Friday, September 24, 2010

SOUP UDANG ASAM MANIS



Sebenernya pengen bikin tom yam goong ala Thailand itu. Tapi berhubung suamiku lagi ga bisa makan yang pedas plus biar si cantik Nadhifa juga bisa sekalian makan ya sudah, bikin soup udang asem manis ini saja deh. Terinspirasi dari website Nova Online. Tapi saya modifikasi bumbu-bumbunya sesuai selera.
Rasanya seger banget dan gurih karena pakai kaldu udang. Suamiku saja sampe nambah makannya (ga tau emang doyan atau lagi laper, heheheee...)

Sebenernya paling males klo disuruh nulis resep menu sehari-hari kayak gini. Lha aku tuh klo masak ngasih bumbu-bumbunya pake feeling, ga pernah ada patokan takaran, asal cemplung-cemplung aja, trus dicicipi, jadi deh! Resep di bawah ini bumbunya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing ya. Dan semoga aja ga ada bumbu yang lupa aku tulis, xixixixiiiii...

Bahan:
500 gram udang ukuran sedang/besar, kupas kulitnya dan sisihkan kepalanya. Sisihkan, jangan dibuang
1 buah wortel, iris bulat
150 gram jamur kancing/jamur merang, iris tipis
50 gram kapri (atau kacang polong)
2 batang daun bawang, iris panjang 2 cm
2 liter air
1 sdt kaldu bubuk

Bumbu:
4 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
1 cm jahe, iris korek api
1 sdt maggi seasoning (tambahkan sesuai selera)
2 sdt garam
1 sdm gula pasir
2 sdt air jeruk nipis/lemon
1 sdm saus tomat
5 sdm saus tiram
1 sdm kecap ikan

Cara membuat:
1. Didihkan air dan beri kaldu bubuk.
2. Sangrai kepala udang dan kulit udang sampai berubah warna dan agak kering. Masukkan ke dalam rebusan air. Masak hingga tersisa air kaldu sekitar 1,5 liter sampai air agak berkurang saja). Saring dan buang kepala dan kulit udangnya.
3. Tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Masukkan ke dalam rebusan kaldu. Masukkan wortel dan jamur. Masak hingga matang. Tambahkan maggi seasoning, garam, gula pasir, air jeruk nipis, saus tomat, saus tiram dan kecap ikan. Cicipi rasanya, tambahkan bumbu jika perlu.
4. Masukkan udang, kapri dan tomat. Masak dan didihkan sebentar hingga udang berubah warna. Menjelang diangkat masukkan daun bawang, didihkan sebentar. Matikan api. Sajikan panas.

*Jika ingin membuat yang pedas, tambahkan sekitar 10 butir cabai rawit utuh yang dibuang tangkainya dan beri 2 sdt cabai bubuk.

Selamat mencoba!

3 comments:

Melly said...

lapor Bunda.. malam nanti mau buat nih..
makasih yah uda share resep nya.. GBU (^_*)

mirdawati said...

Bunda nadhifa saya tertarik dengan resep ini. Boleh ga saya tag resepnya. Tq

va haddad said...

bun...ijin y mw cobain resep yg ini...kykny seger bgt,,tq

Post a Comment