung bawang merah

Bahan isi:
100 gram udang kupas, cincang kasar
15 buah udang utuh kupas, kerat punggungnya dan buang kepalanya, sisakan ekornya (jumlahnya bisa disesuaikan dengan jumlah bakwan yg mau digoreng)
30 gram keju cheddar parut
250 gram tauge, cuci dan bersihkan
2 buah wortel, serut kasar
1/4 buah kol, iris tipis
2 batang daun bawang, iris halus
2 batang daun seledri iris halus

Minyak goreng yang banyak untuk menggoreng bakwan

Cara membuat:
1. Adonan tepung: Campur terigu, tepung beras, soda kue, garam, kaldu bubuk dan merica bubuk. Aduk rata. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dan tercampur hingga mencapai kekentalan yang cukup (jangan terlalu kental atau terlalu encer). Masukkan bumbu halus, aduk rata. 2. Masukkan udang cincang, keju cheddar parut dan sayuran. Aduk rata.
3. Panaskan minyak yang banyak goreng bakwan dengan diberi udang utuh kupas diatasnya. Goreng hingga kuning kecoklatan kedua sisinya. Angkat. Tiriskan. Sajikan hangat bersama saus sambal atau cabai rawit.

Tips:
- Penggunaan soda kue membuat bakwan menjadi lebih empuk didalam tapi renyah diluar.
Jika adonan tidak akan digoreng smuanya, bagi adonan menjadi 2 bagian. Tambahkan 1/2 bagian denga 1/4 sdt soda kue. Dan simpan yang 1/2 bagian lagi. Beri soda kue jika nanti akan digunakan. Begitu juga dg bahan isi dan sayuran, dibagi 2. Atau jika mau bikin sedikit, dibuat 1/2 resep saja.
- Menggoreng adonan jangan terlalu banyak untuk 1 buah bakwan, karena soda kue akan membuat bakwan jadi mengembang. Cukup 2 sendok makan adonan per satu buah bakwan.
- Gunakan minyak yang banyak untuk menggoreng (deep frying) agar hasilnya renyah dan tidak mudah lembek saat sudah diangkat dr penggorengan.
- Minyak panasnya sedang saja. Jika terlalu dingin nanti minyak akan menyerap ke dalam bakwan, jadi hasil gorengannya berminyak sekali. Jika terlalu panas nanti cepat gosong tapi bagian dalam masih 'nepungi' (masih mentah tepungnya, hehehee...)

2 comments:

Anonymous said...

Uennaakkk mba,,,,
aq izin copy yah mw coba2 bwt juga bwt diri sndiri ma kluarga hehehhehe
smoga uenaakkk...
syukron jddan

Indah Enggar said...

hmmm....yummy

Post a Comment