Saturday, November 27, 2010

CHEDDAR CHEESE CAKE (CCC)



Buat yang mau bikin cheese cake tapi di tempatnya susah mendapatkan bahan baku utamanya yaitu cream cheese, bisa mencoba resep cheddar cheese cake ini. Resepnya udah lama beredar di milis NCC berasal dari Mba Elly-Aljo's Mom.
Resep ini lebih ekonomis karena tidak pakai cream cheese dan tidak pakai whip cream, tapi memakai susu cair dan keju cheddar. Klo keju cheddar di pasar atau toko deket rumah juga ada kan? Hehheeee...

Penampakannya mirip dengan japanese cheese cake (JCC), tapi tekstur JCC lebih creamy (ya iyalah secara pakai cream cheese dan whip cream), tapi CCC ini tetap lembut kok. Dan rasa gurih kejunya juga lebih berasa karena menggunakan keju cheddar.

Bahan A:
130 gram susu cair
40 gram butter
125 gram keju cheddar, diparut halus

Bahan B (campur dan ayak):
20 gram tepung terigu protein sdang
15 gram maizena

Bahan C :
3 kuning telur
1 sdt parutan kulit jeruk lemon (biar wangiiiii...)

Bahan D :
3 putih telur
80-100 gram gula (sesuai selera manisnya)
1 sdt air jeruk lemon

Topping:
Selai atau glaze sesuai selera
(di foto ini aku pakai olesan sisa whipped cream yg aku punya dan sedikit selai strawberry yang kasar)

Proses :
1. Siapkan loyang bulat diameter 18 cm, oles alasnya dengan mentega, alasi kertas roti, oles lagi dengan mentega. (di foto ini aku pakai loyang ovel dan kelebihannya sedikit aku tuang di cup alumunium).
2. Tim bahan A sampai keju larut (klo masih ada gerindilan sedikit kecil-kecil juga ga apa-apa)
3. Masukkan bahan B selagi bahan A masih hangat (tapi jangan panas), aduk rata hingga lembut dan tidak bergerindil lagi terigunya. Pakai baloon whisker atau mixer kecepatan rendah sebentar aja.
4. Masukkan bahan C. Aduk rata. Sisihkan.
5. Kocok putih telur sampai berbusa, masukkan air jeruk lemon dan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai SOFT PEAK (jangan terlalu kaku dan kering, cukup sampai mengembang, creamy dan masih mengkilap).
6. Ambil sedikit adonan putih telur, masukkan ke campuran keju. Aduk rata. Masukkan campuran ini ke sisa putih telurnya. Aduk balik dan perlahan sampai merata.
7. Panggang dengan cara au bain marie selama 50 menit pake suhu 150-160'C atau pakai api kecil hingga matang dan permukaannya keemasan.
8. Setelah matang, biarkan di loyang hingga agak hangat dulu dan bagian pinggirnya terlihat agak menjauh dari sisi loyang. Kemudian dengan bantuan pisau tipis,seset bagian pinggirnya. Balikkan perlahan di atas serbet kering dan balikkan kembali ke piring saji. Biarkan dingin.
8. Oles atau siram atasnya dengan selai atau glaze atau bisa juga diberi potongan buah-buahan.

Notes:
- Kunci utamanya ada di pengocokan putih telur, sampai SOFT PEAK saja. Jangan sampai terlalu kaku dan kering. Ini berlaku untuk JCC juga. Klo masih bingung coba search di Google aja deh apa itu soft peak, heheee... Practices makes perfect.
- Klo putih telurnya terlalu kaku dan kering, hasil cakenya ga akan lembut tapi cenderung lebih kering, berpori besar dan teksturnya jadi mirip cake biasa. Normalnya testurnya lembut, lumer di mulut dan berpori halus. Selain itu klo putih telurnya terlalu kaku dan kering cake akan langsung amblas ketika sudah keluar dari oven. Cheesecake memang normal akan sedikit turun setelah keluar oven, tapi paling sekitar maksimal 1 cm aja.
- Panggang au bain marie --> panggang dg cara steam bake yaitu loyang adonan diletakkan di loyang lain yang lebih pendek dan berisi air panas. Tinngi air maksimal 1/3 tinggi loyang adonan. Lebih bagus pakai loyang tanpa sambungan, klo ga ada pakai loyang biasa bungkus dg alumunium foil yg tebal biar ga ada air yang merembes masuk.
- Saat membalik please handling with carefully yah. Karena teksturnya yang lembut jadi klo ga pelan-pelan dan hati-hati membaliknya nanti bisa rusak.

Siap bikin cheese cake??? :)

Btw, maaf ya di foto cakenya cuma tinggal setengah coz udah ada yang nungguin lama buat makan cakenya yaitu suamiku tercinta, heheheee...

4 comments:

Anonymous said...

Dear...Kak ricke...bagus banget ccc nya...cuman bingungnya klu pake oven listrik apa bisa dipangang cara au bain marie???

Anonymous said...

aduh...sori kak...kok jadi anonim ya...Salam kenal dulu kak...saya yulita...hehehe...masi gaptek neh..baru belajar blog gitu...hehehe...

nuri said...

Mbak Ricke..salam kenal..pertama kali akses blog Mbak, karena saya pengin coba cheddar cheese cake ini..eh 2 kali coba tapi gagal selalu, karena cakenya turun..
Apa adonannya memang cair begitu ya? tidak kental seperti adonan bolu..?

Anonymous said...

Mba .. aq lagu dalam proses pembuatan kuenya nih.. cuma bungungnya ,gimna cara keluarin dr loyang biar gk ancur ya cakenya..?

Post a Comment