Friday, October 1, 2010

PUDING SANTAN GULA MERAH



Ssttttt... Puding ini berbeda dari puding santan gula merah yang biasanya lho. Kalau yang biasanya hasil akhirnya terdapat 2 lapisan (lapisan santan dan lapisan agar) dan teksturnya juga krenyes krenyes khas agar-agar, nah kalau yang ini tidak ada lapisannya. Bahannya juga bukan hanya gula merah dan santan saja.
Hasilnya? Puding yang creamy dan lembut membelai lidah. Makan satu cup enggak cukup deh! ^_^

Puding ini adalah salah satu sajian pada acara silaturahim pengajian suami beberapa hari yang lalu. Sebenarnya pengen banget bisa motret bagian dalam pudingnya agar terlihat teksturnya yang lembut. Tapi apa daya pudingnya langsung ludes tak bersisa, ini saja fotonya aku ambil sesaat sebelum disajikan, mencuri waktu dulu sebentar di dapur, hehehee...

Kelembutan puding ini terletak pada pemakaian santan kental dan telur. Takut amis pakai telur? Gak tuh! Pudingnya sama sekali ga bau amis telur ^_^
Untuk menghasilkan puding yang cantik dan mulus alias tidak pecah kuncinya adalah pengadukan searah dan konstan perlahan selama proses pemasakan. Dan ketika mendidih pertama kali, langsung matikan api! Adonan puding yang lama dididihkan akan membuat puding menjadi pecah. Ini juga berlaku untuk puding yang menggunakan susu ya...

Resepnya aku adaptasi dari Majalah Femina (lupa edisi berapa, udah lama). Tapi seperti biasa sudah aku modifikasi sesuka hati, heheheee...

Bahan:
300 gr gula merah, sisir halus (saya pakai gula aren bubuk)
100 ml air
800 ml santan kental (saya buat dari 400 ml santan isntan Kara dan 400 ml air)
Sejumput garam (sedikit aja untuk menambah rasa gurih)
2 butir telur ayam, kocok lepas (pilih telur ayam segar yang masih kental ya)
1 bungkus (7gr) agar-agar bubuk warna putih
1/4 sdt vanili bubuk
5 lembar daun pandan, sobek-sobek dan simpulkan

Pelengkap:
200 gr daging kelapa muda, keruk (pilih daging kelapa muda yang masih lembut dan lunak agar tidak merusak' kelembutan pudingnya) ~ Optional. Ga pake juga ga ada yang marahin kok, heuheuheuuuu... :p

Cara membuat:
1. Siapkan cetakan sesuai selera atau cup kecil-kecil. Bila puding akan disajikan dengan dikeluarkan dari cetakan, basahi dulu cetakan dengan air agar puding lebih mudah dikeluarkan.
2. Masak gula merah bersama air hingga gula larut. Angkat dan saring.
3. Masukkan santan ke dalam panci, tambahkan air gula merah dan garam. Aduk rata. Masukkan telur, agar-agar bubuk dan vanili bubuk. Aduk rata. Masukkan daun pandan. Nyalakan api dan masak dengan api kecil sambil diaduk searah perlahan dan konstan. Ketika mendidih pertama kali langsung matikan api! Masukkan kelapa muda. Aduk rata. Angkat.
4. Tuang adonan ke dalam cetakan atau cup. Biarkan hingga agak hangat dan hilang uap panasnya. Simpan dalam kulkas hingga membeku sampai saat akan disajikan.

Enjoy! ^_^

3 comments:

Anonymous said...

makasih resepnya...ijin nyontek yah...

Anonymous said...

Mba, resep ini bisa buat berapa porsi ya jadinya?

popspa said...

idem sm komen sebelumnya hehe.. Klo ditaruh di cup plastik ky di pic, jd brp buah ya, Mbak? Besok sabtu mo bikin buat ultah anak nih hehe

Post a Comment