Thursday, October 21, 2010

PUDDING MANGGA



Ini pudding mangga yang aku buat hari Senin kemarin. Lumayan seger buat buka puasa. Lagi musim mangga kayaknya, banyak yang jual mangga dimana-mana, selain musim durian juga dan disusul oleh musim dukuh. Halah! Banyak amat musimnya :D

Pilih mangga harum manis yang sudah benar-benar matang dan manis rasanya. Biar makannya ga sambil merem melek karena keaseman, heheheee... Resep cuma ditakar pakai kira-kira aja, asal cemplung karena bikinnya juga in hurry, sebelum si tuan putri kecil bangun dan bilang "Menyammm Buuaaaa..." :D

Pudding ini jenis pudding yang lembut dan creamy, gak renyah kayak puding agar-agar biasa. Tapi tetap bisa dicetak kemudian dikeluarkan dari cetakan. Basahi dahulu cetakan dengan air matang, agar pudding mudah dilepaskan. Sajikan dengan pelengkap sirup mangga dan fruit cocktail kalengan.

Bahan:
1 bungkus agar-agar bubuk warna putih
500 gram daging mangga harum manis, potong kecil-kecil (kebetulan punya 3 biji mangga pas ditimbang dagingnya skitar 500 gram)
500 ml susu cair (bisa juga menggunakan SKM yang dicampur air)
300 ml fresh cream/whippy cream cair (bisa menggunakan whippy cream bubuk yang dicampur air sesuai petunjuk pada kemasan)
150 gram gula pasir (bisa dikurangi/ditambah sesuai selera) ~ jika menggunakan SKM gulanya jangan terlalu banyak

Pelengkap:
Sirup mangga
Fruit cocktail kalengan

Cara membuat:
1. Campur gula pasir dan agar-agar bubuk. Aduk rata. Sisihkan.
1. Campur daging mangga dengan 200 ml susu cair. Blender sampai halus. Masukkan sisa susu dan fresh cream/whippy cream. Blender lagi hingga merata.
2. Tuang ke dalam panci, masukkan campuran gula pasir dan agar-agar bubuk. Masak dengan api kecil sambil diaduk konstan agar susu tidak pecah. Masak hingga mendidih pertama kali. Matikan api.
3. Tuang ke dalam cetakan atau gelas saji. Dinginkan. Bekukan. Sajikan dengan bahan pelengkap.

* Fotonya aneh banget pake gelasnya gak sama, hihihiiii... Soalnya cuma punya satu-satu sih, itupun yang gelas di depan hadiah beli ice cream, hahahaaa... :D

No comments:

Post a Comment