Thursday, August 12, 2010

ORDER: CHOCOLATE TIRAMISU TORTE



Lembut, manis-pahit, gurih dan ngopi (halah! bahasane kok ngopi?!!), hehehee...

Tiramisu ini salah satu tiramisu pesanan yang alhamdulillah sepat aku dokumentasikan, hehehee... *Malasnya lagi kumat -_-
Tiramisu mousse-nya masih menggunakan pakem resep dasar tiramisu yang menggunakan mascarpone cheese dipadukan dengan krim kental/whipping cream cair. Tapi tidak pakai 'zabaglione' alias egg free. Juga tidak menggunakan Marsala/Kahlua/Rhum alias alcohol free ^_^
Krimnya menggunakan takaran yang sama dengan mascarpone cheese, biar rasa kejunya lebih terasa, secara si keju maskaryo ini mahal booooo... >_<
Malah tiramisu klasik ada yang gak pakai krim sama sekali, hanya mascarpone cheese saja. Tapi kayaknya kurang cocok ya di lidah orang Indo, hehehehh...

Layernya menggunakan spongecake coklat 3 susun, tiap layer dibasahi dengan espresso syrup, dioles tipis dengan coklat Nutella, tiramisu mousse dan parutan dark cooking chocolate. Terakhir atasnya di-dusting dengan coklat bubuk dan diberi taburan coklat serut hitam-putih. Savoiardi/lady fingers biscuits digunakan sebagai pagar.

*Karena ini pesanan jadi layer dalamnya ga bisa dilihat, hehehh...

Yang mau nyobain bikin sendiri, ini resepnya (klo males bikin silahkan order aja ke aku, hahahahaaa... dengan catatan untuk pengiriman daerah Serang dan sekitarnya ya)

Bahan:
Spongecake coklat, ukuran sesuai kebutuhan, belah tipis menjadi 3 bagian dengan tebal kurang lebih cukup masing-masing 1 cm saja.

Espresso syrup:
1 sdm kopi espresso intant (kopi hitam instant tanpa ampas), klo yang suka lebih pahit bisa ditambah jadi 2 sdm
150 ml air
1 sdm gula pasir
1/2 sdt essence coffee noir (optional, gak pakai juga gak apa-apa, hanya sebagai penguat aroma kopinya saja)
*Original pakai Marsala/Kahlua/Rhum --> Alkohol

Tiramisu Mousse:
250 gram mascarpone cheese
1 sdt essence vanilla
50 gram gula pasir halus (aku pakai gula pasir yang aku blender sebentar sampai halus)
250 ml krim kental/whipping cream cair

Olesan:
Chocolate spread Nutella (atau pakai selai coklat apa saja yang mudah didapat)
Dark cooking chocolate diserut halus

Topping:
Coklat bubuk
Coklat hitam utih, diserut
Fresh strawberry dan coklat praline (optional)

Cara membuat:
1. Espresso syrup: Didihkan air, masukkan kopi instant dan gula pasir. Aduk sampai larut. Matikan api, masukkan essence coffee noir. Aduk rata. Dinginkan.
2. Kocok manual mascarpone cheese, hanya sampai lembut saja dan gerindilannya hilang. Gak usah lama-lama. Sisihkan.
3. Kocok krim kental/whiping cream cair dan gulapasir halus dengan mixer sampai mengembang dan kaku. Masukkan essence vanilla dan 3 sendok makan espresso syrup, kocok rata.
4. Campurkan whipped cream dengan mascarpone cheese sedikit emi sedikit sambil diaduk rata perlahan (bisa menggunakan mixer keceatan aling rendah).

Penyelesaian:
Dengan menggunakan ring cutter besar/mika/loyang bongkar pasang, letakkan selembar cake di bagian dasar (ukuran diameter cake lebih kecil dari diameter rin/mika/loyang), basahi dengan espresso syrup.
Tata savoiardi/ladyfingers di bagian sisi ring/mika/loyang. Beri olesan Nutella, kemudian 1/3 bagian tiramisu mousse dan beri dark coklat parut. Tutup lagi dengan selembar cake. Begitu seterusnya dan diakhiri dengan tiramisu mousse. Masukkan kulkas minimal 4-5 jam, disimpan 24 jam lebih bagus agar krimnya lebih kokoh untuk dipotong.
Sebelum disajikan, ayakkan coklat bubuk kemudian beri taburan coklat hitam putih serut.

2 comments:

Anonymous said...

hi sist.... ak mau coba niy resep tiramisunya...:D keliatannya yummy....
harus pke loyang bongkar pasang y sist... n cara memindahkan ke alas perak itu gmn ya? takut ancur cakenya... :)
ak baru pertama kali niy mau bkin cake....

Thanks untuk sarannya y sist.. :)

Anonymous said...

bunda nadhifa..aku banyak belajar masak dari blog ini, tapi saya masih awam untuk dekorasi cake, mohon di share ya..biar tambah ilmu..hehe
hatur nuhun :)

Post a Comment