Pages - Menu

Tuesday, September 7, 2010

LASAGNA



Kemarin saking malesnya masak, karena badan sedang ga fit dan perut sakit bulanan, akhirnya diriku ga masak nasi beserta lauk pauk dan sayurnya. Bikin ta'jil untuk ifthor aja jam 5 sore, hehee. Untuk makan malamnya bikin lasagna ini. Tadinya mau bikin pizza tapi ya males banget buat bikin rotinya. Eh, suami request lasagna. Lihat persediaan ternyata masih punya pasta kulit lasagna. Yo wiss habis magrib bikin deh lasagna ini :)

Resep ini aku ambil dari buku terbitan Primarasa Femina seri 'Skotel Serba Panggang'. Rasanya enak banget, kejunya terasa dan ga kalah deh sama yang pernah aku makan di salah satu resto pizza ^_^
Saus dagingnya aku tambahkan jamur merang yang dicincang, soalnya masih ada sisa bikin sapo tahu kemarin.

Yuk bikin, siapa tau bisa jadi alternatif menu untuk buka puasa. Ini dia resepnya...



Lasagna
by Primarasa Femina 'Skotel Serba Panggang' (modified by Ricke)

Bahan:
1 bungkus kulit lasagna kering (aku kemarin pakai yang ready to bake, jadi ga direbus dulu langsung pakai)
2 liter air
1 sdt minyak goreng
1/2 sdt garam

Saus daging (meat sauce):
2 sdm minyak goreng untuk menumis
1 siung bawang putih, cincang halus
100 gram bawang bombay, cincang (aku pake 1 buah ukuran sedang)
500 gram daging sapi cincang (aku pakai daging sapi giling)
50 gram jamur merang, cincang (versi aku)
500 gram tomat merah, kupas, cincang (aku diblender kasar pakai food processor)
170 gram pasta tomat (aku pakai 1 botol kecil saus tomat)
100 ml air
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt oregano kering
1/2 sdt basil kering
2 sdt gula pasir

Saus bechamel (putih):
50 gram mentega/margarin
50 gram terigu (pakai protein sedang)
500 ml susu cair (fresh/UHT)
125 gram keju cheddar parut
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk

Taburan:
250 gram keju mozarella parut (aku cuma pakai 100 gram, mahal boo...hehehee...)
50 gram keju parmesan parut

Cara membuat:
1. Didihkan air, beri minyak goreng dan garam. Masukkan lasagna. Rebus sampai lunak (kurleb 10 menit). Angkat. Tiriskan. (Pisahkan lembaran lasagna agar tidak menempel satu sama lain)

2. Saus daging (meat sauce): Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu. Masukkan daging cincang, aduk sampai berubah warna, masukkan jamur merang, aduk hingga layu. Tambahkan tomat, pasta tomat dan air, didihkan. Bubuhi garam, merica bubuk, oregano, basil dan gula pasir. Masak dengan api kecil hingga mengental. Angkat. Sisihkan.

3. Saus bechamel (putih): Lelehkan mentega/margarin dengan api kecil. Masukkan terigu, aduk rata. Tuangi susu cair sambil terus diaduk di atas api kecil sampai halus dan lembut serta tidak menggumpal. Masukkan keju cheddar parut, merica bubuk dan pala bubuk. Angkat. Sisihkan.

4. Olesi pinggan tahan panas dengan margarin (aku ga punya pinggan pirex yang besar, jadi pakai loyang yang dialasi alumunium foil dan diolesi margarin). Tata 1/3 bagian kulit lasagna, 1/2 bagian saus daging, 1/2 bagian saus putih. Tata lagi kulit lasagna, ulangi sampai habis. Terakhir tata 1/3 bagian kulit lasagna (klo aku bikin lasagna selalu mengakhiri dengan saus putih di bagian atas).

5. Taburi dengan keju mozarella dan parmesan (aku juga taburkan sedikit oregano kering di atasnya). Panggang dalam oven (aku pake suhu 180'C) selama 20 menit (aku sesuai petunjuk kemasan lasagna sekitar 35 menit) sampai bagian atasnya kuning sedikit kecoklatan dan matang.

Keluarkan lasagna dari oven, biarkan sebentar sekitar 10-15 menit agar lasagna sedikit set. Potong-potong dan sajikan hangat. Sluuurrrrppppp.... ;)

Selamat mencoba! ^_^

2 comments:

Litar said...

mbak, klo bikin lasagna nya malam trus manggang nya baru paginya bisa ngga mba? mau buat camilan kntr, klo bikinnya pagi2 taut ga kekejar. hehe thanks

kurniawati.artikasari said...

Mba ricke... blognya kerennnn.... :)
Mba lasagna yang ready to bake namanya apa ya?
Thanx...
Happy cooking...

Post a Comment