Tuesday, September 7, 2010

SUP IGA SAPI



Jujur sebenernya suka bingung klo mau posting resep masakan daily menu alias menu sehari-hari. Soalnya aku klo masak ga pernah ditakar, semua jumlah bumbu, air, dll pake feeling saja, hehehee... Semoga feelingnya bagus terus, jadi ga ada judul masakan keasinan, hihihiiii... :p

Sup iga sapi ini segar banget, kuahnya beraroma rempah, daging iganya empuk dan kuahnya sluuurrrpppp... ^_^

Bahan:
1 kg iga sapi potong-potong (aku cuma 500 gram, lha yg maem cuma bertiga, hehehh...)
2 buah wortel, potong-potong agak besar
2 buah kentang, masing-masing belah 4
3 lembar daun kol, potong-potong
1 siung bawang putih, digeprek
2 cm jahe, digeprek
2 lembar daun jeruk
2 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk (atau 1/2 butir biji pala)
1 sdt gula pasir
3 buah cengkeh (bila suka)
2 batang daun bawang, potong-potong panjang (3 cm)
2 batang daun seledri, petiki daunnya
2 buah tomat, masing-masing belah 4
2 liter air
3 sdm minyak goreng

Bumbu halus:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih

Pelengkap:
Bawang goreng
Jeruk nipis
Sambal cabe rawit

Cara membuat:
1. Rebus iga dengan 500 ml air selama 15 menit. Angkat. Buang airnya. Tiriskan. Sisihkan. (Ini bertujuan agar darah yang masih ada dalam daging bersih dan tidak larut dalam kuah)
2. Panaskan lagi 1500 ml air. Masukkan iga. Masukkan jahe, bawang putih, daun jeruk dan cengkeh. Masak hingga daging empuk skitar 1 jam. Aku kemarin pakai panci presto.
3. Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan ke rebusan iga. Masukkan garam, merica bubuk, pala bubuk, kaldu bubuk dan gula pasir. Masukkan wortel dan kentang. Masak hingga sayuran matang. Jika air kurang bisa ditambah. Cicipi rasanya.
4. Masukkan kol, masak hingga layu. Masukkan daun bawang dan seledri. Masak sebentar. Angkat.
5. Sajikan dengan taburan daun bawang. Beri jeruk nipis dan sambal cabe rawit jika suka.

*Untuk takaran garam, kaldu bubuk dan gula pasir disesuaikan dengan selera aja yaaa... ^_^

1 comment:

Nunuk winarsih said...

Ijin simpen resep sup iganya ya neng ricke,thanks.

Post a Comment