Friday, December 3, 2010

APPLE PIE



Ceritanya lupa alias pikun punya apel granny smith yang entah dari kapan itu 'teronggok' di kulkas. Sampe udah lupa belinya kapan (ampunnn deh!). Ternyata masih bagus, ga ada bagian yg jelek sama sekali. Ya udah, ngumpulin semangat buat baking deh, bikin apple pie. Padahal hari ini tadinya mau bermalas-malasan, karena besok sampe Minggu ngerjain pesanan.

Resepnya adaptasi dari my favourite site, Joy of Baking. Tapi sudah kumodifikasi sana sini sesuai selera dan bahan yang ada tentunya. Soalnya apelnya cuma punya 3 biji.
Resep crustnya gak pakai telur, so hasilnya renyah banget, tapi tetep lembut di lidah.
Tadinya atasnya mau dibikin lattice alias anyaman, tapi pas lihat foto Blueberry Pie (masih tetep punya Joy of Baking) yang atasnya ditutup sama adonan crust yg dibentuk bintang-bintang gitu yo wiss bikin juga kayak gitu tapi pake bentuk bunga aja. Dibentuknya pake cookies cutter.
Di resep asli juga apelnya ga dimasak dulu, tapi air apelnya yang dimasak (air yang dihasilkan dari apel yang ditiriskan). Klo aku apelnya langsung aja dipanasin bersama bahan lain sampe mengental dan apel agak lunak.



Apple Pie
(Source: Joy of Baking, Modified by Ricke)

Bahan crust:
250 gram terigu all pupose (segitiga biru)
2 sdm gula bubuk
175 gram margarin/butter, bekukan dan potong-potong dadu
1/2 sdt garam
5 sdm air es (airnya dingin banget yah), tambahkan sesendok demi sesendok yaaaa....

Bahan filling:
3 buah apel granny smith/apel malang/apel apa aja yg ada deh, hehehee...
1 sdt air jeruk lemon
50-75 gula pasir halus (tergantung selera manisnya)
1-2 sdm gula aren bubuk (bisa pake gula merah yg disisir halus)
1/2 sdt kayu manis bubuk (bisa ditambah sesuai selera)
1/4 sdt pala bubuk (aku gak pake)
Sejumput garam (1/8 sdt)
1 sdm maizena/terigu
25 gram margarin/butter, bekukan dan potong-potong dadu kecil

Olesan:
1 kuning telur, kocok lepas

Cara membuat:
Crust:
1. Campur terigu, gula bubuk dan garam. Aduk rata. Masukkan margarin/butter beku, proses dengan menggunakan pisau pastry (atau dua buah pisau biasa) hingga adonan berbutir-butir. Masukkan air es sesendok demi sesendok sambil diuleni dengan sendok kayu hingga kalis. Hentikan penambahan air jika adonan dirasa sudah cukup kalis, atau tambahkan jika dirasa masih kering.
2. Bagi 2 adonan. Bungkus masing-masing dengan plastik wrap (atau plastik biasa juga bisa). Istirahatkan dalam lemari es selama kurang lebih 1 jam.

Filling:
1. Kupas apel dan iris tipis. Campur dengan air jeruk lemon. Aduk rata. Masukkan gula pasir halus, gula aren bubuk, kayu manis bubuk, dan garam. Aduk rata. Simpan dalam lemari es minimal 30 menit hingga apel berair (keluar juicenya).
2. Keluarkan dari lemari es. Taburi maizena dan aduk rata. Panaskan apel bersama juicenya di atas api hingga mengental dan apel agak lunak. Angkat. Sisihkan.

Penyelesaian:
1. Ambil 1 bagian adonan, gilas tipis setebal kira-kira 1/2 cm. Letakkan dalam loyang pie diameter 18 cm yang telah dioles margarin. Ratakan dan cetak sesuai bentuk loyang.
2. Masukkan dan tata 1/2 bagian filling apel di atas adonan, kemudian tata potongan margarin/butter beku menyebar. Masukkan lagi 1/2 bagian sisa filling. Ratakan.
3. Gilas sisa adonan crust. Gunakan sebagai penutup di bagian atas, bisa dengan:
- Dipotong memanjang untuk membentuk lattice (anyaman)
- Langsung diletakkan selembar di atas loyang dan bentuk lingkaran sesuai loyang, kemudian tekan-tekan pinggirannya agar merekat dan buat sayatan (lubang) di beberapa tempat untuk tempat keluarnya uap panas.
- Dibentuk dengan cookies cutter (seperti yang aku lakukan) kemudian tata di atas loyang.
4. Oles dengan kuning telur dan panggang dengan suhu 180'C selama 45 menit hingga matang kecoklatan dan juice apelnya terlihat mendidih. Angkat.
5. Biarkan dalam loyang hingga agak dingin. Baru keluarkan dari loyang dan dipotong-potong.

Notes:
- Jangan mengaduk adonan dengan tangan langsung. Panas dari tangan akan membuat hasil pienya menjadi keras.
- Adonan diistirahatkan dalam lemari es bertujuan untuk melunakkan gluten dalam terigu dan mendinginkan margarin/butter dalam adonan. Jadi hasil pienya renyah dan tidak keras.
- Letakkan loyang pie di atas loyang tipis (loyang kuker) baru dimasukkan ke dalam oven. Untuk menjaga aja klo ada juice apelnya yang keluar saat dipanggang.

Yang mau nyobain resepnya monggo... Semoga suka deh yaaa... ^_^

2 comments:

Puw said...

bunda, salam kenal...

bunda aku ijin nyontek resep fillingnya ya ^_^

aku post disini
http://kitchenpleasure.blogspot.com/2011/11/apple-pie-versi-kedua.html,

makasi banyak ya bunda, akhirnya filling aku pas rasanya...

ati adam said...

mbak, aku ati...resepnya udah dicoba..dan enak banget, sekarang aku ijin share resepnya di blog ku (atiadam.blogspot.com) ya...thanks

Post a Comment