Saturday, November 20, 2010

MOLEN PISANG KEJU COKLAT



Punya pisang raja yang aku beli sebelum Iedul Adha. Tadinya mau dibikin buat salah satu makanan sajian Iedul Adha. Pas beli buru-buru, ga pake milih-milih lama. Lihat yang bagus dan mulus langsung bayar ajah. Soalnya harus cepat-cepat pulang mau bikin pesanan lapsur dan klappertaart.

Pas mau dibikin, pisangnya aku cicipin satu, lha kok sepet! Teksturnya juga masih agak keras. Ya sudah, ga jadi dibikin akhirnya pisangnya aku gantung dulu biar matang. Beberapa hari kemudian alhamdulillah si pisang udah matang juga, aku cicipi udah manis rasanya. Siap diolah deh ^_^

Karena masih punya kulit puff pastry siap pakai, akhirnya aku putuskan dibikin molen pisang keju aja deh. Lumayan buat teman ngeteh sore-sore, trus besoknya masih ada sisa buat sarapan pake susu hangat. Hmmmm... Alhamdulillah enakkkk.... ^_^
Anyway aku dulu pernah bikin pake kulit pastrynya bikin sendiri. Resep yang dulu aku pakai dari buku PRIMARASA, ga pake korsvet, cuma pakai margarin dan butter. Mengerjakannya sama seperti bikin kulit puff pastry, yaitu gilas menggilas dan pat pat gulipat, kekekekekkkk... Hasilnya lebih kering dan gak se-puff klo pake puff pastry yang memakai korsvet atau butter untuk lapisannya.

Oya, klo gak ada korsvet bisa juga bikin kulit puff pastry pake butter aja sebagai pengganti korsvet, seperti resep classic puff pastry yang pernah dipakai di KBB disini.



Banyaknya bahan disesuaikan aja dengan keperluan masing-masing yaaa...

Bahan:
Kulit puff pastry siap pakai, potong-potong ukuran 10x0 cm (atau satu lembar dibagi 4 potong)
Pisang raja/kepok yang sudah matang tapi jangan yang bonyok, kukus sebentar, potong-potong memanjang bentuk stick
Keju cheddar, potong-potong memanjang bentuk stick
Coklat meisyes secukupnya

Olesan:
Kuning telur, kocok lepas
Sedikit minyak goreng
--> Campur rata jadi satu

Taburan (optional):
Keju cheddar parut

Cara membuat:
1. Siapkan loyang persegi dengan tinggi 4 cm. Olesi mentega bagian dasar dan sisinya, alasi bawahnya dengan kertas roti, oles lagi dengan mentega. Sisihkan.
2. Panaskan oven 200'C.
3. Ambil selembar kulit puff pastry, beri 2 potong pisang, 1 potong keju dan 1 sendok teh coklat meisyes. Lipat bentuk amplop (lipat sisi atas dan bawah, kemudian lipat sisi kanan dan kiri bertumpuk). Lakukan sampai habis.
4. Tata di dalam loyang, beri jarak sedikit satu sama lain karena kulit puff pastry akan mengembang. Oles permukaannya dengan bahan olesan, taburi keju cheddar parut.
5. Panggang dalam oven hingga mengembang, crispy dan permukaannya kecoklatan. Kurang lebih 30 menit, tergantung oven masing-masing yaaa... Sering diintip-intip aja udah kecoklatan dan kering belum, jangan sampe gosong, heheheee....

Selamat Mencoba ^_^

3 comments:

Fikrisu said...

nice article, very helpfull & usefull. Wah bermanfaat sekali nich resep molen pisang keju coklat nya, ijin nyoba yach. Bila anda ingin tips memilih, merawat dan memperbaiki mesin roti / bakery. klik aja di FIKRI TEKNIK salam kenal & good luck....

Kreasi Marie said...

Mari mampir ke http://www.kreasimarie.com/ atau ke http://www.facebook.com/MarieBerkreasi untuk resep kreasi lainnya :) Mampir sekarang ya..

Hime said...

Kak Ricke..bagus sekali blog ini..saya malaysian, minat sangat sama pisang molen..terjumpa resepi ini..boleh try weekend ni..thanks!^____^

Post a Comment