Friday, October 1, 2010

CAH JAMUR NOSTALGIA ^_^



Halah! Namanya kok pake nostalgia segala???
Iya, emang ini cah jamur yang bikin aku nostalgia waktu masih kuliah dulu :)
Di kampus ada penjual makanan (kami menyebutnya Bapak Gendut), salah satu makanan andalan yang dijual di kiosnya adalah cah jamur ini. Yang belinya uantreeee...
Sebagai penggemar masakan jamur, pastinya aku sering banget beli makanan yang satu ini donk, hehehee...

Setelah lulus dan belum pernah beli makanan ini jadinya kalo kangen ya mau ga mau masak sendiri deh. Asli ini racikan aku sendiri, bumbunya pake feeling aja kira-kira pakai apa saja. Hasilnya? Mirip sekali rasanya dengan buatan Bapak Gendut! Akhirnya makanan ini jadi salah satu masakan yang termasuk sering aku buat kalo lagi kangen dan kepengen, hihihiiii... Tapi fotonya baru sempat aku upload sekarang, ada foto satu lagi yang udah jadul banget dan fotonya tidak memuaskan (belum tau ilmu jeprat-jepret dan utak atik kamera), halah emang skarang udah tau??? :p
Aslinya pakai tambahan ayam suwir dan kembang kol. Tapi yang di foto ini aku hanya pakai kol yang diiris tipis dan daun bawang, dan ayamnya juga langsung ditumis aja. Males bikin ayam suwir, heuheuheee... Dasar pemalas!


(Ssssttt... Fotonya maksain pake claypot baru, padahal kegedean dibanding isi sayurnya, wkwkwkwkwkkk... Pamer! >_<)

Cah Jamur
by Bunda Nadhifa

Bahan:
200 gram jamur merang, potong-potong
2 butir telur utuh
150 gram fillet ayam, potong kecil-kecil (atau bisa bikin ayam suwir dari ayam rebus atau ayam goreng)
Kol secukupnya, iris tipis
1 batang daun bawang, potong-potong
Kembang kol secukupnya, potong perkuntum (aku tadi ga pake, lagi ga ada)
600 ml air
1+1/2 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdm saus tiram
1/2 sdt kecap manis

Bumbu halus:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 butir kemiri

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan ayam, aduk hingga berubah warna. Masukkan jamur, masak hingga layu. Masukkan air. Masak hingga mendidih.
2. Tambahkan garam, kaldu bubuk, merica bubuk, gula pasir, saus tiram dan kecap manis. Aduk rata.
3. Pecahkan telur satu persatu ke dalam masakan (seperti membuat ceplok telur). Masak hingga telur matang.
4. Masukkan kol dan daun bawang. Masak sebentar. Angkat. Sajikan.

Suegerrrrrr... ^_^

*Kalo mau pedas bisa ditambahkan cabe merah giling dan ditumis bersama bumbu halus atau haluskan cabe merah utuh pada bersama dengan bumbu lain. Banyaknya ya tergantung mau seberapa hot! Heheheee...

1 comment:

Steven Tyler's said...

Salam Kenal Blogger Serang
Kunjung Blog Aku Ya !!!
http://kolontkorotukur.blogspot.com
http://000.net.tc
Maju Terus Blogger Serang !!!
By : nurulimam@bandits.org

Post a Comment