Tuesday, September 21, 2010

SAPO TAHU 'SEADANYA'



Cuma pake 1 silinder tahu sutera (silken toffu), gak pake udang/ayam, sayurannya cuma wortel dan daun bawang. Untung masih ada jamur kancing (champignon) kalengan. Ya soalnya bahan yang sedang ada di rumah cuma itu. Tapi alhamdulillah hasilnya tetap enak dan segerrr... Disantap panas-panas dengan nasi atau mau dinikmati begitu saja juga sudah nikmat.

Kebetulan pas siang-siang ada saudara yang datang mampir ke rumah, ya sudah sekalian disuguhi masakan ala kadarnya ini deh. Habisnya mau datang ga bilang-bilang dulu sih, pas banget lagi tukang sayur ga datang. Semoga berkenan ya...

Bahan:
2 silinder tahu sutera (silken toffu), potong-potong setebal 2 cm, goreng hingga berkulit kecoklatan. (aku cuma pake 1 silinder aja, adanya cuma segitu)
Jamur kancing (champignon) secukupnya, iris tipis. (aku pake jamur kancing kalengan sudah berbentuk slice)
1 buah wortel, potong-potong bulat
2 batang daun bawang, potong-potong 1 cm
Seharusnya pakai udang/ayam/cumi, tapi lagi ga ada stoknya di rumah
Sayuran pelengkap lain adalah sawi putih.
1/2 buah bawang bombay, iris tipis memanjang
5 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
1 cm jahe, iris korek api
5 sdm saus tiram (oyster sauce)
1 sdm kecap ikan (fish sauce)
3 sdt minyak wijen
1/2 sdt maggi seasoning (optional)
600 ml air kaldu (aku bikin dari air yang didihkan bersama 1 sdt kaldu bubuk), klo pake udang bikin air kaldu dari air rebusan kepala udang bersih.
2 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
3 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan jahe hingga harum, masukkan bawang bombay, aduk hingga agak layu. Masukkan udang (aku ga pake), aduk hingga berubah warna. Masukkan jamur kancing, aduk rata dan masak sebentar.
2. Masukkan air kaldu. Masukkan wortel. Beri saus tiram, kecap ikan, minyak wijen, maggi seasoning, gula pasir. Masak dan didihkan hingga wortel matang. Masukkan tahu. Kentalkan dengan laruan maizena. Masak hingga meletup-letup. Menjelang diangkat masukkan daun bawang. Masak sebentar. Angkat dan sajikan panas.

*Aslinya sapo tahu ini adalah chinese food yang dimasak menggunakan claypot (mangkuk besar dari tanah liat). Jika menggunakan claypot, tata sayuran, jamur dan tahu dalam claypot, beri bumbu tumisan, saus dan air kaldu. Masak hingga mendidih. Kentalkan dengan larutan maizena.

Selamat mencoba.

1 comment:

Ida Hariyanti said...

Mbak ricke makasih untuk resepnya ya. aku udah nyoba dan enaakk. suami suka sekali. makasih ya mbak sekalian ijin nge-link ya mbak :D

Post a Comment