Tuesday, October 5, 2010

UDANG GORENG TELUR ASIN



Di freezer ternyata masih ada udang setengah kilo. Kayaknya emang aku sering punya stok udah deh, yah secara aku dan suami penggemar udang, hehehee... Makanya jangan bosen yah klo aku sering posting udang lagi, udang lagi, heuheuheuuu...
Nah kebetulan pas belanja di tukang sayur si mamang bawa telur asin, langsung deh 'trink!' kepikiran bikin udang goreng telur asin aja. Coz aku ga akan beli telur asin klo buat dimakan begitu aja, ga suka telur asin ^_^

Yang udah sering makan di resto seafood mungkin udah ga asing lagi sama masakan ini ya. Skarang di resto seafood banyak olahan seafood yg menggunakan telur asin seperti udang goreng telur asin, kepiting bumbu telur asin, dll. Bikinnya gampang kok, bumbunya simple dan ga pake lama. Resep diadaptasi dari dapurnya Cik Ine, tapi aku modifikasi sedikit. Yuk dicoba...

Bahan:
500 gram udang, kupas kulitnya, buang kepalanya dan sisakan ekornya (pilih udang ukuran sedang/besar)
2 sdt air jeruk nipis/lemon
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
6 sdm tepung maizena
3 butir kuning telur asin, haluskan
50 ml air panas
1/4 sdt kaldu bubuk
3 siung bawang putih, cincang halus
1/4 sdt gula pasir
1 batang daun bawang, iris halus
Minyak goreng
2 sdm margarin

Cara membuat:
1. Lumuri udang dengan air jeruk nipis, garam dan merica bubuk. Diamkan sekitar 15 menit. Taburkan maizena dan balut sampai rata. Goreng udang dengan minyak yang banyak hingga matang dan tepung kering. Angkat. Sisihkan.
2. Larutkan kaldu bubuk dalam air panas. Sisihkan.
3. Panaskan margarin, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan kuning telur asin, aduk rata.
4. Masukkan air kaldu dan gula pasir. Masak hingga mendidih. Masukkan daun bawang. Aduk rata sebentar. Masukkan udang goreng. Aduk cepat sampai udang terbalut rata. Matikan api. Angkat. Sajikan panas.

No comments:

Post a Comment