Sunday, October 24, 2010

DEVIL'S FOOD CAKE



Karena kemarin-kemarin banyak sekali yang menyakan resep Devil’s Food Cake (DFC) yang saya pakai. Kebiasaan saya yang suka selesai last minute, jadinya banyak banget pesanan yang tidak sempat diabadikan fotonya, hikkzzzz…
Alhamdulillah hari ini bisa juga posting resepnya, sekaligus fotonya. Walaupun saya sudah memberitahu klo resep yang saya pakai itu dari websitenya Martha Stewart sekaligus memberikan link-nya. Tapi ternyata setelah lihat resepnya teman-teman banyak yang bingung juga, karena satuan ukuran yang dipakai dan juga dengan instruksi resepnya. Ya, memang resep-resep dari luar ditulis sangat detail step by step-nya. Klo menurut saya justru itu sangat membantu sekali agar tidak ada yang salah dan hasil yang didapat juga memuaskan.

Saya membuat DFC ini kebetulan ada tetangga yang memesan cake yang nyoklat tapi simple saja, tidak perlu dihias katanya karena mau dimakan di rumah sendiri dan bukan dalam rangka acara apapun. Ya sudah saya tawarkan DFC saja dan beliau setuju. Beliau juga minta cakenya tidak usah terlalu besar, cukup untuk konsumsi 4 orang saja. Ya sudah akhirnya saya buatkan DFC dengan ½ resep dari resep aslinya. Saya juga mengurangi jumlah gulanya agar tidak terlalu manis cakenya. Karena mau difrosting dengan ganache coklat juga. Dan untuk fillingnya selain ganache saya pakai olesan tipis selai marmalade (selai jeruk yang ada parutan kasar kulit jeruknya), untuk sedikit memberi rasa ‘segar’ karena DFC ini rasa coklatnya intens sekali.

DFC ini dibuat dengan creaming method atau buttercake type, yaitu dengan cara mengocok mentega dan gula terlebih dahulu, baru dimasukkan bahan-bahan lain. Mudah pembuatannya, asal mengikuti instruksi resep, insyaAllah hasilnya pun memuaskan. Kuncinya adalah: PATUHI RESEP! ^_^

Devil’s Food Cake ini setau saya adalah salah satu American style chocolate layer cake. Dinamakan Devil’s Food Cake karena cakenya yang full coklat dan intens rasa coklatnya, biasanya disajikan dengan ganache chocolate frosting. Berlawanan dengan Angel Food Cake yang putih bersih dan polos karena hanya menggunakan putih telur. Devil’s Food Cake juga masih saudaranya Red Velvet Cake (halah, kok bahasane saudara, hihihiii…). Teksturnya mirip dengan Chocolate Mud Cake, hanya saja dalam resep Devil’s Food Cake hanya menggunakan coklat bubuk, tidak menggunakan dark cooking chocolate.
Coba baca informasi tentang Devil's Food Cake dari Wikipedia disini.

Karena di rumah juga kebetulan lagi tidak ada cemilan, akhirnya saya membuatnya 1 resep saja. Jadilah 2 buah DFC, satu buat pesanan, satu lagi buat dimakan di rumah ^_^
Di resep aslinya dibuat 3 layer cake, tapi saya hanya buat 2 layer saja dengan ukuran diameter Loyang 20 cm. Jadi cakenya sengaja dibuat tidak terlalu tinggi. Jika ingin hasilnya lebih tinggi, bisa pakai loyang diameter 18 cm untuk ½ resep.

Yang mau lihat versi aslinya silahkan klik http://www.marthastewart.com/recipe/moist-devils-food-cake.

Resep sudah saya terjemahkan menurut bahasa versi saya dan juga sudah saya konversi menjadi satuan gram dan mili liter, saya mengikuti acuan konversi resep seperti pada website Joy of Baking.



Moist Devil’s Food Cake
(Original recipe by Martha Stewart, modified by me)
(Ukuran 1 resep, untuk 3 layer cake dengan ukuran bulat diameter 22-24 cm)

Ingredients:
1 ½ cups (3 sticks) unsalted butter --> 339 gram (suhu ruang)
¾ cup coklat bubuk --> 60 gram
½ cup air mendidih --> 120 ml
2 ¼ cups gula kastor (gula pasir halus) --> 450 gram (saya kurangi menjadi 300 gram aja, biar gak terlalu manis)
1 sdm pure vanilla extract (saya ganti dengan 1 sdt essence vanilla)
4 butir telur ukuran besar, kocok lepas (pakai telur segar yang masih bagus kekentalannya)
3 cups cake flour (terigu protein rendah) --> 360 gram
1 sdt soda kue (bicarbonate of soda)
½ sdt garam
1 cup susu cair --> 240 ml
6 sdm selai jeruk marmalade/apricot secukupnya untuk olesan filling (resep asli tidak pakai)

Ganache (saya pakai resep sama seperti TCCC):
500 gram dark cooking chocolate, potong kecil-kecil
500 gram whip cream cair
75 gram unsalted butter

Simple syrup (resep asli tidak pakai):
100 gram gula pasir
100 ml air
½ sdt essence vanilla

Directions:
1. Panaskan oven 180’C. Siapkan 3 buah loyang ukuran diameter 22-24 cm dan tinggi 4 cm. Olesi dengan mentega, alasi bagian bawahnya dengan kertas roti. Taburi coklat bubuk secukupnya ke seluruh permukaan dalam loyang agar mudah dikeluarkan.
2. Ayak coklat bubuk ke dalam mangkuk, masukkan air mendidih. Aduk rata hingga berbentuk pasta. Sisihkan. Biarkan dingin.
3. Dalam wadah lain, campur dan ayak terigu, soda kue dan garam. Sisihkan.
4. Dalam baskom besar, kocok butter dengan MIXER KECEPATAN RENDAH sampai lembut. Masukkan gula pasir bertahap sambil terus dikocok hingga putih dan lembut 3-4 menit. Tambahkan vanilla extract/essence. Kocok rata. Masukkan kocokan telur sedikit demi sedikit, kocok rata pada setiap penambahan. Kocok hingga adonan rata dan tidak memisah. Matikan mixer. Aduk rata dengan spatula hingga ke bagian pinggiran baskom.
5. Campurkan susu cair ke dalam adonan coklat bubuk yang telah dingin, aduk rata hingga adonan coklat larut dengan baik.
6. DENGAN MIXER KECEPATAN RENDAH, MASUKKAN CAMPURAN TERIGU SEDIKIT DEMI SEDIKIT DAN BERSELANG SELING DENGAN LARUTAN COKLAT DAN SUSU. AWALI DAN AKHIRI DENGAN CAMPURAN TEPUNG. Terakhir aduk rata dengan spatula.
7. Tuang dan bagi rata adonan ke dalam 3 buah loyang yang telah disiapkan. Panggang dalam oven hingga matang, kurang lebih 35-45 menit (TERGANTUNG OVEN MASING-MASING), test tusuk hingga tidak cake tidak menempel di lidi/tusuk gigi. Keluarkan cake dari oven, biarkan dalam loyang selama 15 menit. Keluarkan cake dari loyang, dinginkan di atas rak kawat.

Ganache:
Panaskan whip cream cair hingga lembut dan hangat di atas api kecil. Masukkan dark cooking chocolate dan butter. Aduk hingga meleleh. Matikan api. Aduk terus hingga tercampur rata dan kental. Dinginkan, tutup dengan plastic wrap, masukkan dalam lemari es semalaman (di freezer juga boleh). Ketika akan digunakan, kocok dengan mixer hingga lembut dan ringan. Siap digunakan.

Simple syrup:
Didihkan air dan gula pasir, aduk-aduk hingga gula larut. Dinginkan. Tambahkan essence vanilla. Siap dipakai.

Penyelesaian:
1. Ambil satu lembar cake, basahi dengan simple syrup, olesi dengan 3 sdm selai, oles dengan ganache. Tutup lagi dengan selembar cake. Ulangi proses tersebut. Terakhir tutup dengan selembar cake, basahi dengan simple syrup. Oles seluruh permukaan dengan ganache. Hias dengan coklat serut.

Note:
- Pada foto di atas saya menggunakan ½ resep untuk loyang ukuran bulat diameter 20 cm. Jadi 1 buah DFC dengan hanya 2 layer.
- Ganache spread juga bisa diganti dengan ganache siram.

9 comments:

dien said...

Huuuu...enak nih..boleh nyontek nih buat ultah si kecil...izin minta resepnya ya mbak...

Rini Indria said...

Halo Mbak Ricke..... resep yang dishare sangat menginsipirasi!!! Mbak, aku mo tanya cake yang di foto ini menggunakan hanya 1/2 resep DFC Martha Stewart (plus modifikasi dari Mba Ricke) ya?...trus ada triknya ga bikin cake ini?, Resep dan foto cake nya bikin aku semangat turun ke dapur lho tanpa harus beli cake di cake shop mahal!

Lonna said...

Inspired me to bake this cake for my husband bday :)

Theresia P. said...

mbak...aku copas yah resepnya ..nanti aq link hasilnya..makasih.

ika_mamaDhiNar said...

mbak..ijin copas resep, n aku link di punyaku di blog yaa.. :)makasiihh..

Lilik Handayani said...

bunda nadhifa emang yahuuuddd..
resep2 selalu siiippp..dan enyaakk

fahrani aira said...

mbak,thx sharingnya...

ksulitannya soal ganache. pngennya bkin ganache yg bsa dibuat dekorasi bunga gitu. cuman stelah disimpen semalem di freezer kok belum kaku jga y? msh soft aja. kira2 apa y yg kurang? thx infonyaaa...:)

Yunitri Suryani said...

mba, izin copy paste resep yah, untuk bikin kue ultah anak... makasih yah mba..

Anonymous said...

mba. izin copy paste resep untuk ulangtahun anakku yaa...terima kasih

Post a Comment