Sunday, December 19, 2010

SAY IT WITH CHIFFON!



CHOCOLATE CHIFFON CAKE FOR MAMA SOFIE

Salah satu pesanan yang aku kerjakan kemarin malam. Orderan tetanggaku, Mama Sofie. Order chiffon cake coklat dan brownies kukus coklat topping keju coklat loyang bulat (postingan menyusul belum sempat edit foto yang amburadul banget pencahayaannya karena foto dalam ruangan malam hari pula tanpa tambahan lighting, hikkkzzzz...).

Chiffon cake-nya diambil siang, untuk suguhan ayahanda tercinta yang datang dari kampung dan suka dengan bolu coklat yang lembut. Sedangkan brownies kukusnya diambil malamnya untuk oleh-oleh saudaranya yang berkunjung ke Serang.

Kali ini aku bikin menggunakan resep chiffon cake coklat Yasaboga. Udah lamaaa banget rasanya gak bikin chiffon cake, karena sejak pindah ke Serang setahun yang lalu baru sekali bikin chiffon cake waktu lagi hamil Nadhifa, heheee...
ALhamdulillah gak ada masalah. Klo dulu aku bikin pakai resep Primarasa yang menggunakan 10 telur (pakai loyang ukuran diameter 25 cm), sekarang loyang itu sudah tiada karena sudah penyok sana sini akibat sering dipake, hiihihiii... Loyang yang aku punya skarang diameter 22 cm, ya sudah bikin pakai resep Yasaboga yang menggunakan 7 telur. Sukses!
Aku pakai taburan kenari cincang dan crispy chocolate balls, dan finishing touch dengan taburan gula halus.

Ini dia resepnya...



Chocolate Chiffon Cake
(by Yasaboga, modified by Ricke)

Bahan:
Bahan A:
7 putih telor
200 gram gula pasir
1/4 sd garam
1 sdt air jeruk lemon/nipis
(garam dan air jeruk lemon/nipis fungsinya untuk menggantikan cream of tar tar, untuk menstabilkan kocokan putih telur)

Bahan B:
7 kuning telor
150 gram terigu ayak bersama 50 gram coklat bubuk
125 ml susu cair
100 ml minyak sayur
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue

Taburan (optional): Sesuai selera. Aku pakai kenari cincang dan crispy chocolate balls.

Cara membuat:
1. Panaskan oven 160'C (aku 150'C). Siapkan loyang chiffon cake loose base (alas bisa dilepas), loyang tidak perlu dioles apa-apa.
2. Bahan A: Kocok putih telur, garam dan air jeruk lemon/nipis sampai berbusa (setengah mengembang). Masukkan gula pasir bertahap sedikit demi sedikit sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah (speed 1). Kocok hingga SOFT PEAK, yaitu kocokan telur sudah mengembang tapi masih creamy dan lembut serta membentuk puncak tumpul ketika mixer diangkat. Sisihkan.
3. Bahan B: Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, baking powder dan soda kue tempatkan dalam baskom. Buat lubang di tengahnya, kemudian masukkan kuning telur, susu cair dan minyak goreng dalam lubang. Aduk dengan hand whisker searah jarum jam hingga tercampur rata dan adonan lembut, mulus dan tidak bergerindil.
4. Masukkan 1/3 bagian kocokan putih telur ke dalam adonan terigu. Aduk perlahan hingga rata. Masukkan lagi 1/3 bagian, lakukan hingga habis. Aduk hingga adonan menyatu dengan rata. Lakukan dengan seksama tapi jangan sampai terlalu lama diaduk ya!
5. Tuang ke dalam loyang chiffon, beri taburan jika suka. Panggang dalam oven hingga matang sekitar 60 menit. Jangan berpatokan pada waktu dalam resep, sesuaikan dengan oven masing-masing. Dalam resep aslinya panggang dg suhu 160'C selama 55 menit, kemudian naikkan suhu menjadi 180'C dan teruskan memanggang 10 menit lagi. Lakukan test tusuk dan test sentuh permukaan.
6. Keluarkan dari oven, segera balikkan loyang dan sangga bagian lubangnya di leher botol atau disangga dengan kaki-kaki loyangnya. Biarkan hingga benar-benar dingin. Keluarkan dari loyang dengan bantuan pisau tipis.

Selamat mencoba, klo gagal berarti Anda belum beruntung, xixixixixiiiii... Becanda! Klo gagal ya harus semangat dicoba lagi yaaa... ^_^

No comments:

Post a Comment