Sunday, October 17, 2010

CIRENG (ACI DIGORENG) ISI KEJU



Ini dia cireng isi keju yang kemarin dibuat dengan menggunakan adonan yang sama dengan cilok. Jadi kemarin setengah bagian adonan aku bikin cilok dan sisanya aku bikin cireng. Adonan langsung dipipihkan kemudian diisi keju cheddar parut dan dibentuk seperti pastel. Bisa juga dibentuk yang lain.

Buat teman-teman yang belum tau cireng, ini adalah cireng modern menurutku, hehee... Soalnya cireng tradisonal ya cuma aci yang digoreng bulat-bulat atau bulat gepeng tanpa isian apa-apa. Biasanya dijual di tukang gorengan dan warnanya lebih putih dan sepertinya hanya menggunakan 100% tepung sagu alias aci, soalnya teksturnya kenyal banget dan sedikit berantem sama gigi klo lagi ngunyah, hihihiiiii... Nah, klo yang ini teksturnya lebih empuk karena adonannya memakai terigu juga.

Pertama kali makan cireng isi seperti ini di Bandung. Trus dulu di depan kantor ada yang jualan cireng isi juga pakai gerobak. Wah, jadi kangen makan cireng isi bareng temen-temen di kantor nih. Skarang masih jualan gak tuh?

Btw, suamiku yang doyan banget sama cireng begitu masih hangat baru diangkat langsung menyantap si cireng ini dan habis 3 biji, katanya enak dan mirip sama yang dijual diluar. Alhamdulillah, senangnya :)
Selain keju cireng ini bisa juga diisi abon, oncom pedas, daging giling, ayam giling, dll. Makannya pakai kuah saus sambal yang diencerkan. Mau mencoba?

Bahan:
200 gram tepung sagu tani (sagoo/tapioca)
200 gram tepung terigu (all purpose flour)
2 siung bawang putih (garlic), haluskan
1 sdt garam (peres)
1 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
2 batang daun bawang (pakai bagian daun hijaunya saja), iris halus
400 ml air (bisa berbeda takarannya tergantung kondisi tepung masing-masing, gunakan secukupnya saja)

Isian:
Keju cheddar parut

Cara membuat:
1. Campur dan ayak tepung sagu tani dan tepung terigu. Tempatkan dalam wadah. Tambahkan daun bawang dan aduk rata. Sisihkan.
2. Panaskan air, tambahkan garam, kaldu bubuk dan merica bubuk. Biarkan hingga mendidih. Matikan api. Angkat.
3. Masukan air kaldu panas-panas ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dan diuleni menggunakan sendok kayu. Uleni hingga kalis dan bisa dipulung. (Pakai feeling ya, klo dirasa sudah cukup kalis hentikan penambahan air, klo dirasa masih terlalu kering airnya bisa ditambah)
4. Ambil adonan, pipihkan, beri keju cheddar parut. Bentuk seerti pastel atau bentuk lainnya. Rekatkan pingirnya. Lakukan hingga adonan habis.
5. Goreng dalam minyak goreng yang banyak dengan api sedang hingga kekuningan dan matang. Angkat dan tiriskan. Sajikan panas.

Notes:
- Pada saat membentuk cireng, lumuri tangan dengan tepung sagu, juga dengan permukaan meja atau alas yang digunakan taburi dengan tepung sagu. Hal ini agar adonan tidak lengket dan mudah dibentuk.
- Cireng disajikan selagi hangat agar teksturnya tidak menjadi terlalu keras.
- Bisa disajikan dengan pelengkap kuah dari saus sambal yang diencerkan dengan air panas.

No comments:

Post a Comment