Saturday, November 27, 2010

SUP BENING JAMUR TAHU



Salah satu menu makanku hari ini. Tadinya rencana mau bikin pepes jamur tiram. Udah lengkap bahan-bahannya dibeli di tukang sayur. Pas udah mau masak, lha kok daun pisangnya lupa gak dibeli padahal tadi ada dan udah aku egang-pegang tu si daun pisang. Ga jadi deh bikin pesjamnyah!

Karena cuaca lagi mendung terus sepanjang hari, gerimis mengundang pula. Enak bikin yang berkuah disantap hangat-hangat. Ya udah aku bikin sup bening jamur aja deh. Simple dan cepat bikinnya. Lagi ga mau lama-lama nguprek di dapur karena mendadak badan jadi agak meriang *_*

Alhamdulillah Nadhifa juga lahap banget makannya pake sup jamur ini. Lauknya malah lagi gak mau. Tapi sup jamurnya sampe habis semangkok kecil punya dia, nambah dikit malah, heheee...

Bahan:
200 gram jamur tiram, iris memanjang tipis-tipis, cuci bersih, tiriskan (tadi sebenernya gak tau berapa beratnya, pokoknya sekantong beli di tukang sayur, hehehee...)
1 buah tahu putih besar, potong-potong bentuk dadu, goreng sebentar cukup hingga agak berkulit, tiriskan
1 batang daun bawang, potong-potong sepanjang 2 cm
2 batang daun seledri, petiki daunnya
4-5 siung bawang putih, iris tipis
Garam, gula pasir, merica bubuk, kaldu bubuk (optional) secukupnya
5 gelas air (bisa ditambah atau dikurangi sesuai jumlah kuah yang diinginkan)
1 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
1. Didihkan air dalam panci.
2. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan tumisan ini ke dalam air yang sedang mendidih.
3. Masukkan jamur. Masak hingga jamur layu. Masukkan tahu. Tambahkan garam, gula pasir, merica bubuk dan kaldu bubuk. Aduk rata. Cicipi. Didihkan lagi sebentar.
4. Menjelang diangkat, masukkan daun bawang dan seledri. Masak sebentar. Matikan api. Angkat dan sajikan.

Note:
- Pastikan membeli jamur tiram yang masih segar. Warnanya putih bersih, helaiannya masih segar tidak layu, baunya khas jamur tiram dan tidak berbau asam atau menyengat.
- Klo mau agak pedas bisa ditambahkan irisan cabe merah atau cabe ijo dan mericanya agak dibanyakin. Klo di rumahku memang sengaja gak dibuat pedas biar semua bisa makan :)

1 comment:

annisa sumantri said...

Alhamdulillah lagi browsing menu aku nemu blog ini, blog'a bermanfaat banget apalagi aku termasuk pemula didunia masak hehe maklum aku masih kuliah dan emang dari dulu seneng bantu mama masak. semoga kedepannya blog ini terus bermanfaat ya mbak :) AMIN

Post a Comment