Sunday, September 19, 2010

NASTAR KEJU



Ssstttt... Ini beneran nastar keju yang 'ngeju' lho, bukan cuma nastar yang ditabur keju ;)

Resepnya tetap pakai resep nastar empuk NCC by Fatmah Bahalwan, tapi aku tambahkan keju parmesan dalam adonannya dan di atasnya juga ditabur keju. Pakai butter yang berkualitas agar aroma dan rasanya semakin maknyuss! ;)

Bahan:
250 gram margarin
250 gram butter (aku pake yang salted)
100 gram gula halus
4 kuning telur
200 gram keju parmesan, parut/haluskan (bisa juga pakai keju edam/gouda, tergantung selera)
700 gram terigu protein sedang
4 sdm susu bubuk full cream
Kuning telur dikocok lepas untuk polesan
Keju cheddar parut untuk taburan

Selai nanas:
4 buah nanas palembang (atau nanas jenis lain yang tidak terlalu banyak mengandung air)
200 gram gula pasir
2 lembar daun pandan, sobek-sobek
1/4 sdt garam

Cara membuat:
Selai: Nanas kupas dan bersih diparut/diblender. Tambahkan daun pandan dan garam, masak sambil diaduk-aduk sampai airnya habis dan mengering. Masukkan gula pasir, aduk terus hingga lengket dan mengental (airnya habis). Dinginkan atau simpan dahulu dalam kulkas agar selai jadi lebih kering dan mudah untuk dipulung. Siap dipakai.

Nastar:
1. Campur dan ayak terigu dan susu bubuk. Sisihkan.
2. Campur margarin, butter, gula halus dan telur. Kocok dengan mixer kecepatan rendah sebentar saja asal lunak dan tercampur rata. Jangan mengocok terlalu lama nanti hasil nastarnya akan meleber ketika dipanggang.
3. Masukkan keju parmesan parut, aduk rata dengan sendok kayu.
4. Masukkan campuran terigu. Aduk dengan sendok kayu sampai tercampur rata dan adonan bisa dipulung.
5. Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri selai nanas, bulatkan. Tata dalam loyang tanpa dioles margarin.
6. Panggang dalam oven suhu 140'C selama 30 menit. Keluarkan dari oven, poles kuning telur dan langsung tabur dengan keju cheddar parut (segera tabur keju sebelum kuning telurnya mengering). Panggang kembali hingga matang dan kuning telur telah mengering serta berwarna keemasan. Angkat. Dinginkan. Simpan dalam toples kedap udara dan taruh di tempat aman agar tidak habis sebelum Lebaran tiba, xixixixixiiii... :p

2 comments:

Anonymous said...

Assalamu'alaikum mba ricke, senang deh bisa liat resep2nya.. oh iyya mau tanya donk mba, butter yang berkualitas itu merknya apa ya mba?? insya allah nanti pas lebaran mau buat kue sendiri nie.. mohon infonya ya mba, makasiihhh..

lenny tio said...

Hai mba ricke, Salam kenal yah. Saya pembaca setia blognya mba nih. Soalnya resepnya menggoda bgt :) sdh nyoba beberapa resep daily menu nya dan enak :) oh ya, kalo bole tanya, utk olesan kuning telur dan taburan kejunya bs dilakukan skalian sblm oven gk ya ? Bedanya dgn diolesi Stlh oven apa ya. Thanks ya jika berkenan menjawab. Dan izin nyontek resepnya yah ...

Post a Comment