Tuesday, September 28, 2010

BITTERBALLEN



Waktu ngomongin soal bitterballen di status Facebook, ternyata banyak juga teman-teman yang belum tau tentang si bola-bola yang mirip kroket ini.
Bitterballen adalah makanan dari negeri Belanda, bentuknya mirip kroket tapi berbentuk bola-bola dengan ukuran yang lebih kecil dari kroket. Kalau biasanya kroket dibuat dengan bahan dasar umbi-umbian seperti kentang dan diberi isian di dalamnya, nah kalau bitterballen ini terbuat dari terigu dan susu cair yang dicampur dengan daging giling dan diberi bumbu-bumbu jadi bagian dalamnya lembut banget. Bagian luarnya dibalut tepung panir dan digoreng. Rasanya crunchy diluar dan creamy di dalam.

Kemarin bikin bitterballen ini untuk makan berbuka puasa (syawal). Cocok juga untuk bekal sekolah si kecil, untuk cemilan di rumah atau sajian snack untuk acara arisan, dll. Kalau untuk bekal atau sarapan, bitterballen bisa dibuat pada malam hari lalu selesai dipanir masukkan dalam wadah dan simpan di kulkas, paginya tinggal dikeluarkan dari kulkas dan digoreng. Aku lebih suka menggunakan tepung panir kasar atau bread crumbs, lebih renyah. Tapi kalau tidak ada ya pakai tepung panir halus yang biasa juga oke kok :)

Dulu kalau bikin pakai resep dari bundel kumpulan resep-resep dari majalah Femina jadoel yang disatukan seperti buku, pemberian saudaraku. Tapi entahlah skarang bundelnya kemana, hikzzz... Akhirnya setelah browsing aku menemukan resep bitterballen dari buku Masakan Populer Indonesia (seri memasak Femina) di blognya Mba Vania. Yippie...! Thanks udah share resepnya ya Mba :)
Karena daging giling di kulkas ternyata kurang (hanya 150 gram) jadinya aku tambahkan dengan sosis dan smoked beef, yummy! ^_^



Bahan:
100 gr margarine
1 bawang bombay (75gr), cincang halus
150 gr terigu
350 ml susu cair
250 gr daging cincang (aku campur dengan sosis dan smoked beef)
garam, pala bubuk, merica, gula pasir...secukupnya
1 batang daun bawang, iris halus (resep asli tidak pakai)
100 gr tepung roti (aku pakai yang kasar/bread crumbs)
2 telur, kocok lepas
minyak goreng secukupnya (cukup banyak untuk menggoreng deep frying)

Cara membuat:
1. Sangrai daging sampai airnya habis (tapi jangan terlalu kering)
2. Panaskan margarine, tumis bawang bombay sampai harum, lalu masukkan terigu. Aduk rata.
3. Tuang susu sedikit demi sedikit, sambil aduk terus hingga adonan rata dan kental. Kemudian masukkan berturut-turut, daging cincang, garam, pala, merica, gula. Aduk lagi hingga adonan benar2 rata. Masukkan daun bawang. Diamkan hingga dingin (kalo panas-panas nanti tangannya melepuh, heuheuheuuu...)
4. Bulatkan adonan, besarnya sesuai selera (sebesar bakso aja, jangan terlalu besar). Kemudian gulingkan di tepung roti, celupkan di telur kocok dan gulingkan sekali lagi ke dalam tepung roti.
5. Goreng di dalam minyak panas yg cukup banyak (deep frying) hingga berwarna kuning kecoklatan. Pakai api sedang, jangan terlalu panas supaya tidak cepat gosong. Angkat, tiriskan. Sajikan hangat lebih enak. Bisa dicocol ke saus sambal jika suka.

Selamat mencoba! ^_^

Tips:
- Satu resep ini hasilnya cukup banyak sekitar 50-an buah, kalau untuk konsumsi keluarga bisa dibuat setengah resep saja.
- Aku cocok dengan resep ini karena hasilnya bagus, cantik dan tidak mudah hancur saat digoreng walaupun sering diaduk-aduk di pengorengan. Kalau masih takut hancur, pada saat membulatkan adonan ambil adonan secukupnya, kepal-kepal dengan tangan sambil dipadatkan lalu bulatkan. Tepung panir kasar juga membantu memperkokoh bagian luarnya daripada tepung panir halus.
- Goreng dengan minyak banyak agar cukup untuk merendam bitterballen-nya (deep frying)

9 comments:

mima said...

segera dicoba bun... thanks ya...

Ummina_Faris said...

Kayaknya gak ribet yah bun....
Dan enak pastinya...
I'll try.... :) Thanks bun...

biru lautku said...

susunya bisa diganti yg alin ga? air misalnya?

Anonymous said...

looks yummy... thanks for sharring (lenny natalia ==> don't have account..)

Anonymous said...

Udah coba segala resep bitterballen yg ini gampang plus langsung normal jadinya yg lainnya kok PD banget sih ngepost resep !! Anyway thanks ya... Aku coba juga bakwan specialnya cuma sayurannya aku ganti sama jagung manis kalengan eh enak juga! Again, thanks alot! :-)

Anonymous said...

Kenapa ga diaktifkan untuk klik kanan nya?
tp msh tetep bs di copy kok..^_^

maya agustina said...

untuk biru laut, sepertinya ga bisa deh itu kan makanan dr belanda jd mesti pake susu.

Kreasi Marie said...

terima kasih resepnya. Silakan berkunjung ke http://www.kreasimarie.com/home/ untuk mengintip resep biterballen lainnya ^^

Anonymous said...

mba ricke,,sebelum'y saya ucapkan terima kasih untuk resep yg udh mba posting. saya cm pengen nanya bener gak kalo dah mateng bitter ballen'y, bagian dalem'y lembek gitu?? soal'y saya belum pernah bikin. mohon info'y?? terimakasih.

Post a Comment