Saturday, October 9, 2010

PINEAPPLE ROLLS a.k.a NASTAR GULUNG



Fotonya overbright, motretnya malam-malam pakai penerangan lampu neon trus yang motretnya amatiran *_*

Sudah lama pengen bikin pineapple rolls ini. Sejak lihat penampakannya disini. Tapi cari-cari press mould-nya gak ketemu di kotaku sini. Dan sepertinya pineapple rolls ini lebih familiar di Malaysia dan Singapore, tapi gak begitu populer di Indonesia. Kemudian saya bertanya pada seorang teman di Singapore yang akhirnya berbaik hati mengirimkan press mould-nya dari sana, bahkan dengan tambahan beberapa cetakan lain. Many thanks! Love you sist!
Bentuknya memang berbeda dengan yang ada pada blog yang saya link diatas, disitu memakai mould berbahan stainless, sedangkan yang dikirimkan oleh teman saya berbahan plastik. Juga motif geriginya berbeda. Yang saya punya hampir sama dengan yang ada disini. Nanti deh, klo ada kesempatan lagi aku update lagi fotonya sekalian sama foto press mould-nya ya.

Kebetulan saya masih punya selai nastar yang saya simpan di freezer sisa bikin kuker waktu Lebaran kemarin. Akhirnya jadi juga trial my first pineapple rolls setelah mengumpulkan semangat karena masih terbawa 'bosan' bikin kuker *_*
Menggulungnya masih belum rapi, masih ada retak sana sini, maklum pertama kali bikin, hehee... Sudah gitu bikinnya sore-sore sambil 'dibantu' sama si tuan putri kecil yang berhasil membuat beberapa kue yang baru saja keluar oven jadi hancur tertimpa loyang yang sedang dibuat mainan. Duh, Nadhifaku sayaaang...

Resep yang saya pakai tetap diambil dari blog yang saya link diatas, ternyata tidak jauh berbeda dengan resep NCC yang biasa saya pakai, hanya berbeda 10 gram di takaran tepung dan ada tambahan corn flour (maizena) dan tidak menggunakan susu bubuk. Saya ikuti resepnya tetapi corn flour (maizena) saya ganti dengan tepung custard. Hasilnya, melt-in-the-mouth pastry! Lembut banget. Selesai dibuat, hangat-hangat langsung habis setengahnya bertiga dengan Abi dan Nadhifa, hihihihiii...

Resep asli bisa dilihat disini.

Pineapple Rolls

Bahan:
250 gram butter (saya pakai butter+margarin)
50 gram gula halus
2 kuning telur
360 gram tepung terigu (saya pakai all purpose/protein sedang)
2 sdm tepung maizena (saya pakai tepung custard)

Selai nanas, bentuk bulat memanjang

Kuning telur, kocok lepas untuk olesan (bisa dicampur dengan 1 sdm susu cair)

Cara membuat:
1. Campur dan ayak terigu dan maizena (saya pakai tepung custard)
2. Kocok buter dan gula halus hingga lembut. Masukkan kuning telur satu persatu, kocok rata.
3. Masukkan campuran terigu. Aduk hingga tercampur rata dan bisa dipulung.
4. Masukkan secukupnya ke dalam press mould, tekan hingga adonan keluar sepanjang kurang lebih 5 cm. Letakkan selai nanas pada satu sisinya, gulung dan potong bagian berlebihnya.
5. Tata dalam loyang, olesi dengan kuning telur. Panggang dengan suhu 150'C hingga kuning kecoklatan.

Note: Klo susah mencari press mould-nya, bisa bikin pineapple rolls ini pakai rolling pin yang bermotif garis-garis (biasanya berbahan plastik). Tipiskan adonan dengan rolling pin polos, kemudian bentuk pola bergaris dengan menggunakan rolling pin bermotif. Balikkan pada kertas roti sehingga bagian yang bermotif berada di bawah. Potong-potong sesuai kebutuhan (misal 2x5 cm), letakkan selai nanas dan gulung. Beres! ^_^

3 comments:

bunbun said...

Assalamu'alaikum mbak Ricke...

hehehe, toples-toples kuenya mbak Ricke akhirnya terisi(lihat dari FB).. semangat menyambut lebaran. :)

mau nanya, kalo tepung custard itu apa ya?

makasih sebelumnya..

Ricke Indriani said...

Tepung custard itu tepung buat bikin vla instant Mba. Ada di jual di toko bahan kue.

Unknown said...

Hi, mbak Ricke.. Mau tanya selai nanas bisa langsung dipake yah? Jadi gak usah di masak dulu yah? Terima kasih sebelumnya... Salam kenal :-)

Post a Comment