Monday, November 22, 2010

MUJAIR PESMOL ACAR KUNING



Mujair pesmol adalah salah satu masakan andalan almarhumah ibu mertua. Pesmolnyah maknyusss, bahkan emang jadi salah satu menu yang dijual lariz maniz. Tapi sayangnya diriku dulu gak sempat menyanyakan resepnya kepada beliau. Jadi kangennnn ibu mertuaku... T___T
Beberapa waktu yang lalu juga sempat lihat postingan pesmol mujair punya Mba Yunita. Langsung deh ngilerrrr lihatnya... Thanks Mba Yun buat inspirasinya ^_^

Sekilas mirip dengan ikan bumbu acar kuning, tapi di daerah Sunda yg membedakan si pesmol dengan ikan bumbu acar kuning yaitu klo pesmol itu gak pake acar dari wortel dan ketimun. Jadi cuma dipakein cabe rawit utuh, daun bawang yang diiris-iris sekitar 2 cm dan potongan tomat. Klo bumbu-bumbunya hampir sama dan keduanya juga pake lengkuas, daun salam, daun jeruk dan serai/sereh. Rasanya seger banget, asem-pedes-gurih.

Nah karena kemarin ini mau makan gak ada tukang sayur dan di kulkas cuma ada ikan mujair beku, satu buah wortel dan satu buah ketimun ukuran kecil jadinya bikin pesmol yg pake wortel dan ketimun, kayak ikan bumbu acar kuning! :D
Tujuannya sih memberdayakan bahan yang ada dan juga biar makannya ada sayurannya lah barang sedikit, hihihihihiiiii.... Makanya namanya aku bikin 'Mujair Pesmol Acar Kuning', heheheee...

Dannn... Mohon maaf sodara-sodara, teuteup saya bikin gak pedas karena Nadhifa juga ikutan makan plus suamiku tercinta emang sekarang lagi gak bisa makan pedas. Jadi ga pake cabe rawit dan cabe merah. Klo mau pedas tinggal ditambahin kedua bahan tersebut aja ^_^
Klo gak ada mujair, bisa pake ikan lain seperti gurame, tilapia, bawal, ikan mas, dll. Asal jangan ikan arwana aja, sayang mendingan buat ikan hias di akuarium, kekekekekkk... :D

Bahan:
4 ekor ikan mujair ukuran sedang, buang sisiknya, cuci bersih dan kerat-kerat
1 sdm air jeruk nipis/lemon
Garam dan merica secukupnya
1 buah wortel, iris korek api *)
1 buah timun, buang bijinya dan iris korek api *)

Bumbu halus:
10 siung bawang putih
5 buah bawang merah
5 butir kemiri, bakar
5 cm kunyit, bakar
1 cm jahe

Bumbu pelengkap:
6 buah bawang merah, kupas dan belah dua
1 batang sereh, memarkan (bisa juga diiris tipis)
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk, sobek-sobek
1 ruas lengkuas (kira-kira 3-4 cm)
1 batang daun bawang, potong-potong 2 cm
10 buah cabe rawit utuh (aku kemarin gak pake)
1 buah cabe merah besar, iris-iris
1 buah tomat, potong-potong kotak
2 gelas air (klo suka yang kering pakai 1 gelas aja, aku lebih suka yang kuahnya agak banyak, lebih segerrr...)
2 sdm air jeruk nipis (tergantung rasa asam yang diinginkan yaaa... bisa ditambah/dikurangi sesuai selera)
Garam, gula pasir, merica bubuk dan kaldu bubuk secukupnya (sesuaikan dengan selera masing-masing aja, klo masukin bahan-bahan ini aku selalu pakai feeling aja)

Cara membuat:
1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, garam dan merica bubuk. Diamkan minimal 15 menit. Goreng ikan sampai matang (aku lebih suka digoreng agak kering). Angkat. Sisihkan.
2. Tumis bumbu halus, bawang merah yang dibelah, daun salam, daun jeruk, sereh, dan lengkuas sampai harum. Masukkan wortel dan timun. Aduk rata. Masukkan cabe rawit utuh, cabe merah iris dan tomat. Aduk rata sebentar. Tuang air dan masukkan air jeruk nipis. Beri garam, merica bubuk dan gula pasir secukupnya. Didihkan.
3. Masukkan ikan goreng, masak dengan api kecil hingga bumbu meresap. Angkat dan sajikan.

Selamat mencoba ya... ^_^

1 comment:

Yudie said...

betul-betul jadi laperrrr..!

izin follow ya.. :)

Post a Comment