Saturday, December 25, 2010

ZUPPA SOUP



Long weekend ini kami gak kemana-mana. Just enjoying our times together aja. Makan ga makan asal kumpul, halah! kok ya ga nyambung??? Kekekekekkkk...
Sebenernya hari ini lagi males banget masak. Badan masih berasa 'remuk' karena beberapa malam sebelumnya begadang terus ngerjain pesanan yang pada diambil nyubuh. Hasilnya banyak yg 'bablas' gak terdokumentasikan, hiiikkkkzzzz.... Tapi gak apa-apa deh yang penting duit kumpul, xiixixixiixixiiii... :D

Setelah sarapan eh tiba-tiba suami punya ide (baca: minta) bikin zuppa soup. Kebetulan di freezer masih ada sisa kulit puff pastry siap pakai. Tapi bahan buat soup-nya gak ada, kulkasnya 'sekarat', hihihihiiii... Ya sudah sekalian suamiku mu beli pot bunga untuk tanamannya, sekalian juga belanja bahan-bahannya dan ngajak Nadhifa main.

Alhamdulillah, akhirnya jadi juga hari ini kami menikmati zuppa soup yang uenaaakkkkk... Cream soup-nya hasil cemplung-cemplung aja, biasa pake ilmu kira-kira, heheheee... Klo masak emang suka begitu, beda sama baking yang mesti ada takaran akuratnya, hihihihiiii...

Cream soup-nya teuteup donk pake susu. Tapi cuma pake setengah kaleng susu evaporated (skitar 125 ml), biar gak terlalu susu banget. Tadinya malah mau bikin gak pake susu aja, kayak cream soup yang ada di resto Pizza ternama itu lhooo... Soupnya cuma kental tapi cenderung bening, perkiraanku ya pasti gak pake susu. Tapi karena suamiku request bikin yang 'creamy' jadi ya pake susu deh! ^_^

Senangnyaaaa... Nadhifa doyan bangettttt, sampe nambah dan nagih terussss, heheheee... Dia emang suka sama cream soup. Ahhhh... Itulah kepuasan memasak untuk keluarga!



Zuppa Soup
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
Kulit puff pastry siap pakai, potong-potong sesuai ukuran mangkuk yang dipakai

250 gram fillet ayam, potong dadu kecil-kecil
5 buah sosis ayam, potong dadu kecil-kecil
100 gram jamur kancing kalengan, iris tipis (aku pake 1/2 kaleng dengan kemasan berat bersih skitar 200 gram)
2 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
1 liter air
125 ml susu evaporated
1 1/2 sdt garam
1 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
3 sdm margarin
5 sdm terigu

Kuning telur, kocok lepas untuk bahan olesan
Oregano kering bubuk untuk taburan (optional, aku iseng aja ditaburin, heheheee...)

Cara membuat:
1. Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu. Kecilkan api. Masukkan terigu, aduk rata hingga terigu bercamur dengan tumisan. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga air habis.
2. Masukkan ayam, masak hingga mendidih dan mengental dengan api sedang. Masukkan jamur dan sosis. Beri garam, kaldu ayam bubuk, merica bubuk dan gula pasir. Masak sebentar hingga jamur dan sosis matang.
3.Masukkan susu evaporated. Masak sambil diaduk-aduk agar susu tidak pecah hingga mendidih pertama kali. Matikan api. Cicipi dan sesuaikan dengan selera.
4. Panaskan oven 200'C. Siapkan mangkuk keramik tahan panas, tuang sup ke dalam mangkuk (jangan terlalu penuh). Tutup dengan kulit puff pastry. Oles kuning telur, taburi oregano. Panggang dalam oven hingga puff pastry mengembang, kecoklatan dan renyah. Angkat. Sajikan.

Tips:
- Untuk variasi, bisa juga ditambahkan jagung manis pipil dan wortel yang dipotong dadu kecil-kecil.
- Jangan mengisi mangkuk terlalu penuh karena ketika dipanggang sup akan mendidih. Klo terlalu penuh nanti meluap keluar atau menyebabkan kulit pastry basah.
- Jika menginginkan zuppa puff pastry yang menggelembung tinggi (high dome), masukkan sup ke dalam mangkuk dalam keadaan panas/hangat. Ketika sup dipanngang akan cepat menghasilkan uap panas dan menekan kulit puff pastry sebelum sempat mengembang berlapis-lapis, hingga menghasilkan zuppa yang menggelembung membulat ke atas.
- Jika menginginkan zuppa yang mengembang berlapis-lapis dan tebal, masukkan sup ke dalam mangkuk dalam keadaan dingin. Saat dioven, kulit puff pastry akan mempunyai cukup waktu untuk mengembang lapisan-lapisannya sebelum sup mendidih.

Terserah deh mau yang mana, yang penting enyaaaakkkk.... Heheheee...

Selamat mencoba ^_^

6 comments:

pinastika said...

sluurrp-nelen ludah
masakan bunda selalu sukses bikin mupeng
sayangnya belum ada yg bisa d praktekin :(
*balada anak kosan
trs berkarya ya bunda :)

Anonymous said...

mbak ricke...
makasih ya beberapa resep dikau sudah menginspirasi daku.
boleh tanya kan, pastry di zuppa itu kudu dilem gak sih?
tiga kali kali buat sukses mumbul, tapi sudah 2 kali terakhir bikin kok, adonan pastry-nya sewaktu dipanggang melorot n jatuh ke mangkuk. padahal sudah patuh dengan resep dan tips yang mbak ricke kasih [isi sup 1/2 mangkok saja, kalo mau mumbul sup kudu hangat, dst]
apa karena aku pake 2 merek puff pastry yang berbeda ya.
mohon pencerahan ya.

efa willy said...

bund evaporated itu susu apa ya :(

Unknown said...

Mba ricke tadi siang aku buat zuppa soup eh tapi si puff pastry ga menggembung ke atas. Sedih deh. Itu kenapa ya mba

Ricke Indriani said...

@faizah Mustafa: Harus dipanggang dengan suhu tinggi, 200'C atau lebih agar puff pastry langsung mengembang.
Tips lain sudah saya tulis di atas ya. semoga sukses. Sedihnya jangan lama2, coba lagi :)

@Efa Willy: Susu evaporasi Mba. Bentuknya cair, di kemasan kaleng seperti susu kental manis tapi dia gak kental, ada di supermarket atau toko bahan kue.

Unknown said...

Mba, kalau bikin soup nya aja tanpa pakai puff pastry nya bisa gak? Di tempatku gak ada yg jual puff pastry jadi.... Hiks.... Bikinnya aku juga gak bisa.... Puff nya liat foto mba Hesti aja hihihi.....

Post a Comment