Wednesday, September 8, 2010

MY FIRST FLOSS ROLL BUN



Roti ini pertama kali aku makan di sebuah gerai bakery yang ada di mall. Pertama kali lihat kirain itu kayak telur dadar yang dikasih abon, xixixixiiii... Ndeso! :D
Habisnya sekilas dilihat kayak telur dadar sih (ngeles dot com), setelah dimakan ternyata roti, hehee...

Floss roll ini ada 2 macam, ada yang versi cake, jadi kayak swiss roll cuma dikasih filling abon dan ada taburan wijen dan daun bawang juga. Tapi pengen nyobain menggulung roti, jadi bikin yg versi roti aja deh. Sekalian memberdayakan tepung untuk roti yang sudah lama aku beli tapi belum diberdayakan, hehee...
Untuk abonnya aku pakai chicken floss alias abon ayam. Aku pake yang manis, ya dengan alasan biar semuanya bisa makan, termasuk Nadhifa ^_^
Bisa juga klo mau dibikin versi pedasnya, pake abon pedas dan taburannya ditambah irisan cabe merah, dan untuk olesannya memakai mustard+mayonaise. Klo yg aku bikin olesannya mayonaise saja.


(Roll it! Sebelum dipotong-potong)


(Mulus tanpa retak ^_^)

Exciting banget waktu menggulungnya, gampang banget. Mulus tanpa retak. Horeee.. Ternyata lebih mudah dari menggulung swiss roll, hehee... Kuncinya adalah jangan overbake, cukup 15 menit aja. Klo terlalu lama nanti rotinya kering dan bakal ga bagus digulungnya, alias retak-retak.

Resepnya hasil modifikasi dari resep soft bread NCC, hanya 1/2 resep saja untuk 1 roll, setelah dipotong-potong jadinya 5 buah roti.



Chicken Floss Roll Bun
Adapted from soft bread NCC, modified by Ricke

Bahan:
200 gram terigu protein tinggi/bread flour (Cakra Kembar, aku kemarin pakai tepung ala BT)
50 gram terigu protein sedang/all purpose flour (Segitiga Biru)
30 gram gula pasir halus (gula kastor) ~ bisa pake gula pasir biasa yg diblender
1 sdm susu bubuk full cream
6 gram ragi instant (1/2 bungkus)
1/4 sdt bread improver (aku pake Baker's Bonus) ~ bisa diskip klo ga ada
2 butir kuning telur
100 ml air es ~ penggunaan bisa jadi lebih sedikit tergantung kelembaban terigu yg digunakan, tambahkan sedikit demi sedikit sambil diuleni, hentikan jika sudah dirasa cukup
50 gram margarin
1/4 sdt garam

Topping:
1 butir kuning telur, kocok lepas
2 batang daun bawang, iris halus
Wijen sangrai secukupnya

Filling:
Mayonaise
Chicken floss (abon ayam) ~ Bisa diganti dengan meat floss (abon sapi)

Cara membuat:
1. Campur terigu, ragi instant dan bread improver. Aduk rata. Masukkan telur, aduk rata. Masukkan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni, hentikan penambahan air jika dirasa sudah cukup. Uleni sampai 1/2 kalis.
2. Masukkan margarin dan garam. Uleni terus sampai kalis dan elastis. Permukaan adonan licin dan adonan tidak mudah sobek jika dibeberkan tipis. Tempatkan dalam wadah, tutup dengan plastik atau serbet lembab. Istirahatkan selama 40 menit atau sampai adonan mengembang 2x lipat.
3. Kempiskan adonan, gilas tipis menjadi bentuk kota ukuran 30x30 cm. Tempatkan dalam loyang ukuran 30x30x3 cm (seperti loyang bolu gulung) yang sudah diolesi margarin. Tusuk-tusuk di beberapa tempat dengan menggunakan garpu agar adonan tidak mengangkat saat dipanggang. Istirahatkan lagi selama 15 menit.
4. Olesi permukaannya dengan kuning telur, taburi wijen dan daun bawang. Panggang dalam oven suhu 180'C selama 15 menit. Jika ada api atas, 3 menit terakhir nyalakan api atas agar warna permukaannya kecoklatan. Jika menggunakan oven tangkring, taruh loyang di rak paling atas.
5. Keluarkan dari oven. Siapkan kertas roti dg ukuran lebih besar dari loyang, balik roti diatas kertas roti. Oles dengan mayonaise, beri abon. Gulung perlahan sambil dipadatkan (gunakan kertas roti sebagai alas tangan saat menggulung). Diamkan sebentar. Potong menjadi 5 bagian. Olesi masing-masing ujungnya dengan mayonaise dan beri abon.

Selamat Mencoba! ^_^

2 comments:

Anonymous said...

Mb, aq ijin copas resep ini ya... Makasih...

Anonymous said...

mba resep nya cuma jadi 1 rol?

Post a Comment