Friday, October 15, 2010

BUTTERMILK CHOCOLATE MUFFINS



Muffin ini aku buat tadi malam. Hubby pulang kantor jam 21.30 karena ada lembur. Pulang-pulang baru bilang klo besok mau berangkat subuh ke Jakarta. Wah, berarti harus nyiapin bekal buat breakfast on the go nih! Mana udah malam lagi.
Ga tau kenapa klo nyiapin makanan buat breakfast on the go itu yg pertama terbayang adalah MUFFIN! Ga kreatif ya??? -_-
Ya soalnya bikinnya gampang, tinggal campur dan aduk-aduk aja. Need no mixer.
Klo ada persediaan roti tawar ya biasanya bikin sandwich atau toasted bread. Tapi kan slalu ada stok roti tawar di rumah.

Kebetulan habis buka-buka buku resep, salah satunya buku resep Primarasa (seri memasak Femina), edisi 'Nikmat Serba Coklat'. Ada resep muffin coklat, namanya 'Black Cherry Muffin', yo wiss dicontek aja deh. Tapi seperti biasa dimodifikasi sesuai selera suka-suka hati, xixixixiiii.. Susu cairnya aku bikin buttermilk (susu cair jumlah sesuai resep ditambah 1 sdt air jeruk nipis, aduk rata dan diamkan hingga ada gumpalan). Jumlah gulanya juga aku tambah coz menurutku kurang manis (di resep pakai brown sugar yg kadar kemanisannya lebih tinggi dari gula pasir). Jadilah namanya juga aku ganti jadi 'Buttermilk Chocolate Muffins'. Hasilnya? Lebih moist dan empuk teksturnya ^_^

Buttermilk Chocolate Muffins
(adapted from 'Black Cherry Muffin' by Primarasa)
Modified by me

Bahan:
100 gram mentega (aku pakai unsalted butter)
125 gram dark cooking chocolate, cincang kasar
100 ml susu cair (aku pakai 100 ml buttermilk)
2 butir telur, kocok lepas
175 gram terigu (aku pakai all purpose)
15 gram coklat bubuk (cocoa powder)
50 gram brown sugar (aku pakai 50 gram gula pasir+50 gram gula aren bubuk) ~ Bisa ditambah jadi 120 gram gula pasir jika suka lebih manis
1 sdt baking powder (aku pakai BPDA)
1 sdt soda kue/bicarbonate of soda (resep asli ga pakai, karena aku pakai buttermilk yg lebih reaktif dg soda kue)
1/2 sdt garam
100 gram chocolate chips (resep asli pakai black cherry)

Cara mebuat:
1. Panaskan oven 200'C (api besar). Siapkan loyang muffin, alasi papercup atau siapkan bludercup seperti yang aku pakai. Sisihkan.
2. Lelehkan mentega diatas api kecil. Masukkan dark cooking chocolate cincang. Aduk hingga coklat cukup meleleh sebagian. Matikan api. Aduk rata hingga seluruh coklat meleleh dan tercampur rata dengan mentega. Masukkan buttermilk/susu cair. Aduk rata. Sisihkan hingga agak dingin.
2. Masukkan telur ke dalam campuran coklat. Aduk rata. Sisihkan.
3. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, baking powder, soda kue, dan garam. Masukkan gula, aduk rata.
4. Tuang adonan coklat ke dalam campuran tepung, aduk dua atau tiga kali cukup sampai tercampur dan tepung jadi basah saja. DO NOT OVERMIX!
5. Masukkan chocolate chips. Aduk.
6. Masukkan ke dalam papercup/cetakan muffin hingga 3/4 penuh. Panggang dalam oven panas 200'C hingga mengembang naik, kurang lebih 15 menit. Turunkan suhu oven menjadi 180'C panggang 10 menit (total waktu pemanggangan 25 menit).
7. Keluarkan dari oven, sajikan hangat.

Note:
- Jangan mengaduk adonan muffin secara berlebihan, karena akan menyebabkan muffin yg dihasilkan jadi keras dan padat.
- Gunakan gula dengan butiran halus. Klo aku gulanya diblender dulu sebentar. Hal ini bertujuan agar gula cepat larut mengingat pengadukannya manual, tidak menggunakan mixer.
- Muffin lebih enak disajikan hangat. Jika akan dibesokkan, simpan dalam wadah tertutup, bisa juga ditaruh dalam kulkas. Saat akan disajikan, hangatkan kembali dalam oven panas skitar 5 menit.
- Aku juga suka menaruh potongan coklat dalam muffin. Isikan setengah adonan muffin ke dalam papercup, tata potongan coklat, kemudian isikan lagi adonan hingga 3/4 penuh. Nikmati muffin hangat dengan lelehan coklat di dalamnya ^_^

2 comments:

ikka said...

Assalamu'alaikum Mba... mau tanya.. 1 resep ini bisa jadi berapa paper cup atau berapa bluder cup sedang? terimakasih... :-)

Chatarina Nina said...

Mba..saya coba resepnya yaaaa...makasih :)

Post a Comment