Friday, December 10, 2010

GURAME GORENG ASEM MANIS



Ini menu makan kami sekeluarga kemarin. Kebetulan tukang sayur lagi bawa ikan gurame 2 ekor walaupun ukurannya gak begitu besar.

Suamiku suka banget sama yang namanya gurame goreng asem manis. Dulu waktu masih suka wiskul alias wisata kuliner klo ke resto seafood suka pesan gurame asem manis ini, tapi ya gak sering-sering soalnya harganya bikin kantong jeboooolllll, hehehheeee...

Biasanya klo guramenya ukuran besar, dagingnya aku fillet trus dibalut tepung maizena dan digoreng, sisa badannya yang masih utuh juga dibalut tepung maizena dan digoreng sampe garing. Daging fillet yang sudah digoreng kemudian diletakkan kembali di atas badan ikan. Tapi berhubung kemarin guramenya berukuran kecil jadi ga difillet lagi, langsung digoreng utuh aja.

Paling suka klo saus asem manisnya pake potongan nanas, lebih segar dan harum! Seneng banget lihat suamiku makannya lahap banget. Nadhifa juga suka lhooo... ^_^

Gurame Goreng Asem Manis
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
2 ekor ikan gurame ukuran sedang
1 buah jeruk nipis, peras airnya
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
4 sdm tepung maizena
Minyak yang banyak untuk menggoreng

Bumbu halus:
3 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 sdt ketumbar
1 cm lengkuas

Saus asem manis:
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah bawang bombay, iris memanjang
1 cm jahe, iris korek api
1 buah wortel, iris korek api
Nanas secukupnya, buang bagian bonggol tengahnya, potong-potong
2 batang daun bawang, iris panjang 2 cm
8 sdm saus tomat
200 ml (1 gelas) air
2 sdm gula pasir
Garam, merica bubuk dan kaldu bubuk secukupnya
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
1. Bersihkan ikan gurame, kerat-kerat badannya, lumuri dengan air jeruk nipis. Beri garam dan merica bubuk. Lumuri dengan bumbu halus sampai rata. Diamkan dalam kulkas sekitar 15-30 menit agar bumbu meresap.
2. Taburi seluruh badan ikan dengan 2 sdm maizena, balik dan taburi lagi sisi yang satunya dengan 2 sdm maizena. Goreng dalam minyak panas hingga matang dan kering. Tingkat kekeringan sesuai selera aja yah. Angkat. Tiriskan. Sisihkan.
3. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bawang putih, bawang bombay dan jahe hingga harum. Masukkan wortel. Tumis hingga agak layu. Masukkan saus tomat. Aduk rata. Tambahkan air. Aduk rata. Masukkan nanas dan daun bawang. Didihkan sebentar. Masukkan gula pasir, garam, merica bubuk dan kaldu bubuk. Aduk rata. Masukkan larutan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga mengental. Klo sudah dirasa cukup kekentalannya hentikan penambahan larutan maizenanya. Angkat.
4. Taruh ikan di piring saji. Siram atasnya dengan saus asem manis. Sajikan hangat.

Selamat mencoba ^_^

1 comment:

Hanna Tsabit said...

udah lama pengen nyoba resep ini. sekalian izin copy buat blog aku ya mbak... makasih... ^_^

Post a Comment