Saturday, May 29, 2010

CHEESY CREAMY BLUEBERRY CAKE



Rasa kejunya 'nendang' banget, teksturnya lembut membelai lidah, dipadukan dengan rasa segar blueberry paleta. All I can say is "Yummy!!!" ^_^

Resep asli didapat dari resep 'Cheesy Creamy Love Me' by Mba Rachmah Setyawati. Hanya aku ga menggunakan ganache coklat, tapi dipoles whipped cream, tabur keju parut dan pinggirannya diberi almond slice panggang. Ngeju abisss!

Yg mau resepnya ini dia...



CHEESY CREAMY BLUEBERRY CAKE


Ingredients:
150 gr Butter
125 gr Cheese Cream, biarkan suhu ruang
3 kuning telur

1/4sdt Essence vanila

65 gr Tepung Terigu
15 gr Susu Bubuk

3 putih telur
65 gr Gula Pasir

Blueberry paleta, keju chedar parut 100 gram, whipeed cream, almond slice panggang.



Cara membuat :
1. Siapkan loyang, alasi kertas roti dan poles mentega merata.
2. Kocok mentega dan krim keju, hingga lembut.
3. Masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok dengan mixer hingga creamy/lembut. Beri essence vanila. Kocok rata.
4. Ayak tepung terigu dan susu bubuk, masukkan ke dalam adonan butter/mentega , aduk rata.
5. Kocok putih telur dan gula pasir hingga kaku/soft peak.
6. Ambil sebagian adonan meringue/putih telur, masukkan ke dalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan sisa adonan putih telur bertahap , dan diaduk rata.
7. Tuang adonan ke dalam loyang, oven hingga matang.

Finishing:
Setelah cake dingin, belah dua bagian cake, oles selembar cake dengan blueberry paleta dan tutup lagi dengan selembar cake. Poles seluruh permukaan dengan whipped cream. Tabur atasnya dg keju parut dan hias pinggiran cake dg almond slice panggang.



Enjoy! ^_^

BROWNIES KUKUS COKLAT HITAM MANIS



Saya sebut hitam manis karena warnanya yg kehitaman tapi tetap dg rasa manis khas brownies :)
Saya menggunakan coklat bubuk yg dark (tapi bukan dark africain), sehingga warna browniesnya jadi lebih pekat. Resepnya masih menggunakan resep browkus andalan saya, ala Ny.Liem.

Lapisan di tengahnya saya memakai taburan coklat meisyes warna warni karena memang saat membuat cake ini yg ada stoknya di rumah cuma itu, hehee... Biasanya pakai coklat meisyes original atau DCC serut.


(Fresh from the oven!)


(Hitam manis, hitam manis, yang hitam manis, hehehee...)

Saya suka sekali dg sensasi rasanya yg 'nyoklat banget'. Manis manis pahit khas coklat dan teksturnya empuk. Do u wanna try? ^_^

BENENG PROJECT (again)

Ini masih tentang si talas beneng (besar koneng), talas raksasa dari Pandeglang yg sekarang sedang diangkat profilnya. Juga sedang dikembangkan pengolahannya sebagai alternatif bahan pangan lokal pengganti nasi/beras terutama di wilayah Pandeglang.

Pekerjaan suami, diriku sebagai istri hanya mensupport dengan membuatkan salah satu produk olahan pangan yg menggunakan umbi talas beneng. Kali ini suami hanya minta dibuatkan 2 macam cake saja, yo wess kerjakan!

Jadinya, cake talas keju




Dan juga, prol talas beneng




Ok, smoga talas beneng nantinya bisa lebih dikenal luas di masyarakat terutama di Banten dan bisa menjadi bahan pangan lokal yang berkualitas. Hidup beneg! ;)

BLACK FOREST POTONG TABUR CHERRY



Lagi pengen bikin cake coklat di rumah. Resepnya sudah sering aku pakai, sama seperti pembuatan cake keju, hanya ditambah cokla bubuk dan pasta black forest saja.
Kenapa tabur cherry? Soalnya lagi males bikin dekor yg bagus, buat dimakan sendiri ini, yg penting rasanya yummy... Coklat serutnya yg banyak yah! ^_~



Jadilh sore itu aku ngeteh dengan ditemani 2 potong black forest ini :)

Friday, May 28, 2010

MIE REBUS JAMUR BUMBU KARI



Ini menu sarapan pagi yg waktu itu aku buat (sudah lupa kapan soalnya emang telaaaaaaaaattttt banget postingnya!). Mie rebus biasa, bisa menggunakan mie instant tapi aku menggunakan mie telur. Aku ini penggemar jamur, apalagi yg namanya jamur merang, jangan tanya deh! Kalo ke pasar atau supermarket begitu lihat ada jamur merang pasti langsung beli! Trus dah gitu smua masakan di rumah dikasih jamur deh, hahahahaaa... :D
Resep ini memakai bumbu kari yg menambah kelezatan dan aromanya yg harum khas kari dijamin akan membuat Anda akan berjanji dalam hati untuk memasaknya lagi, halah lebay!!! Jangan kebanyakan makan mie juga ahhh... :D

Bahan:
Untuk 1 porsi
- Mie telur 100 gram (atau menurut kebutuhan perut aja, hihihiii...), rebus sampai matang dan tiriskan
- 50 gram jamur merang (atau menurut selera), potong-potong. Aku kebetulan beli yg kemasan ukurannya kecil jadi ga dipotong lagi)
- 200-300 ml air
- 1 siung bawang putih
- 1 butir kemiri
- 1/2 sdt garam
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1/4 sdt kaldu bubuk
- 1 sdt bumbu kari bubuk siap pakai
- Sawi hijau/pokcoy, potong-potong
- Daun bawang, iris tipis
- Daun seledri iris halus
- Bawang goreng

Cara membuat:
1. Haluskan bawang putih dan kemiri. Tumis sampai harum, masukkan jamur aduk sampai layu. Masukkan air, masak sampai mendidih. Masukkan mie, garam, merica bubuk, kaldu bubuk dan bumbu kari. Aduk rata. Masukkan sayuran sawi hijau/pokcoy. Masak sebentar saja jangan sampai terlalu layu sayurannya dan mie menjadi terlalu lunak. Angkat.
2. Tuang ke dalam mangku dan beri irisan daun bawang, seledri dan bawang goreng. Sajikan.

Thursday, May 13, 2010

CAKE VANILLA TABUR KISMIS





Lagi gak ada ide mau buat cemilan apa, jadinya begini deh. Bikin cake vanilla aja, trus ditabur kismis. Resepnya sama dengan cake pandan tabur keju yang aku posting di bawah, cuma pastanya diganti essence vanilla dan diberi taburan kismis setelah adonan masuk loyang ^_^

CAKE PANDAN TABUR KEJU



Cake beraroma dan bercitarasa pandan memang gak pernah membosankan :)
Kali ini bikin cake pandan tabur keju. Dioles whipped cream yang lembut dan enakkk... Hmmm sepotong pasti mau lagi dan lagi! ^_^
Teman ngeteh sore-sore, cocok banget!



Bahan:
- 4 kuning telur
- 30 gram gula pasir halus
- 1 sdt emulsifier (aku pakai SP)
- 1 sdm susu cair
- 4 putih telur
- ¼ sdt garam
- 50 gram gula pasir halus
- 60 gram tepung terigu protein rendah
- 15 gram maizena
- ½ sdt baking powder
- 1 sdt pasta pandan/air daun suji bila ada
- 50 gram margarin, lelehkan dan dinginkan (aku pakai butter)
- 100 gram keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat:
- Kocok kuning telur, 30 gram gula pasir halus dan emulsifier sampai kental dan pucat. Masukkan susu cair dan pasta pandan. Kocok rata. Sisihkan.
- Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang. Masukkan 50 gram gula pasir halus sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai mengembang dan soft peak.
- Masukkan kocokan kuning telur ke dalam kocokan putih telur sambil dikocok perlahan sampai rata.
- Masukkan sedikit demi sedikit campuran tepung terigu, maizena dan baking powder sambil diayak dan diaduk perlahan sampai rata.
- Masukkan margarin leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan dan merata.
- Tuang ke dalam loyang yg dialas kertas roti.
- Panggang dalam oven sampai matang sekitar 30 menit atau sampai matang.

PENGOCOKAN PUTIH TELUR SOFT PEAK



Sering kali dalam resep membuat cake kita diminta mengocok putih telur sampai mengembang dan soft peak. Misalnya dalam pembuatan chiffon cake, bolu hongkong, dll (putih telur dikocok terpisah dengan kuning telur).

Nah, kapan pengocokan dihentikan dan putih telur kita soft peak?
Ciri-cirinya adalah putih telur sudah mengembang dan bertekstur lembut seperti krim. Warnanya putih bersih dan mengkilap. Dan salah satu cara yang biasa dilakukan untuk mengetes apakah putih telurnya sudah soft peak adalah dengan cara mengangkat kepala pengocok mixer (seperti pada foto) dan adonan putih telur akan membentuk kerucut tumpul (atau biasa disebut jambul petruk), inilah yang disebut 'sof peak'. Ciri-ciri lain adalah ketika wadah tempat putih telur dimiringkan, si putih telur tidak akan bergerak atau tumpah (tetap pada posisinya).

Hal lain yang harus diperhatikan adalah putih telur dikocok sempurna, tidak ada bagian yang cair lagi. Tapi apabila masih ada juga bagian yang cair yang mengendap di bagian bawah, maka tidak usah dipakai cairannya, sendoki saja bagian atasnya.

Biasanya aku mengocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang, lalu lanjutkan pengocokan sambil memasukkan gula pasir sedikit demi sedikit secara bertahap. Lanjutkan pengocokan sampai mengembang sempurna dan soft peak. Penggunaan Cream of Tar Tar (CTT) bisa membantu pengocokan putih telur menjadi bagus dan stabil, tapi pemakaiannya masih kontroversial karena ditengarai haram (terbuat dari hasil sampingan fermentasi anggur menjadi alkohol). Dari informasi yang aku dapatkan penggunaan CTT ini bisa digantikan dengan perasan air jeruk nipis/jeruk lemon (sekitar 1 sendok teh).

Semoga bermanfaat! ^_^

NUGGET TEMPE KEJU



Siapa bilang makan tempe membosankan?
Selain jadi tempe goreng atau tempe bacem, tempe juga bisa lho diolah jadi makanan yg 'modern', misalnya menjadi nuget tempe ini. Biar lebih gurih dan bergizi tambahkan keju parut dalam adonannya. Mmmm... Bergizi, enak dan bisa jadi variasi olahan tempe yg tidak membosankan ^_^

Makanan ini bisa disantap seluruh keluarga, termasuk si kecil yg sedang masa pertumbuhan. Protein nabati dalam tempe dan kalsium dalam keju sangat baik untuk nutrisi pertumbuhan si kecil :)

Nugget Tempe Keju
by Bunda Nadhifa

Bahan:
- 200 gr tempe, haluskan
- 100 gram daging giling/ayam giling
- 2 sdm tepung terigu
- 1 siung bawang putih, haluskan
- 1/2 sdt garam
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt kaldu bubuk
- 1 butir telur, kocok lepas
- 30 gram keju cheddar parut
- daun bawang iris halus (optional)
- 2-3 butir telur, kocok untuk pelapis
- tepung panir kasar untuk pelapis

Cara membuat:
- Campur tempe yg telah dihaluskan, daging/ayam giling, keju parut, terigu, bawang putih halus, garam, merica bubuk, kaldu bubuk dan daun bawang. Aduk rata.
- Tambahkan telur kocok. Aduk rata.
- Tuang ke dalam pinggan tahan panas atau loyang yg dialasi plastik dan diolesi margarin.
- Kukus sekitar 20-30 menit sampai matang.
- Angkat dan dinginkan.
- Setelah dingin potong2, gulingkan ke tepung panir, celup ke kocokan telur, gulingkan lagi ke tepung panir.
- Simpan sebentar dalam kulkas agar tepung panir melekat dg baik.
- Goreng dalam minyak dg api sedang sampai kuning kecoklatan.
- Angkat dan tiriskan.
- Sajikan dg sambal botolan.



Note: Jika disajikan untuk cemilan si kecil maka merica bubuk dan kaldu bubuk dapat diskip saja. Goreng dg unsalted butter atau olive oil (minyak zaitun) lebih sehat.
Jumlah telur yg dipakai bisa bervariatif, tergantung besar kecilnya telur. Bisa 1-2 butir. Yg penting adonan jangan terlalu encer atau terlalu kering ya :)
Jika akan disajikan pagi hari, nuggetnya bisa dibuat malamnya, selesaikan sampai dipanir, taruh dalam wadah tertutup dan simpan dalam kulkas. Besok paginya tinggal digoreng deh ^_^

Mudah kan? Yuuukkk dicoba bikin! Aku suka tempe! ^_^

KENTANG PANGGANG CAMPUR KEJU (UNTUK NADHIFA-10 BULAN KE ATAS)



Kentang panggang ini enak banget rasanya lho bunda, qta yg orang dewasa saja dijamin suka makan ini. Apalagi baby qta? :)
Aku teringat salah seorang teman pernah bilang, "Saya klo bikin makanan untuk anak saya adalah makanan yg saya juga suka memakannya, klo rasanya qta aja eneg gimana anak qta?"
Hehee...bener juga ya? ^_^

Resep ini aku ambil dari buku 'Variasi Bubur Sehat untuk Bayi 6-12 Bulan' karangan Ayu Bulan Febry K.D, S.KM (Konsultan gizi)
Makanan ini untuk bayi usia 10 bulan ke atas ya bunda, dimana bayi sudah bisa mencerna makanan dengan tekstur yg kasar.

Kentang Panggang Campur Keju

Bahan:
- 1 sdm unsalted butter atau minyak goreng (untuk menumis)
- 1 sdm ayam giling/daging giling
- 1 siung bawang putih, cincang halus
- 1 buah kentang ukuran besar (sekitar 100 gram)
- 1 buah kuning telur ayam, kocok lepas
- 50 ml susu cair (dapat dibuat dari susu formula bayi atau ASIP)
- 25 gram wortel, diparut (sekitar 1/2 buah)
- 1 sdm keju parut (aku pake keju chedar)
- Gula pasir sedikit (aku pake 1/2 sdt)

Cara membuat:
- Panaskan butter/minyak goreng, tumis bawang putih cincanh hingga harum. Masukkan ayam giling/daging giling. Tumis hingga matang. Angkat.
- Kukus kentang hingga matang, lalu haluskan ketika masih panas. Campur dengan kuning telur kocok, tumisan ayam/daging, susu cair, wortel, keju parut dan gula pasir. Aduk rata.
- Siapkan wadah tahan panas atau loyang kecil, olesi dengan butter/margarin. Tuang adonan kentang ke dalamnya, ratakan. Panggang dalam oven sekitar 20 menit. Angkat dan sajikan hangat.

Hmmmm...sound's good isn't it? ^_^
Kayaknya klo atasnya ditaburi keju quick melt pasti lebih enak lagi deh! Heheheee... Pasti si kecil suka, bundanya jg icip2 dikit boleh lah, hahahaa... :D

Dicoba yuk bunda! ^_^