Tuesday, September 28, 2010

BITTERBALLEN



Waktu ngomongin soal bitterballen di status Facebook, ternyata banyak juga teman-teman yang belum tau tentang si bola-bola yang mirip kroket ini.
Bitterballen adalah makanan dari negeri Belanda, bentuknya mirip kroket tapi berbentuk bola-bola dengan ukuran yang lebih kecil dari kroket. Kalau biasanya kroket dibuat dengan bahan dasar umbi-umbian seperti kentang dan diberi isian di dalamnya, nah kalau bitterballen ini terbuat dari terigu dan susu cair yang dicampur dengan daging giling dan diberi bumbu-bumbu jadi bagian dalamnya lembut banget. Bagian luarnya dibalut tepung panir dan digoreng. Rasanya crunchy diluar dan creamy di dalam.

Kemarin bikin bitterballen ini untuk makan berbuka puasa (syawal). Cocok juga untuk bekal sekolah si kecil, untuk cemilan di rumah atau sajian snack untuk acara arisan, dll. Kalau untuk bekal atau sarapan, bitterballen bisa dibuat pada malam hari lalu selesai dipanir masukkan dalam wadah dan simpan di kulkas, paginya tinggal dikeluarkan dari kulkas dan digoreng. Aku lebih suka menggunakan tepung panir kasar atau bread crumbs, lebih renyah. Tapi kalau tidak ada ya pakai tepung panir halus yang biasa juga oke kok :)

Dulu kalau bikin pakai resep dari bundel kumpulan resep-resep dari majalah Femina jadoel yang disatukan seperti buku, pemberian saudaraku. Tapi entahlah skarang bundelnya kemana, hikzzz... Akhirnya setelah browsing aku menemukan resep bitterballen dari buku Masakan Populer Indonesia (seri memasak Femina) di blognya Mba Vania. Yippie...! Thanks udah share resepnya ya Mba :)
Karena daging giling di kulkas ternyata kurang (hanya 150 gram) jadinya aku tambahkan dengan sosis dan smoked beef, yummy! ^_^



Bahan:
100 gr margarine
1 bawang bombay (75gr), cincang halus
150 gr terigu
350 ml susu cair
250 gr daging cincang (aku campur dengan sosis dan smoked beef)
garam, pala bubuk, merica, gula pasir...secukupnya
1 batang daun bawang, iris halus (resep asli tidak pakai)
100 gr tepung roti (aku pakai yang kasar/bread crumbs)
2 telur, kocok lepas
minyak goreng secukupnya (cukup banyak untuk menggoreng deep frying)

Cara membuat:
1. Sangrai daging sampai airnya habis (tapi jangan terlalu kering)
2. Panaskan margarine, tumis bawang bombay sampai harum, lalu masukkan terigu. Aduk rata.
3. Tuang susu sedikit demi sedikit, sambil aduk terus hingga adonan rata dan kental. Kemudian masukkan berturut-turut, daging cincang, garam, pala, merica, gula. Aduk lagi hingga adonan benar2 rata. Masukkan daun bawang. Diamkan hingga dingin (kalo panas-panas nanti tangannya melepuh, heuheuheuuu...)
4. Bulatkan adonan, besarnya sesuai selera (sebesar bakso aja, jangan terlalu besar). Kemudian gulingkan di tepung roti, celupkan di telur kocok dan gulingkan sekali lagi ke dalam tepung roti.
5. Goreng di dalam minyak panas yg cukup banyak (deep frying) hingga berwarna kuning kecoklatan. Pakai api sedang, jangan terlalu panas supaya tidak cepat gosong. Angkat, tiriskan. Sajikan hangat lebih enak. Bisa dicocol ke saus sambal jika suka.

Selamat mencoba! ^_^

Tips:
- Satu resep ini hasilnya cukup banyak sekitar 50-an buah, kalau untuk konsumsi keluarga bisa dibuat setengah resep saja.
- Aku cocok dengan resep ini karena hasilnya bagus, cantik dan tidak mudah hancur saat digoreng walaupun sering diaduk-aduk di pengorengan. Kalau masih takut hancur, pada saat membulatkan adonan ambil adonan secukupnya, kepal-kepal dengan tangan sambil dipadatkan lalu bulatkan. Tepung panir kasar juga membantu memperkokoh bagian luarnya daripada tepung panir halus.
- Goreng dengan minyak banyak agar cukup untuk merendam bitterballen-nya (deep frying)

TEKWAN ~ INDONESIAN (PALEMBANG) FISH BALL SOUP



Ini nih salah satu makanan yang jadi menu utama sajian acara silaturahim pengajian suami beserta keluarga masing-masing di rumah kemarin. Maaf jika hasil fotonya tidak merepresentasikan kelezatannya karena motretnya buru-buru dan asal tuang aja ke mangkok, udah ada tamu yang datang tapi tukang masaknya belum mandi, jadi sekali jepret langsung ngacirrrrrr... :D
Tapi beneran deh ini hasilnya endang bambang gulindang, tamu-tamu pada komentar enak (karena klo komen ga enak takut langsung diusir, wkwkwkwk...), ga kok becanda, emang enak! ^_^
Seneng ngelihat tamu-tamu makannya pada nambah dan pada pengen dibawa pulang juga, anak-anak pun lahap makannya, larizzz manizzz... Ujung-ujungnya ibu-ibunya pada nanya resepnya deh! Hihihihiiii... Biasa lah ibu-ibu, hehehee...

Tetep pake resep andalan dari NCC by Bu Fatmah Bahalwan. Thank u so much Bu Fat buat isnpirasi resepnya yang maknyuss!
Hanya seperti biasa ada yang aku modifikasi sedikit sesuai keperluan. Kemarin juga udah muter-muter pasar ikan tapi di seluruh kios ikan tengirinya lagi kosong, ada juga di supermarket udah bentuk fillet dan harganya selangit booo... Akhirnya pakai ikan salem aja, kayak tengiri cuma lebih kecil. Pada dasarnya semua ikan laut bisa aja dipakai, pilih yang dagingnya kenyal dan tidak mudah hancur, bagian daging yang berwarna gelap jangan dipakai.

Kemarin banyak teman-teman yang belum tau soal tekwan. Tekwan ini adalah makanan khas Palembang. Merupakan salah satu varian dari olahan empek-empek. Empek-empeknya dibuat seperti bakso ikan (atau biasa disebut biji tekwan), kemudian disajikan dengan sup kuah kaldu udang. Sayuran pelengkapnya jamur kuping, benkoang, sedap malam kering (padahal bunga pisang/kincam) dan daun bawang.

Bahan biji tekwan:
1 kg ikan tengiri (atau ikan laut lainnya)
700 gr tepung sagu tani
500 ml air
30 gr garam
2 sdt kaldu bubuk
1 sdt lada
100 gr telur (aku pakai 2 butir ukuran sedang)
2 batang daun bawang, iris halus (di resep asli tidak pakai)
Air secukupnya untuk merebus biji tekwan

Cara membuatnya:
1. Haluskan daging ikan, tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, masukkan telur dan aduk rata. Beri tepung uleni hingga rata dan kenyal, beri garam dan kaldu bubuk, uleni rata. Masukkan daun bawang, aduk rata.
2. Masak air dipanci hingga mendidih, ambil sedikit adonan dengan sendok teh (ga usah dibulet-buletin, sendoki secara acak aja), celupkan dalam air mendidih. Biarkan mengapung. Angkat dan tiriskan.

Sup udang (kuah tekwan):
Bahan:
250 gr udang, kupas kulitnya dan potong kepalanya, cincang kasar (klo aku kulit dan kepala udang tidak dibuang tapi disangrai untuk kaldu udang)
250 gr bengkoang, potong korek api
50 gr jamur kuping kering, rendam, potong halus (aku pakai jamur kuping segar)
100 gram sedap malam kering (bunga pisang), simpulkan
15 bh bawang merah iris halus (aku dicincang kasar)
10 bh bawang putih, iris halus (aku dicincang kasar)
2,5 ltr air (tambahkan sesuai keperluan)
10 buah ebi, haluskan
1,5 sdt lada halus
3 sdt kaldu bubuk
5 sdt garam
1 sdt maggi seasoning (optional)
Sedikit minyak untuk menumis.

Pelengkap:
Sohun, rendam air panas hingga lunak, tiriskan
Bawang merah goreng, untuk taburan
Daun bawang, iris halus
Sambal cabe rawit

Cara membuatnya:
1. Sangrai kulit dan kepala udang yang telah dibersihkan sampai agak kering. Sisihkan.
1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih hingga harum, masukkan udang, masak hingga berubah warna.
2. Masukkan bengkoang, jamur kuping, sedap malam kering dan semua bumbu, aduk rata.
3. Panaskan air, masukkan kulit dan kepala udang yang telah disangrai. Maukkan ebi halus. Masak hingga mendidih. Buang kulit dan kepala udangnya. Masukkan tumisan bawang, udang dan sayuran.
4. Tata sohun dalam mangkuk, sajikan biji tekwan dengan kuahnya, taburi bawang merah goreng dan daun bawang. Beri sambal cabe rawit bila suka. Nikmat disantap panas-panas.

*Biji tekwan yang sudah jadi bisa disimpan dalam kulkas/freezer, jika mau disajikan tinggal direbus kembali dalam air mendidih sebentar saja hingga mengapung.

TRIPLE CHOCOLATE CHEESECAKE



Ada stok creamcheese udah mau kadaluarsa, ya udah dibikin cheesecake aja deh (mati gaya). Cheesecake versi chilled alias no bake a.k.a no oven required. Rasanya kayak makan ice cream keju, hehehee... Lembut gitu deh. Perpaduan rasa manis dan asin (kayak nano nano aja!)
Di resep asli basenya pakai genoise spongecake (atau spongecake coklat apa aja deh), tapi karena males bikin spongecakenya dulu jadi aku pake oreo crust saja.
Resepnya pakai resep Yasaboga tapi aku modifikasi whip cream-nya aku tambahin dan coklatnya juga aku tambahin. Duh, maaf ya resepnya jadi aku acak-acak, heheheee... Habisnya aku ga terlalu suka rasa creamcheese yang dominan (lha kok mau bikin cheesecake?!) Jadi ya disiasati dengan menambah jumlah whip cream dan coklatnya ^,^

Lapisan paling bawah itu oreo crust, lalu lapisan white cooking chocolate, lapisan milk cooking chocolate (aku tambahkan larutan kopi juga) dan lapisan paling atas dark cooking chocolate. Digarnish sedikit dengan chocolate serut hitam putih (blang blang blang :p) dan strawberry.

Triple Chocolate Cheesecake
(Sumber: 35 Variasi Resep-resep Cheesecake - Yasaboga)
Modified by me

Alas:
1 buah chocolate genoise sponge cake, belah 2 melintang (aku pakai 250 gram biskuit oreo ~ 2 bungkus dan 100 gram unsalted butter leleh)

Bahan:
375 gr cream cheese
250 ml whip cream, kocok hingga kental (aku pake 400 ml) ~ cukup hingga kental, ga usah sampe kaku banget
125 ml susu
125 gr gula kastor (aku pake 180 gram)
60 gr white cooking chocolate, lelehkan (aku pake 100 gram)
60 gr milk cooking chocolate, lelehkan (aku pake 100 gram dan ditambah air kopi dari 1 sdm kopi instant dan 2 sdm air panas)
60 gr dark cooking chocolate, lelehkan (aku pake 100 gram)
1 1/2 sdm gelatin (aku pake 2 sdm)
75 ml air

Cara membuat:
1. Siapkan loyang spring form (bongkar pasang), pasangkan sepotong chocolate genoise sponge cake pada dasar loyang, sisihkan yang satunya untuk keperluan lain. Jika diinginkan, anda bisa juga menggunakan plastik mika yang dibentuk berupa tabung-tabung kecil. (Hancurkan biskuit oreo bersama krimnya sampai halus, lalu masukkan butter leleh. Aduk rata. Ratakan ke dasar loyang sambil dipadatkan, sisihkan)
2. Tim gelatin dan air hingga larut, sisihkan. Kocok cream cheese hingga lembut, masukkan susu dan gula kastor, kocok hingga larut. Masukkan gelatin, aduk rata.
3. Bagi adonan menjadi 3 bagian sama banyak, campur masing-masing bagian dengan masing-masing jenis coklat. Bagi krim kocok menjadi 3 bagian, campurkan ke tiga adonan dan aduk rata.
4. Tuang adonan white cooking chocolate ke loyang, masukkan ke freezer hingga bagian atasnya mulai mengeras. Tuangi adonan milk chocolate, simpan di freezer. Setelah adonan milk chocolate mulai mengeras, tuang adonan dark chocolate. Tutup loyang dengan plastic wrap, dinginkan hingga mengeras (minimal 2-4 jam). Hidangkan dalam keadaan dingin.

Aku makan sepotong aja udah cukup, tetep lebih suka JCC (japanese cheesecake) yang rasa kejunya 'light'. Blueberry cheesecake aja aku ga suka, lha pake creamcheese-nya sekilo plus sour cream pula ~ buat aku ya mbelenek. Dasar lidah ndeso! Heheheeee... :p

CHOCOLATE OATMEAL CUPCAKE (AGAIN)



Chocolate Oatmeal Cupcake (again) for tea time today :)

Kali ini ga pake frosting, cuma ditabur chocolate chips atasnya dan iseng ditabur pake almond bubuk, heheheee...

Ada yang mau? ;)

Friday, September 24, 2010

SOUP UDANG ASAM MANIS



Sebenernya pengen bikin tom yam goong ala Thailand itu. Tapi berhubung suamiku lagi ga bisa makan yang pedas plus biar si cantik Nadhifa juga bisa sekalian makan ya sudah, bikin soup udang asem manis ini saja deh. Terinspirasi dari website Nova Online. Tapi saya modifikasi bumbu-bumbunya sesuai selera.
Rasanya seger banget dan gurih karena pakai kaldu udang. Suamiku saja sampe nambah makannya (ga tau emang doyan atau lagi laper, heheheee...)

Sebenernya paling males klo disuruh nulis resep menu sehari-hari kayak gini. Lha aku tuh klo masak ngasih bumbu-bumbunya pake feeling, ga pernah ada patokan takaran, asal cemplung-cemplung aja, trus dicicipi, jadi deh! Resep di bawah ini bumbunya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing ya. Dan semoga aja ga ada bumbu yang lupa aku tulis, xixixixiiiii...

Bahan:
500 gram udang ukuran sedang/besar, kupas kulitnya dan sisihkan kepalanya. Sisihkan, jangan dibuang
1 buah wortel, iris bulat
150 gram jamur kancing/jamur merang, iris tipis
50 gram kapri (atau kacang polong)
2 batang daun bawang, iris panjang 2 cm
2 liter air
1 sdt kaldu bubuk

Bumbu:
4 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
1 cm jahe, iris korek api
1 sdt maggi seasoning (tambahkan sesuai selera)
2 sdt garam
1 sdm gula pasir
2 sdt air jeruk nipis/lemon
1 sdm saus tomat
5 sdm saus tiram
1 sdm kecap ikan

Cara membuat:
1. Didihkan air dan beri kaldu bubuk.
2. Sangrai kepala udang dan kulit udang sampai berubah warna dan agak kering. Masukkan ke dalam rebusan air. Masak hingga tersisa air kaldu sekitar 1,5 liter sampai air agak berkurang saja). Saring dan buang kepala dan kulit udangnya.
3. Tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Masukkan ke dalam rebusan kaldu. Masukkan wortel dan jamur. Masak hingga matang. Tambahkan maggi seasoning, garam, gula pasir, air jeruk nipis, saus tomat, saus tiram dan kecap ikan. Cicipi rasanya, tambahkan bumbu jika perlu.
4. Masukkan udang, kapri dan tomat. Masak dan didihkan sebentar hingga udang berubah warna. Menjelang diangkat masukkan daun bawang, didihkan sebentar. Matikan api. Sajikan panas.

*Jika ingin membuat yang pedas, tambahkan sekitar 10 butir cabai rawit utuh yang dibuang tangkainya dan beri 2 sdt cabai bubuk.

Selamat mencoba!

MY LOVELY 'BEST CUSTOMER'

She's my best customer ever! Craving for almost every food that I cooked. Love her so much! She's my daughter-Nadhifa ^_^


(Gembira karena menemukan setoples kaastengels :D)



(Comot teruuusssss, serius amat nenk!)



(Ammmmm...menyammm menyammmm... Tangan kanan kiri pegang kue, hihihiiii...)

Wednesday, September 22, 2010

CHOCOLATE OATMEAL CUPCAKES



Cupcake ini enak banget! Lembut, moist, empuk dan tentu saja kaya akan serat, kan pake oatmeal :)
Sebenarnya ini modifikasi dari beberapa resep oatmeal muffin yg aku dapat dari internet (kebanyakan yang aku temukan model resepnya hampir sama semua paling cuma beda di takaran resepnya sedikit), salah satunya resep oatmeal muffin dari blognya Mba Vania. Nah, tapi aku mau dibikin cupcake aja yg permukaannya flat, tidak high dome yang menjulang seperti muffin. Soalnya mau dikasih frosting atasnya. Jadilah dikurangi jumlah baking powdernya. Klo bikin muffin dalam 1 resep baking powdernya minimal 2 sendok teh atau 1 sendok makan (lebih bagus lagi klo pake baking powder double acting), tapi aku kurangi jadi hanya 1 sendok teh aja. Suhu pemanggangannya pun relatif lebih rendah dari muffin, hanya 180'C saja (muffin butuh suhu tinggi skitar 200'C agar adonan segera naik menjulang).

Aku dulu banget pernah nyobain bikin oatmeal muffin yg oatmealnya langsung dicampur dalam keadaan kering, hasilnya jadi agak seret. Nah, yang ini hasilnya lembut dan moist kayaknya karena oatmealnya direndam dulu dengan susu panas hingga lembek baru dicampurkan ke adonan. Ditambah lagi dengan topping Nutella, siapa yang nolak?! Pokoknya buktikan sendiri aja deh! ;)
Kami sekeluarga doyan banget, heheheee...



Ingredients:
60 gram oatmeal (misal Quacker Oat)
250 ml susu cair
~ aku pake susu cair coklat (klo ga begitu suka susu bisa diganti dengan air yg didihkan)
100 gram gula pasir halus
125 gram gula palem (palm suiker)
120 gram butter/margarin
2 butir telur, kocok lepas
1 sdt essence vanilla (optional)
110 gram terigu protein sedang/all purpose
1 sdt baking powder
20 gram coklat bubuk
150 gram chocolate chips

Frosting:
Nutella (Hazelnut chocolate spread)
Gula sprinkle warna warni

Directions:
1. Didihkan susu. Angkat dan campur dengan oatmeal aduk rata, diamkan 20 menit.
2. Kocok butter/margarin dengan gula pasir dan gula palem sampai lembut dan creamy. Masukkan telur, kocok rata.
3. Campur dan ayak terigu dan baking powder. Campur chocolate chips ke dalamnya. Masukkan campuran ini ke adonan butter. Aduk rata. Masukkan oatmeal. Aduk rata lagi.
4. Tuang ke dalam cetakan cupcake/loyang muffin yg dialasi papercup.
5. Panggang dalam oven dg suhu 180'C selama 25 menit atau hingga matang (lakukan tes tusuk).
6. Angkat dan dinginkan. Semprotkan Nutella di atasnya, beri taburan gula sprinkle warna warni.



* Cupcake ini walaupun sudah dingin tetap empuk lho :)
** Cocok untuk bekal sekolah si kecil atau bekal untuk cemilan di kantor (di kantornya boleh ngemil gak? hihihiiii...)
*** Klo ga punya Nutella bisa diganti dengan selai coklat atau yg lainnya, tapi cupcake ini dimakan begitu saja juga sudah enyakkkk... ;)

Selamat mencoba! ^_^

Tuesday, September 21, 2010

SAPO TAHU 'SEADANYA'



Cuma pake 1 silinder tahu sutera (silken toffu), gak pake udang/ayam, sayurannya cuma wortel dan daun bawang. Untung masih ada jamur kancing (champignon) kalengan. Ya soalnya bahan yang sedang ada di rumah cuma itu. Tapi alhamdulillah hasilnya tetap enak dan segerrr... Disantap panas-panas dengan nasi atau mau dinikmati begitu saja juga sudah nikmat.

Kebetulan pas siang-siang ada saudara yang datang mampir ke rumah, ya sudah sekalian disuguhi masakan ala kadarnya ini deh. Habisnya mau datang ga bilang-bilang dulu sih, pas banget lagi tukang sayur ga datang. Semoga berkenan ya...

Bahan:
2 silinder tahu sutera (silken toffu), potong-potong setebal 2 cm, goreng hingga berkulit kecoklatan. (aku cuma pake 1 silinder aja, adanya cuma segitu)
Jamur kancing (champignon) secukupnya, iris tipis. (aku pake jamur kancing kalengan sudah berbentuk slice)
1 buah wortel, potong-potong bulat
2 batang daun bawang, potong-potong 1 cm
Seharusnya pakai udang/ayam/cumi, tapi lagi ga ada stoknya di rumah
Sayuran pelengkap lain adalah sawi putih.
1/2 buah bawang bombay, iris tipis memanjang
5 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
1 cm jahe, iris korek api
5 sdm saus tiram (oyster sauce)
1 sdm kecap ikan (fish sauce)
3 sdt minyak wijen
1/2 sdt maggi seasoning (optional)
600 ml air kaldu (aku bikin dari air yang didihkan bersama 1 sdt kaldu bubuk), klo pake udang bikin air kaldu dari air rebusan kepala udang bersih.
2 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
3 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan jahe hingga harum, masukkan bawang bombay, aduk hingga agak layu. Masukkan udang (aku ga pake), aduk hingga berubah warna. Masukkan jamur kancing, aduk rata dan masak sebentar.
2. Masukkan air kaldu. Masukkan wortel. Beri saus tiram, kecap ikan, minyak wijen, maggi seasoning, gula pasir. Masak dan didihkan hingga wortel matang. Masukkan tahu. Kentalkan dengan laruan maizena. Masak hingga meletup-letup. Menjelang diangkat masukkan daun bawang. Masak sebentar. Angkat dan sajikan panas.

*Aslinya sapo tahu ini adalah chinese food yang dimasak menggunakan claypot (mangkuk besar dari tanah liat). Jika menggunakan claypot, tata sayuran, jamur dan tahu dalam claypot, beri bumbu tumisan, saus dan air kaldu. Masak hingga mendidih. Kentalkan dengan larutan maizena.

Selamat mencoba.

MIE GORENG SMOKED BEEF



Bumbunya pake ala mie goreng jawa (bawang merah, bawang putih, kemiri) , cuma dipakein smoked beef yang diiris dan kacang polong. Soalnya yang ada di kulkas cuma itu, heheheee...

Lumayan deh buat sarapan ^_^

BEEF TERIYAKI


(Fotonya jelek, ngeblur banget, hikkzzz...)

'Nemu' daging beku di freezer, kurang lebih udah semingguan kali ya. Belinya sebelum sakit kemarin. Ya sudah, dibuat beef teriyaki aja yang gampang deh.
Resep ini halal yah, jadi ga pake sake dan mirin seperti yang di resep beef teriyaki aslinya :)

Sssttt... Itu yg di belakang kok nasinya ada 2 warna? Iya itu nasi putih yg aku campur pake nasi merah, hehehee... Lagi ada nasi merah sedikit di rumah ya udah aku campur aja, hehehee...

Beef Teriyaki

Bahan:
500 gram daging sapi, iris tipis sejajar serat (pilih daging berkualitas baik agar saat dimasak empuk, aku pake daging has dalam untuk rendang)
1 buah bawang bombay, iris tipis memanjang
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt garam
Air secukupnya (sekitar 150 ml)
Minyak goreng/minyak zaitun untuk menumis

Bumbu perendam:
2 cm jahe, haluskan/parut, peras airnya saja
3 siung bawang putih, haluskan
3 sdm saus teriyaki
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
1 sdt minyak wijen
1/2 sdt maggi seasoning (optional, ga pake juga ga apa-apa)
1/4 sdt merica bubuk

Salad:
Kol secukupnya, iris tipis
1/2-1 buah wortel, potong korek api atau serut kasar
1 sdt air jeruk nipis/lemon
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt garam

Pelengkap:
Nasi
Mayonaise untuk salad

Cara membuat:
1. Aduk daging dengan bumbu perendam hingga rata. Diamkan dan simpan dalam kulkas selama 1 jam (atau minimal 30 menit) agar bumbu meresap.
2. Panaskan minyak, tumis bawang bombay sampai harum, masukkan daging beserta bumbunya. Aduk hingga berubah warna. Masukkan air, gula pasir dan garam. Aduk rata dan masak hingga daging matang dan airnya mengering. Angkat.
5. Salad: Campur wortel dan kol, beri garam dan remas-remas hingga sayuran lemas. Bilas dengan air dan tiriskan. Beri gula pasir dan air jeruk nipis/lemon. Aduk rata.
6. Sajikan beef teriyaki bersama pelengkapnya.

Sunday, September 19, 2010

JCC for Tea Time



Japanese cheese cake for tea time today.

Have no fresh fruits on hand, so just spread strawberry paletta on top then enjoy! ^_^

Anyone?

Adonannya berlebih sedikit jadi dituang dalam cup alumunium seperti ini...

KUE BIJI KURMA



Walaupun Lebarannya udah lewat, tapi teuteup postingannya kue kering. Ya soalnya baru sempat upload sih :)

Kue ini bikinnya sehari sebelum mudik ke rumah nenek. Bikinnya pun di rumah ibu. Dibantuin Ibu nyangrai dan menggiling kacang. Saking kepengennya makan kue yang satu ini, tapi karena sampai mau mudik masih sibuk bikin pesanan kue kering jadinya toples di rumah sendiri masih kosong melompong. Untung sekomplek pada mudik semua, termasuk diriku, jadi ya ga malu-maluin klo di rumah belum ada kue lebaran, hihihihiiii...

Kue ini yag aku tau dari Manado (buat orang Manado, bener ga?), namanya kue Biji Kurma. Tapi ga pake kurma sama sekali, hihihihiiii... Mungkin karena bentuknya mirip kurma jadi dinamakan demikian. Aku lihat di internet juga ada yang menyebutnya Lontong Paris, nah lho tambah bingung kan kenapa dinamain lontong??? :D
Yang pasti ini kue kacang karamel, soalnya kuenya dibalut dengan karamel kemudian digulingkan ke kacang tanah yang sudah ditumbuk/digiling kasar.
Pernah juga makan kue seperti ini beli dari Makassar, tapi bukan dibalut kacang melainkan wijen. Enak juga :)

Resep menyusul yaaa... Hehehee, males dot com :p

KUE KERING MELINJO KEJU



Sebelum berangkat mudik disempetin dulu upload foto cookies new entry ini ^_^

Eiittzzz...ini bukan nastar lho, lihat deh bentuknya lebih gepeng kan? ;)
Ini cookies melinjo keju. Sudah lama banget pengen nyobain bikin cookies ini, sejak lihat resepnya di buku NCC dan belum lama kemarin ini juga muncul di website NCC. Secara diriku tinggal di Banten, daerah penghasil emping melinjo gitu lhooo... Hehehehee...

Cookiesnya haruuuuum emping beradu dengan aroma keju parmesan. Hmmmmm....enyakkkkk... Ternyata emping cocok banget dipadukan sama keju ^_^
Makasih banget ya Bu Fatmah atas inspirasi resepnya, aku modif sedikit ditambah jumlah kejunya dan diatasnya ditabur keju cheddar parut :)

Yang mau mencoba ini dia resepnya:

Kue Kering Melinjo Keju
by Fatmah Bahalwan (modified by me)

Bahan:
150 gram mentega (butter+margarin)
100 gram gula halus
2 butir kuning telur
175 gram terigu protein sedang
100 gram emping melinjo (berat mentah)
1/2 sdt garam (aku ga pake soalnya udah pake salted butter dan margarin)
1/4 sdt vanili bubuk
50 gram keju parmesan, parut (aslinya 40 gram keju parut, mungkin boleh keju apa saja)

Kuning telur untuk olesan
Keju cheddar parut untuk taburan (aslinya ga pake)

Cara membuat:
1. Goreng emping dalam minyak cukup hingga matang. Jaga warnanya agar tetap putih kekuningan, jangan sampai coklat atau malah gosong, hehehee... Blender sampai halus. Sisihkan.
2. Kocok mentega, gula, vanili dan garam sampai putih dan mengembang. Masukkan kuning telur, kocok rata sebentar.
3.Masukkan tepung terigu dan emping bubuk, aduk rata. Masukkan keju parmesan parut, aduk rata.
4. Diamkan sekitar 20 menit agar adonan sedikit memadat dan mudah dibentuk (adonan setelah selesai dibuat masih agak lembek).
5. Siapkan loyang yang dioles mentega, bentuk adonan bulat-bulat. Tata dalam loyang. Beri jarak.
6. Panggang dengan suhu 140-150'C selama 20-25 menit. Keluarkan dari oven, poles kuning telur dan tabur keju cheddar parut. Panggang lagi sampai matang kuning keemasan. Angkat. Dinginkan. Simpan dalam toples kedap udara.

*Buat yang susah cari emping melinjo atau malah ga ada, mungkin bisa diganti dengan emping jagung alias cornflake.

Selamat mencoba! ^_^

KAASTENGELS



Kaastengels ini tanpa telur dalam adonannya. Rasanya ngeju banget karena pake edam dan parmesan. Gunakan butter yang berkualitas jadi menghasilkan rasa yang enak. Buat yang mau nyoba ini dia resepnya...

Bahan:
300 gram mentega (butter+margarin)
350 gram terigu protein sedang
50 gram maizena
2 sdm susu bubuk
100 gram keju edam parut
100 gram keju parmesan parut

Olesan:
Kuning telur, kocok lepas

Taburan:
Keju cheddar parut

Cara membuat:
1. Campur dan ayak terigu, maizena dan susu bubuk. Sisihkan.
2. Kocok mentega sebentar saja hingga lunak (ga usah lama-lama atau sampai putih). Masukkan keju edam dan parmesan parut, aduk rata dengan sendok kayu.
3. Masukkan campuran terigu, aduk rata dengan sendok kayu sampai rata dan adonan sudah bisa dibentuk.
4. Gilas tipis adonan (sekitar 1 cm), lalu cetak sesuai selera (stick, bunga atau bentuk lain). Tata dalam loyang tanpa dioles margarin. Oles dengan kuning telur dan taburi keju cheddar parut.
5. Panggang dalam oven 125'C (api kecil) sampai matang (berwarna kuning kecoklatan/golden brown). Angkat dan dinginkan. Simpan dalam toples kedap udara.

*Adonan ini tidak menggunakan telur serta menggunakan maizena jadi menghasilkan kaastengels yang renyah dan garing. Klo suka dengan yang empuk tambahkan 2 butir kuning telur yang dikocok bersama mentega.

BLUEBERRY THUMBPRINT COOKIES



Posting resep ini di atas tempat tidur :)

Cookies ini cookies dadakan, karena memang ga direncakan bikinnya. Dibuat setelah mengerjakan batch terakhir pesanan nastar kemarin before the accident :(
Selai nanas untuk filling nastar habis, adonan masih bersisa. Setelah dipikir sebentar (harus cepat karena adonan ga bisa menunggu lama), akhirnya muncul ide thumbprint cookies ini. Kebetulan masih ada kacang mete cincang sisa bikin putri salju. Ya sudah jadilah cookies ini. Sebenarnya pengen isinya pakai milk chocolate yang dilelehkan. Tapi sudah capek dan malas buat ngetim coklat ya sudah pakai blueberry paleta siap pakai saja.

Buat yang tidak direpotkan urusan mudik, mungkin masih sempat membuat cookies ini sebagai salah satu sajian toples Lebaran nanti.

Blueberry Thumbprint Cookies
by Ricke (modifikasi resep nastar)

Bahan:
250 gram mentega (butter+margarin)
50 gram gula halus
2 kuning telur
325 gram terigu protein sedang
25 gram maizena
20 gram susu bubuk

Pelapis:
Putih telur
Kacang mete sangrai/panggang, cincang kasar
*

Filling:
Blueberry paleta
**

Cara membuat:
1. Kocok mentega, gula halus dan kuning telur dengan kecepatan rendah sebentar saja asal campur dan lunak. Masukkan terigu dan susu bubuk. Aduk rata dengan sendok kayu.
2. Pulung sedikit adonan, bulatkan sebesar kelereng. Lakukan sampai habis.
3. Celupkan ke putih telur, gulingkan ke kacang mete cincang sambil sedikit dikepal agar kacang melekat dengan baik. Tata dalam loyang yang telah dioles margarin tipis. Dengan ujung jari, tekan bagian tengahnya sampai membentuk cekungan dan pipihkan sedikit. Lakukan pada semua cookies.
4. Panggang dalam oven panas 150'C selama 30 menit. Angkat dan beri filling blueberry paleta di tengahnya. Dinginkan. Simpan dalam toples kedap udara.

*Kacang mete bisa diganti dengan kacang tanah, kenari, almond, hazelnuts atau sereal instant seperti rice crispy,
cornflakes dan choco crunch. Cincang kasar, kecuali rice crispy langsung dipakai saja.

**Filling bisa diganti dengan selai strawberry, adonan meringue (diisi sebelum dipanggang) atau coklat blok yg dilelehkan (bisa dark, milk atau white chocolate).

NASTAR KEJU



Ssstttt... Ini beneran nastar keju yang 'ngeju' lho, bukan cuma nastar yang ditabur keju ;)

Resepnya tetap pakai resep nastar empuk NCC by Fatmah Bahalwan, tapi aku tambahkan keju parmesan dalam adonannya dan di atasnya juga ditabur keju. Pakai butter yang berkualitas agar aroma dan rasanya semakin maknyuss! ;)

Bahan:
250 gram margarin
250 gram butter (aku pake yang salted)
100 gram gula halus
4 kuning telur
200 gram keju parmesan, parut/haluskan (bisa juga pakai keju edam/gouda, tergantung selera)
700 gram terigu protein sedang
4 sdm susu bubuk full cream
Kuning telur dikocok lepas untuk polesan
Keju cheddar parut untuk taburan

Selai nanas:
4 buah nanas palembang (atau nanas jenis lain yang tidak terlalu banyak mengandung air)
200 gram gula pasir
2 lembar daun pandan, sobek-sobek
1/4 sdt garam

Cara membuat:
Selai: Nanas kupas dan bersih diparut/diblender. Tambahkan daun pandan dan garam, masak sambil diaduk-aduk sampai airnya habis dan mengering. Masukkan gula pasir, aduk terus hingga lengket dan mengental (airnya habis). Dinginkan atau simpan dahulu dalam kulkas agar selai jadi lebih kering dan mudah untuk dipulung. Siap dipakai.

Nastar:
1. Campur dan ayak terigu dan susu bubuk. Sisihkan.
2. Campur margarin, butter, gula halus dan telur. Kocok dengan mixer kecepatan rendah sebentar saja asal lunak dan tercampur rata. Jangan mengocok terlalu lama nanti hasil nastarnya akan meleber ketika dipanggang.
3. Masukkan keju parmesan parut, aduk rata dengan sendok kayu.
4. Masukkan campuran terigu. Aduk dengan sendok kayu sampai tercampur rata dan adonan bisa dipulung.
5. Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri selai nanas, bulatkan. Tata dalam loyang tanpa dioles margarin.
6. Panggang dalam oven suhu 140'C selama 30 menit. Keluarkan dari oven, poles kuning telur dan langsung tabur dengan keju cheddar parut (segera tabur keju sebelum kuning telurnya mengering). Panggang kembali hingga matang dan kuning telur telah mengering serta berwarna keemasan. Angkat. Dinginkan. Simpan dalam toples kedap udara dan taruh di tempat aman agar tidak habis sebelum Lebaran tiba, xixixixixiiii... :p

CRISPY CHOCONUTS COOKIES



Cookies ini salah satu daganganku yg cukup lariz maniez.
Cookiesnya renyah karena pake sereal instant (choco crunch) plus kacang mete cincang, manisnya pas dan aromanya enak karena pakai gula palem.
Klo dilihat warnanya ga terlalu coklat ya karena memang ga pake coklat bubuk dalam adonannya. Warna coklatnya hanya berasal dari choco crunch yg dihaluskan dan gula palem, juga sedikit pasta coklat.

Resepnya hasil modifikasi dari resep choco crunch chocolate chips cookies by Bu Fatmah Bahalwan. Gulanya setengah takaran aku ganti dengan gula palem, jadi wangiiii... Ditambah kacang mete cincang juga. Trus chocolate chips-nya aku tata di atas cookies-nya, ga dicampur ke dalam adonan.

Penambahan sereal instant menjadikan cookies ini jadi renyah/crispy. Selain choco crunch, bisa juga diganti dengan cornflakes atau rice crispy yg dihaluskan.

Crispy Choconuts Cookies
by Ricke

Bahan:
100 gram choco crunch, blender halus
300 gram mentega (butter+margarin)
125 gram gula halus
125 gram gula palem bubuk (palm suiker)
4 butir kuning telur
1 sdt pasta coklat (optional)
350 gram terigu protein sedang/rendah
30 gram maizena
40 gram susu bubuk full cream
1 sdt baking powder
100 gram kacang mete sangrai/panggang, cincang kasar
Chocolate chips secukupnya

Cara membuat:
1. Campur terigu, maizena dan susu bubuk. Ayak dan sisihkan.
2. Kocok mentega, gula halus, gula palem dan pasta coklat hingga lembut. Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok cepat merata. Tambahkan baking powder, kocok lagi sebentar. Matikan mixer.
3. Masukkan campuran terigu, choco crunch halus dan kacang mete cincang. Aduk rata dengan sendok kayu sampai adonan bisa dipulung.
4. Ambil sedikit adonan, bulatkan sebesar kelereng (jangan terlalu besar membulatkan soalnya nanti akan mengembang dan melebar setelah dipanggang). Tata dalam loyang yang telah dioles margarin tipis. Tekan perlahan dengan punggung garpu sampai pipih (tapi jangan terlalu tipis ya). Tata chocolate chips di atasnya.
5. Panggang dalam oven panas dengan suhu 150'C selama 30 menit. Angkat. Biarkan beberapa saat dalam loyang. Kemudian pindahkan ke rak kawat. Dinginkan dan simpan dalam toples kedap udara.

*Cookies memang akan terasa masih agak lunak bagian tengahnya ketika akan diangkat, biarkan saja, nanti akan kering sendiri setelah keluar oven dan dingin. Ini salah satu kunci cookies renyah. Jika dipanggang terlalu lama dan kering dalam oven nanti cookiesnya akan keras setelah dingin, ga enak buat digigit.

Selamat mencoba ya :)

KUE PUTRI SALJU (SNOW WHITE COOKIES)



Stiap keluarga pasti punya resep andalan kue kering Lebaran yang satu ini ya... Manis krenyess krenyess... ^_^
Versi luar negerinya ada yang mirip dengan putri salju ini, seperti melting moments cookies dan mexican weding cakes (namanya cakes tapi sebenernya cookies).

Resep ini hasil modifikasi sana sini, terinspirasi sama putri salju buatan tanteku yang lembut tapi crunchy karena ada kriuk-kriuk metenya. Tapi karena alasan kesehatan skarang beliau sudah tidak menerima pesanan kue kering lagi.

Resep putri salju memang banyak banget, ada yang pakai kacang mete, kacang tanah, keju, atau malah hanya adonan terigu saja tanpa tambahan kacang-kacangan. Aku sendiri lebih suka yang memakai mete karena aroma dan rasanya yang khas, dan tentu saja enak. Tapi ya memang harus modal yang lumayan ya soalnya kacang mete mahal booo... Hehehee...
Klo mau lebih ekonomis bisa diganti dengan kacang tanah, tapi tentu saja rasanya jadi beda. Asal jangan diganti pake kacang panjang aja :D

Aku memakai butter+margarin yang dibekukan terlebih dahulu, agar adonan jadi tidak terlalu lembek. Juga metenya tidak semuanya dihaluskan tapi sebagian hanya dicincang kasar saja.

Ini resepnya...

Putri Salju

Bahan:
150 gram margarin
100 gram butter
50 gram gula halus
250 gram terigu (bisa all purpose/protein sedang atau protein rendah), sangrai
2 sdm susu bubuk
100 gram kacang mete panggang/sangrai, haluskan
100 gram kacang mete panggang/sangrai, cincang kasar (ukurannya seperti yang buat taburan donat, jangan terlalu besar nanti susah dibentuk dengan rapi) ~ aku pake choper di food processor

Taburan:
Gula halus
Gula donat

Cara membuat:
1. Simpan butter+margarin dalam lemari es, biarkan membeku/mengeras.
2. Ayak terigu sangrai dan susu bubuk. Campurkan dengan kacang mete halus dan kasar. Aduk rata. Sisihkan.
3. Keluarkan butter+margarin dari kulkas, potong-potong menjadi ukuran kecil menggunakan pisau. Taruh dalam wadah adonan. Masukkan gula halus. Aduk rata dengan sendok kayu atau dimixer dengan kecepatan rendah sebentar saja asal campur (30 detik), jangan sampai jadi terlalu lembek lagi.
4. Masukkan campuran terigu dan kacang mete. Aduk rata dengan sendok kayu. Bulatkan adonan. Tutup wadah dengan plastik, masukkan dalam kulkas skitar 30 menit (lebih ga apa-apa) sampai adonan agak memadat dan bisa dipulung.
5. Bentuk sesuai selera (umumnya bulan sabit, tapi bisa juga dibikin bulat2 atau bentuk lain). Tata dalam loyang tipis tanpa dioles margarin.
6. Panggang dalam oven suhu 140-150'C selama 20-30 menit. Angkat, panas-panas gulingkan ke gula halus (gula halus akan menempel dan sedikit lembab terkena uap panas), kemudian gulingkan lagi ke gula donat. Dinginkan. Tata dalam toples kedap udara, simpan di tempat kering.

Note:
- Terigu disangrai dulu agar mendapatkan tepung yang lebih kering dan ringan, nanti hasil kuenya akan lebih 'ngeprul' dan lumer di mulut. Bisa juga ga usah disangrai, hanya hasilnya sedikit berbeda di tekstur kuenya.
- Kacang mete sebagian dicincang agar ada efek crunchy pada kue. Sebagian lagi dihaluskan agar aroma dan rasa metenya menyatu dengan adonan.
- Saat membentuk jangan besar-besar ya soalnya nanti setelah dioven adonan akan mengembang/melebar. Cetak/bentuk kecil-kecil saja.
- Gula halus adalah gula pasir biasa yang dihaluskan.
- Gula donat adalah gula halus yang bisa dipakai untuk dusting donat. Gula halus ini lebih tahan panas dan tahan lama di udara terbuka karena sudah ditambahkan bahan anti gumpal. Juga ada perasa dinginnya dan lebih lembut di mulut.
- Agar lebih rapi balutan gulanya (terutama untuk jualan agar kelihatan lebih bagus tampilannya), tata dalam toples, ayak lagi gula donat tipis-tipis merata diatas kue, kemudian tata kembali kue diatasnya dan ayak lagi gula donat. Begitu seterusnya sampai toples penuh.
- Klo merasa ribet, silahkan modifikasi resepnya sesuai selera dan kebutuhan Anda ya, hehehee... ;)

Selamat menghadirkan salju di rumah Anda ^_^

Wednesday, September 8, 2010

BUDAPEST CAKE ~ SIMPLY DELICIOUS



Firstly, I have no idea about this cake before.
Yang jelas Budapest itu ibukota dari negara Hungaria, hehehee...
Sejak melihat foto cake ini di blognya Mba Ayin Gundersen~Norway (www.agsfood.blogspot.com), aku langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. *Halah! :p
Eh, tapi beneran lho foto Budapest Cake yg ada di blognya Mba Ayin benar2 bikin ngiler. Fotonya cantik banget deh. Pertama aku kira itu seperti kue soes yang dibuat layer. Sekilas kelihatan mirip teksturnya. Tapi ternyata bukan, hihihiiii... Sok tauuuuu... :D

Tapi pas dilihat di blognya cuma ada ingredientsnya aja, ga ada directionsnya, hikzzz... Baru kemarin deh bisa tanya ke Mba Ayin langsung dan beliau berbaik hati memberikan directionsnya. TFS ya Mbaaa...

Resepnya aku modifikasi sedikit, dari jumlah gula dikurangin dan aku tambahin almond bubuk. Cakenya lembuuuuttt banget, tapi crunchy luarnya. Yummy!





Here's the recipe...

Ingredients:
6 putih telur
1/4 sdt garam (aslinya ga pake)
200 gram gula pasir (aslinya 250 gram)
3 sdm tepung custard
3 sdm almond bubuk (aslinya ga pake)
Almond slice secukupnya untuk taburan (mentah aja ntar juga matang saat dipanggang)
250 ml whipping cream cair (pilih yang plain aja soalnya cakenya udah manis)
1 kaleng kecil jeruk mandarin, tiriskan
Gula donat untuk dusting (optional)

Directions:
1. Panaskan oven 175'C. Siapkan loyang ukuran 30x30x3 cm (loyang bolu gulung), oles dengan margarin dan alasi dengan kertas roti. Sisihkan.
2. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang dan berbusa, masukkan gula pasir bertahap sambil terus dikocok sampai adonan putih telur mengembang dan kaku soft peak (terlihat mengkilat dan creamy).
3. Masukkan tepung custard dan almond bubuk. Kocok lagi dengan mixer kecepatan rendah sampai merata.
4. Tuang adonan ke loyang, ratakan permukaannya. Taburi almond slice.
5. Panggang dalam oven selama kurang lebih 20 menit, sampai permukaannya agak merekah dan kering.
6. Keluarkan dari oven, langsung balikkan di atas kertas roti baru, keluarkan dari loyang. Kelupas kertas roti yang menempel pada cake. Dinginkan.
7. Kocok whipping cream sampai kaku dan siap oles. Belah dua cake sama besar. Oles salah satu bagian dengan whipped cream, tata jeruk mandarin kemudian tumpuk dengan cake lagi. Beri dusting gula donat jika suka. Simpan dalam kulkas (refrigator) sampai saat disajikan. Potong-potong.

Notes:
- Cake ini akan mengembang banget saat dipanggang, maklum kan dari putih telur. Tapi dia akan langsung turun ketika keluar dari oven. Don't panic! It's normal :)
Memang aslinya cakenya tipis aja soalnya biasanya budapest cake ini disajikan sebagai roll cake, jadi digulung gitu.
- Cake ini lembut banget dalamnya, tapi crunchy dan kering di bagian permukaannya. Tapi walaupun masuk kulkas cake ini ga berubah teksturnya, tetap lembut, empuk dan permukaannya pun tetap renyah ^_^
- Klo bisa mandarin orange-nya jangan diskip, soalnya memberikan sensasi segar untuk menyeimbangkan rasa manis dari cakenya. Klo mau ganti dengan buah lain misalnya kiwi atau strawberry. Tapi aslinya memang pake mandarin orange.

Try it! ^_*

BROWNIES KURMA



Iseng aja bikin brownies kurma ini, karena kurma selalu tersedia di rumah selama Ramadhan, jadilah bikin brownies kurma ini. Enak juga untuk berbuka :)

Resepnya tetap pake resep 'Super Fudgy Brownies' resepnya bisa dilihat disini, tapi gulanya dikurangi jadi 1 cup ~ 225 gram saja, lalu ditambahkan 15 buah kurma yg dicincang kasar dan diberi almond slice di atasnya.

ALL ABOUT NASTAR ~ ANANAS TART



Karena banyak yang menanyakan tips dan trik untuk membuat nastar agar bentuknya bulat dan cantik, saya mencoba untuk berbagi pengalamanku yang cuma sedikiiiiiiiitttt ini ya :)

Nastar klasik memang pada umumnya berbentuk bulat, ada juga yang menambahkan cengkeh diatasnya, selain memberikan variasi juga memberikan aroma cengkeh yang khas.
Pekerjaan membuat nastar menurutku memang needs lots of effort alias penuh perjuangan, hehee... Dari mulai membuat selai nanas sendiri. Belum lagi membentuk nastarnya, dipipihkan, diisi selai, dibulatkan. Memanggang setengah matang, mengeluarkan dari oven, memoles dg kuning telur, masukkan lagi ke oven. Huuuffffttttt... Berani nawar nastar dengan harga murah??? Bikin aja sendiri!! Hahahaaa... :D

Setiap keluarga tentu punya resep nastar andalan masing-masing ya. Saya kali ini memakai resep ala Bu Fatmah dari NCC, bisa dilihat disini. Nanti insyaAllah akan mencoba lagi utak atik dengan resep yang lain.

Untuk membuat nastar agar hasilnya cantik memang agak 'tricky'. Hmmm... Ini ada beberapa tips dari aku yang mungkin masih banyak kekurangan, silahkan ditambahkan atau dikoreksi jika memang ada yang kurang pas ya.



Selai Nanas:
1. Gunakan nanas palembang yang seratnya lebih banyak dan atau nanas yang jenisnya tidak terlalu banyak mengandung air, jika menggunakan nanas subang maka kandungan airnya banyak sehingga lama untuk kering.
2. Nanas yang telah diparut atau dihaluskan kemudian dimasak dengan sedikit garam sambil diaduk-aduk sampai airnya kering (lumayan lama dan bikin pegel emang). Setelah airnya mengering, baru masukkan gula pasir. Aduk terus hingga kering dan lengket khas selai. Dengan cara ini akan dihasilkan selai dengan warna yang kuning kemerahan cantik. Jika gula pasir sudah dimasukkan dari awal maka warna selai akan coklat gelap dikarenakan gula mengalami karamelisasi selama proses pemasakan.
3. Rata-rata resep selai nastar menambahkan kayu manis, tapi saya pribadi ga pernah pakai kayu manis tapi hanya menambahkan daun pandan yang dimasukkan saat nanas dimasak (upss, bongkar rahasia, hehehee...). Aku sendiri ga terlalu suka selai beraroma kayu manis :)
4. Jika bisa buatlah selai 1 hari sebelumnya dan simpan dalam kulkas, ini membantu selai menjadi padat dan berkurang kadar airnya. Jadi selai lebih kering.

Nastar:
1. Kocok butter/margarin, gula halus dan telur dengan mixer sebentar saja, cukup sampai tercampur dan butter/margarin lunak. Tidak usah mengocok sampai putih dan mengembang. Nanti nastarnya jadi mudah meleber saat dipanggang.
2. Masukkan tepung terigu dan bahan lain sekaligus, lalu aduk rata dengan menggunakan sendok kayu. Usahakan tidak usah mengaduk menggunakan telapak tangan, karena panas tubuh dari telapak tangan akan membuat butter/margarin dalam adonan mencair, dan ini akan menyebabkan nastar menjadi keras.
3. Saat membentuk nastar, jangan letakkan wadah/baskom adonan di dekat kompor, oven atau samping kulkas, sekali lagi panas dari kompor/oven/kulkas akan membuat butter/margarin dalam adonan akan mencair.
4. Bila membuat adonan dalam jumlah banyak, sebaiknya buat 1/2 atau 1 resep dahulu, agar adonan tidak mengeras/mengering saat menunggu antrian dibentuk atau masuk oven. Bisa juga dibuat adonan butter/margarinnya dulu, lalu ambil setengahnya dan campur dengan terigu sejumlah setengahnya juga. Sisihkan 1/2 sisa adonan butter/margarin tutup dengan plastik dan jauhkan dari tempat yang panas/hangat.
5. Ambil sedikit adonan, pipihkan, isi dengan selai nastar. Jangan terlalu banyak mengisi selai, secukupnya saja. Isi selai yang terlalu banyak juga salah satu faktor yang membuat nastar jadi mudah retak.
6. Bulatkan kembali, lapisi tangan dengan sarung tangan plastik, selain lebih higienis, juga bisa membuat permukaan adonan yg dibulatkan lebih mulus, heheheee... Bulatkan dengan lembut, jangan terlalu ditekan di telapak tangan. Nanti selainya bisa tembus keluar.
7. Tata dalam loyang tipis dan loyang tidak perlu dioles margarin. Tenang saja, tidak akan menempel kok. Pengalamanku klo dioles margarin nanti nastarnya jadi agak lebih meleber. Beri jarak satu sama lain agar panas yg didapat setiap kue merata. Panggang dalam oven bersuhu 140-150'C. Jangan terlalu panas, selain cepat gosong juga nanti bisa bikin retak (banyak ya penyebab retak, hihihiii...). Panggang tanpa dioles kuning telur.
8. Panggang selama 20-30 menit. Kemudian keluarkan dari oven, baru poles dengan kuning telur. Panggang kembali sampai polesan kuning kemerahan. Cara ini akan membuat polesan tidak overbake, jadi warnanya bisa kuning kemerahan. Klo dipoles dari awal biasanya polesan akan berwarna coklat dan agak gelap, karena pemanggangannya terlalu lama.
9. Banyak versi untuk bahan polesan. Ada yang kuning telur dicampur susu cair, dicampur susu kental manis, dicampur air, dicampur madu, dicampur pewarna kuning, atau dicampur bahan pengkilap kue (cookie glaze). Tapi untuk saya pribadi hanya menggunakan kuning telur saja atau dicampur sedikit susu cair untuk mengencerkan agar tidak terlalu kental. Untuk menghasilkan polesan yang mulus, pilih kuas dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan berambut halus, saya menggunakan kuas nylon. Agar polesan bagus bisa dilakukan pemolesan 2x, poles dulu smua yang ada di loyang, lalu poles sekali lagi. Memang menghabiskan kuning telur lebih banyak, tapi worthed lah sama hasilnya. Tapi jika mau lebih hemat cukup sekali poles saja.
10. Gunakan bahan-bahan berkualitas, seperti butter, margarin, terigu, dll agar kue yang dihasilkan juga enak.

Ribet? Emang!!
So, jangan pernah mau nastarmu ditawar murah, hahahaaa... Kompor meledug!!! :D
Tapi ya harga relatif ya, tergantung bakul kuenya mau jual berapa dan ambil margin berapa. Ok!

Salam Nastar :)

MIE TITI 'DADAKAN'



Dinamakan mie titi dadakan soalnya memang bikinnya ga direncanakan. Tiba-tiba suami pulang kantor sore request mie titi, padahal persediaan sayur di kulkas ga lengkap, hasilnya ga ada sawi hijau atau putih, ga ada bakso sapi ataupun bakso ikan. Pokoknya seadanya aja deh, hihihiiii...

Introducing mie titi buat yang baru dengar. Mie titi ini adalah salah satu makanan khas Makassar, yaitu mie kering yang disiram sayuran berkuah kental. Mirip dengan ifumie atau tamie. Aslinya mie titi ini menggunakan mie khusus yang bentuknya kecil-kecil dan lurus alias mie rebonding, hehehee... Tapi karena di rumah adanya cuma mie telor biasa, ya sudah pakai yang ada saja deh.

Hasilnya, sluuurrrrpppp... Suamiku sampe nambah 2x lho, seger banget deh. Mienya kriuk kriuk dipadukan dengan kuah sayuran yang gurih, yummy... Bikinnya juga ga susah kok, hampir sama kayak bikin capcay gitu deh.
Yang mau nyobain ini resepnya ala diriku yaaa... Klo agak beda dengan yang aslinya harap maklum saja ya secara diriku ini bukan orang Makassar ji, hehehee... ;)

Bahan:
250 gram mie telor (1 bungkus)
Air untuk merebus mie
1 sdm minyak goreng (supaya mie tidak lengket)
1/4 sdt garam

Bahan kuah sayuran:
Dada ayam fillet secukupnya
Udang secukupnya, sisihkan kulit dan kepalanya
800 ml air
1/2 sdt garam
1 buah sosis, iris bulat (aslinya pake bakso sapi dan bakso ikan, tapi lagi ga ada di rumah)
10 buah jamur merang, masing-masing belah 4 bagian
1 buah wortel ukuran besar, dipotong menyerong
3 lembar daun kol, potong-potong (lebih lengkap pakai sawi hijau dan sawi putih)
Kembang kol secukupnya
2 batang daun bawang, iris-iris panjang 2 cm
1 batang seledri, iris-iris
3 siung bawang putih, geprek dan cincang
1 sdm saus tiram
1 sdt kecap ikan
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 1 sdm air
1 butir telur, dikocok lepas
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Pelengkap:
Saus sambal botolan
Jeruk nipis
Bawang goreng

Cara membuat:
1. Didihkan air secukupnya beri minyak goreng dan garam, rebus mie sampai matang tapi jangan sampai terlalu lunak. Angkat. Siram dengan air dingin. Tiriskan.
2. Rebus daging ayam bersama kepala udang yang sudah dibersihkan kotorannya. Beri garam. Masak hingga ayam matang. Angkat ayam, potong-potong dadu. Sisihkan. Buang kepala udang, saring air kaldunya. Sisihkan.
3. Panaskan minyak goreng yang banyak, goreng mie yang sudah ditiriskan dalam minyak dengan memakai saringan minyak (agar mie lebih mudah diangkat). Goreng hingga mie benar-benar kering. Angkat. Tiriskan. Sisihkan.
4. Panaskan minyak untuk menumis, masukkan bawang putih, tumis hingga harum. Masukkan udang, aduk hingga berubah warna. Masukkan ayam, sosis dan jamur merang. Masak hingga jamur agak layu. Masukkan wortel dan kembang kol. Aduk rata. Masukkan saus tiram, kecap ikan, garam, kaldu bubuk, merica bubuk dan gula pasir. Aduk rata. Tuang air kaldu. Didihkan.
5. Masukkan daun kol, masak sebentar sampai agak layu. Masukkan larutan maizena. Aduk rata sampai mengental.
6. Masukkan telur kocok sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga terlihat telur berserabut dalam kuah dan matang. Menjelang diangkat masukkan daun bawang dan seledri.
7. Cicipi rasanya. Matikan api.

Penyelesaian:
Tata mie kering dalam piring saji. Siram kuah sayuran ke atas mie. Sajikan dengan bahan pelengkap. Nikmati selagi panas. Sluuurrrpppp.... ;)

Selamat mencoba! ^_^

MY FIRST FLOSS ROLL BUN



Roti ini pertama kali aku makan di sebuah gerai bakery yang ada di mall. Pertama kali lihat kirain itu kayak telur dadar yang dikasih abon, xixixixiiii... Ndeso! :D
Habisnya sekilas dilihat kayak telur dadar sih (ngeles dot com), setelah dimakan ternyata roti, hehee...

Floss roll ini ada 2 macam, ada yang versi cake, jadi kayak swiss roll cuma dikasih filling abon dan ada taburan wijen dan daun bawang juga. Tapi pengen nyobain menggulung roti, jadi bikin yg versi roti aja deh. Sekalian memberdayakan tepung untuk roti yang sudah lama aku beli tapi belum diberdayakan, hehee...
Untuk abonnya aku pakai chicken floss alias abon ayam. Aku pake yang manis, ya dengan alasan biar semuanya bisa makan, termasuk Nadhifa ^_^
Bisa juga klo mau dibikin versi pedasnya, pake abon pedas dan taburannya ditambah irisan cabe merah, dan untuk olesannya memakai mustard+mayonaise. Klo yg aku bikin olesannya mayonaise saja.


(Roll it! Sebelum dipotong-potong)


(Mulus tanpa retak ^_^)

Exciting banget waktu menggulungnya, gampang banget. Mulus tanpa retak. Horeee.. Ternyata lebih mudah dari menggulung swiss roll, hehee... Kuncinya adalah jangan overbake, cukup 15 menit aja. Klo terlalu lama nanti rotinya kering dan bakal ga bagus digulungnya, alias retak-retak.

Resepnya hasil modifikasi dari resep soft bread NCC, hanya 1/2 resep saja untuk 1 roll, setelah dipotong-potong jadinya 5 buah roti.



Chicken Floss Roll Bun
Adapted from soft bread NCC, modified by Ricke

Bahan:
200 gram terigu protein tinggi/bread flour (Cakra Kembar, aku kemarin pakai tepung ala BT)
50 gram terigu protein sedang/all purpose flour (Segitiga Biru)
30 gram gula pasir halus (gula kastor) ~ bisa pake gula pasir biasa yg diblender
1 sdm susu bubuk full cream
6 gram ragi instant (1/2 bungkus)
1/4 sdt bread improver (aku pake Baker's Bonus) ~ bisa diskip klo ga ada
2 butir kuning telur
100 ml air es ~ penggunaan bisa jadi lebih sedikit tergantung kelembaban terigu yg digunakan, tambahkan sedikit demi sedikit sambil diuleni, hentikan jika sudah dirasa cukup
50 gram margarin
1/4 sdt garam

Topping:
1 butir kuning telur, kocok lepas
2 batang daun bawang, iris halus
Wijen sangrai secukupnya

Filling:
Mayonaise
Chicken floss (abon ayam) ~ Bisa diganti dengan meat floss (abon sapi)

Cara membuat:
1. Campur terigu, ragi instant dan bread improver. Aduk rata. Masukkan telur, aduk rata. Masukkan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni, hentikan penambahan air jika dirasa sudah cukup. Uleni sampai 1/2 kalis.
2. Masukkan margarin dan garam. Uleni terus sampai kalis dan elastis. Permukaan adonan licin dan adonan tidak mudah sobek jika dibeberkan tipis. Tempatkan dalam wadah, tutup dengan plastik atau serbet lembab. Istirahatkan selama 40 menit atau sampai adonan mengembang 2x lipat.
3. Kempiskan adonan, gilas tipis menjadi bentuk kota ukuran 30x30 cm. Tempatkan dalam loyang ukuran 30x30x3 cm (seperti loyang bolu gulung) yang sudah diolesi margarin. Tusuk-tusuk di beberapa tempat dengan menggunakan garpu agar adonan tidak mengangkat saat dipanggang. Istirahatkan lagi selama 15 menit.
4. Olesi permukaannya dengan kuning telur, taburi wijen dan daun bawang. Panggang dalam oven suhu 180'C selama 15 menit. Jika ada api atas, 3 menit terakhir nyalakan api atas agar warna permukaannya kecoklatan. Jika menggunakan oven tangkring, taruh loyang di rak paling atas.
5. Keluarkan dari oven. Siapkan kertas roti dg ukuran lebih besar dari loyang, balik roti diatas kertas roti. Oles dengan mayonaise, beri abon. Gulung perlahan sambil dipadatkan (gunakan kertas roti sebagai alas tangan saat menggulung). Diamkan sebentar. Potong menjadi 5 bagian. Olesi masing-masing ujungnya dengan mayonaise dan beri abon.

Selamat Mencoba! ^_^

ES JELLY CERIA ^_^



Kenapa dinamain ceria?? Karena warna warninya ceria. Karena dibikinnya juga dengan ceria. Karena gampang jadi bikin ceria. Halah! Maksa deh alasannya ^o^

Asli ini adalah es yg gampang banget deh bikinnya. Selalu bikin es ini kalo lagi males bikin yang ribet, heheheee... Bahannya dari jelly instant (Nutrijell) dengan rasa terserah Anda sesuai selera aja deh. Ini aku tadi bikin pake yang warna orange rasa mangga.

Bahan:
1 bungkus jelly instant (Nutrijell), rasa sesuai selera
500 ml air (di kemasan tertulis 700 ml air, tapi biar jellynya lebih kokoh aku kurangi jadi 500 ml aja)
120 gram gula pasir
Sirup leci, campur dengan air sesuai instruksi pada kemasan
Jelly mutiara siap pakai
Biji selasih siap pakai (aku pakai yang kering, direndam dulu sebentar dalam air)

Cara membuat:
1. Campur jelly instant, gula pasir dan air. Didihkan. Angkat. Tuang ke cetakan. Bekukan. Potong-potong atau cetak dg cookies cutter klo mau bentuk yg lucu-lucu (aku tadi dicetak bentuk bunga, tapi ga kelihatan ya di gelasnya, hihihiiii...)
2. Taruh jelly dalam gelas, beri jelly mutiara dan biji selasih. Beri sirup leci dan es batu secukupnya. Siap disajikan. Sluurrrpppp.... ;)

BOLU PELANGI KUKUS



Sudah lama juga kayaknya ga bikin 'cake', di kulkas masih ada putih telur sisa bikin tester kue kering beberapa hari yang lalu. Kebetulan juga Nadhifa minta cemilan kue. Ya sudah, dibikin bolu kukus pelangi ini saja. Resepnya saya adaptasi dari Buku Primarasa, Seri Dapur Nusantara 'Serba Manis dari Terigu'. Tapi karena ternyata putih telur yang saya punya kurang, harus mecahin 3 butir telur lagi deh. Tapi tetep ga mau ada telur nyisa lagi, ya udah kuning telurnya dipakai juga, hehehee... Di resep asli hanya putih telur saja. Dan di resep asli juga hanya pakai pewarna saja, tapi saya pakai pasta biar ada aromanya, hehehee...

Bahan:
200 ml santan kental
1/2 sdt pasta pandan
1/2 sdt pasta cocopandan/strawberry
250 ml putih telur
1/2 sdt garam
200 gram gula pasir
3 buah kuning telur, kocok lepas
1/4 sdt vanili bubuk
150 gram terigu
1 lembar daun pandan, sobek-sobek

Cara membuat:
1. Panaskan santan dan daun pandan. Aduk-aduk hingga mendidih. Matikan api. Dinginkan dan buang daun pandannya.
2. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang dan berbusa. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga kaku soft peak. Masukkan kuning telur sedikit demi sedikit sambil dikocok perlahan. Masukkan vanili bubuk. Kocok rata sebentar.
3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan santan. Aduk rata setiap penambahan cukup diaduk perlahan dengan menggunakan spatula karet saja. Jangan pakai mixer nanti adonan telur akan turun dengan suksesnya!
4. Bagi 3 adonan. Satu bagian ditambahkan pasta pandan, satu bagian lagi ditambahkan pasta cocopandan/strawberry, satu bagian lagi biarkan putih.
5. Siapkan loyang ukuran 18x18 cm. Olesi minyak, alasi dengan plastik/kertas roti. Tuang 1/2 adonan hijau, kukus selama 3-4 menit. Tuang 1/2 adonan merah, kukus selama 3-4 menit. Tuang 1/2 adonan putih, kukus selama 3-4 menit. Terus bergantian sampai habis. Terakhir kukus selama 20 menit.

*Bila bolu sudah disimpan, dingin dan ingin fresh lagi, bisa dikukus kembali selama 5 menit.

Tuesday, September 7, 2010

PUDING TAHU ALMOND BUAH



Eiittzzz, tunggu dulu, walaupun namanya puding tahu, tapi sama sekali ga pake tahu ;)
Hanya namanya saja puding 'tahu' karena penampilannya yg mirip tahu, putih bersih. Selain itu teksturnya juga lembut seperti tahu.

Puding tahu ini memang paling cocok disajikan dengan buah-buahan segar. Selain memakai fruit cocktail kalengan juga bisa memakai buah segar yang dipotong-potong. Siram dengan sirup kesukaan dan diamkan dalam kulkas minimal 2 jam agar rasa dari sirup meresap ke dalam puding. Hmmmm... Fresh, easy and delicious! ^_^

Sebenarnya takaran asli biasanya 1 bungkus agar-agar untuk 1500 ml cairan, tapi takaran itu cocoknya untuk puding tahu dalam cup, jadi makannya disendoki. Agar teksturnya lebih kokoh untuk dipotong-potong saya kurangi cairannya menjadi 1000 ml alias 1 liter saja.

Yuuuk dicoba bikin, cocok untuk ta'jil buka puasa, juga untuk acara-acara. Ini dia resepnya...

Bahan:
1 bungkus agar-agar bubuk putih
1/2 kaleng susu kental manis putih (150 ml)
850 ml air
50 gram gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt essence almond
*

Pelengkap:
1 kaleng besar fruit cocktail (atau buah-buahan segar yg dipotong-potong sesuai selera)
Sirup leci (dibuat dengan campuran air sesuai instruksi takaran dalam kemasan), atau sirup apa saja sesuai selera

Cara membuat:
1. Larutkan susu kental manis dan air. Aduk rata. Masukkan garam. Aduk rata. Sisihkan.
2. Campur agar-agar bubuk dan gula pasir. Aduk rata. Masukkan ke dalam larutan susu. Masak sambil diaduk-aduk sampai mendidih. Ketika mendidih pertama kali, langsung matikan api. Jangan sampai susu meluap dan berbusa nanti larutan menjadi pecah dan pudingnya ga cantik.
3. Biarkan sampai uap panasnya hilang. Masukkan essence almond. Aduk rata. Tuang ke dalam wadah/cetakan. Dinginkan dan bekukan.
4. Setelah membeku, potong-potong puding bentuk kotak. Taruh dalam mangkuk besar. Masukkan fruit cocktail bersama airnya, tambahkan sirup leci. Simpan dalam kulkas minimal 2 jam agar sirup meresap ke dalam puding. (Tapi klo buru-buru ya silahkan langsung dimakan aja, hehehee...)
5. Saat disajikan, sendokkan puding ke dalam mangkuk/gelas saji. Sajikan dingin. Sluuurrrpppp.... ^_*

*Essence almond bisa diganti yg lain sesuai selera.

Btw, sukaaa deh sama hasil jepretanku yg ini. Efek sinar matahari sorenya dapet, hehehhh... Maklum amatiran :p

SUP IGA SAPI



Jujur sebenernya suka bingung klo mau posting resep masakan daily menu alias menu sehari-hari. Soalnya aku klo masak ga pernah ditakar, semua jumlah bumbu, air, dll pake feeling saja, hehehee... Semoga feelingnya bagus terus, jadi ga ada judul masakan keasinan, hihihiiii... :p

Sup iga sapi ini segar banget, kuahnya beraroma rempah, daging iganya empuk dan kuahnya sluuurrrpppp... ^_^

Bahan:
1 kg iga sapi potong-potong (aku cuma 500 gram, lha yg maem cuma bertiga, hehehh...)
2 buah wortel, potong-potong agak besar
2 buah kentang, masing-masing belah 4
3 lembar daun kol, potong-potong
1 siung bawang putih, digeprek
2 cm jahe, digeprek
2 lembar daun jeruk
2 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk (atau 1/2 butir biji pala)
1 sdt gula pasir
3 buah cengkeh (bila suka)
2 batang daun bawang, potong-potong panjang (3 cm)
2 batang daun seledri, petiki daunnya
2 buah tomat, masing-masing belah 4
2 liter air
3 sdm minyak goreng

Bumbu halus:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih

Pelengkap:
Bawang goreng
Jeruk nipis
Sambal cabe rawit

Cara membuat:
1. Rebus iga dengan 500 ml air selama 15 menit. Angkat. Buang airnya. Tiriskan. Sisihkan. (Ini bertujuan agar darah yang masih ada dalam daging bersih dan tidak larut dalam kuah)
2. Panaskan lagi 1500 ml air. Masukkan iga. Masukkan jahe, bawang putih, daun jeruk dan cengkeh. Masak hingga daging empuk skitar 1 jam. Aku kemarin pakai panci presto.
3. Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan ke rebusan iga. Masukkan garam, merica bubuk, pala bubuk, kaldu bubuk dan gula pasir. Masukkan wortel dan kentang. Masak hingga sayuran matang. Jika air kurang bisa ditambah. Cicipi rasanya.
4. Masukkan kol, masak hingga layu. Masukkan daun bawang dan seledri. Masak sebentar. Angkat.
5. Sajikan dengan taburan daun bawang. Beri jeruk nipis dan sambal cabe rawit jika suka.

*Untuk takaran garam, kaldu bubuk dan gula pasir disesuaikan dengan selera aja yaaa... ^_^

ES PISANG IJO



Es pisang ijo ini terkenal sebagai dessert atau jajanan khas kota Daeng Makassar, Sulawesi Selatan. Sebelumnya pernah bikin juga tapi bahan dasar kulitnya dari tepung beras seperti kebanyakan resep yang beredar di internet. Setelah berkonsultasi (caileee...) dengan Bunda Andi Citra Dewi yang sering membuat es pisang ijo ini, ternyata beliau menggunakan tepung terigu, bukan tepung beras. Adonannya pun diberi sedikit mentega (mungkin tujuannya agar adonan cepat kalis dan tidak lengket, juga jadi empuk). Beliau juga bilang untuk sausnya beliau menggunakan tepung custard, wooww special banget pasti rasanya. Tepung custard adalah tepung untuk membuat vla, rasanya enak banget, sering juga dipakai untuk klappertaart. Tapi berhubung sayang untuk membuka kaleng kemasan tepung custard yang belum dipakai, akhirnya saya hanya memakai maizena saja, heheheee... Selain maizena bisa juga pakai tepung beras.

Kemarin sempat ngerumpi dengan Mba Asmara Dewi dan Mba Diah Raki soal es pisang ijo ini. Mba Asmara sudah duluan bikin untuk menu buka puasa dengan kulit versi tepung beras, nah kali ini saya buat dengan versi tepung terigu. Untuk Bunda Citra Dewi, terimakasih atas arahannya ya... Walaupun versi saya ini takarannya hanya berdasarkan feeling saja, karena ga sempat tanya sampai ke takaran bahan ^_^

Bahan pisang ijo:
5 buah pisang raja, kukus, kupas (saya tidak dikukus dulu coz pisangnya sudah matang banget)
125 gram tepung terigu serba guna (protein sedang)
300 ml santan kental (aku pakai Kara 200 ml ditambah air 100 ml)
1/2 sdt air kapur sirih
1/4 sdt garam
2 sdm gula pasir
1 sdt pasta pandan
2 tetes pewarna hijau (optional)
*kalau ada daun suji pewarnanya bisa diskip dan diganti air daun suji yang dicampur air daun pandan
1 sdm mentega
5 lembar plastik bening, belah 2 melebar

Saus/Vla Santan:
400 ml santan kental
1 lembar daun pandan, sobek-sobek
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanili bubuk
2 sdm gula pasir (ga pake juga ga apa-apa, jadi vlanya hanya gurih saja)
3 sdm tepung maizena, larutkan dengan 4 sdm air

Pelengkap:
Es batu, hancurkan agak halus
Sirup merah (aslinya pakai sirup merah DHT khas Makassar, tapi saya ga punya jadi pakai sirup cocopandan)
Susu kental manis

Cara membuat:
Pisang ijo:
1. Dalam mangkuk campur santan, air kapur sirih, garam, gula pasir, pasta pandan dan pewarna hijau. Aduk rata. Sisihkan.
2. Tempatkan tepung terigu pada panci, masukkan larutan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dan tidak menggumpal. Kemudian masak di atas api kecil sambil diaduk-aduk, masukkan mentega. Aduk rata hingga mentega larut. Aduk terus hingga adonan licin dan tidak lengket di panci. Angkat. Biarkan agak hangat.
3. Ambil selembar plastik, oles sedikit minyak goreng. Ambil sekitar 3 sendok makan adonan, pipihkan, beri pisang, gulung sambil dipadatkan. Bentuk menyerupai pisang utuh. Bungkus padat dengan plastik.*
Lakukan sampai habis. Kukus selama kurang lebih 20 menit. Angkat. Buka plastiknya. Dinginkan.

Saus/Vla santan:
Campur santan, garam, vanili bubuk, gula pasir dan daun pandan. Masak sambil diaduk-aduk sampai mendidih. Masukkan larutan maizena. Aduk rata hingga mengental dan meletup-letup. Angkat. Dinginkan.

Penyajian:
Taruh pisang ijo dalam piring/mangkuk saji. Potong-potong. Beri es batu yang banyaaaakkkkk... :D
Beri saus/vla santan. Beri sirup merah dan susu kental manis. Sajikan dengan penuh CINTA, heheheee.... ^_^

*Saya membungkus pisang ijo dengan plastik agar adonan tidak mengembang saat dikukus yang biasanya akan membuat kulit menjadi pecah. Bisa juga dibungkus dengan daun pisang.
Tapi jika waktu pengukusan pas, ga dibungkus juga ga apa-apa, semoga tidak mengembang dan pecah. Maklum diriku belum berpengalaman ;)

LASAGNA



Kemarin saking malesnya masak, karena badan sedang ga fit dan perut sakit bulanan, akhirnya diriku ga masak nasi beserta lauk pauk dan sayurnya. Bikin ta'jil untuk ifthor aja jam 5 sore, hehee. Untuk makan malamnya bikin lasagna ini. Tadinya mau bikin pizza tapi ya males banget buat bikin rotinya. Eh, suami request lasagna. Lihat persediaan ternyata masih punya pasta kulit lasagna. Yo wiss habis magrib bikin deh lasagna ini :)

Resep ini aku ambil dari buku terbitan Primarasa Femina seri 'Skotel Serba Panggang'. Rasanya enak banget, kejunya terasa dan ga kalah deh sama yang pernah aku makan di salah satu resto pizza ^_^
Saus dagingnya aku tambahkan jamur merang yang dicincang, soalnya masih ada sisa bikin sapo tahu kemarin.

Yuk bikin, siapa tau bisa jadi alternatif menu untuk buka puasa. Ini dia resepnya...



Lasagna
by Primarasa Femina 'Skotel Serba Panggang' (modified by Ricke)

Bahan:
1 bungkus kulit lasagna kering (aku kemarin pakai yang ready to bake, jadi ga direbus dulu langsung pakai)
2 liter air
1 sdt minyak goreng
1/2 sdt garam

Saus daging (meat sauce):
2 sdm minyak goreng untuk menumis
1 siung bawang putih, cincang halus
100 gram bawang bombay, cincang (aku pake 1 buah ukuran sedang)
500 gram daging sapi cincang (aku pakai daging sapi giling)
50 gram jamur merang, cincang (versi aku)
500 gram tomat merah, kupas, cincang (aku diblender kasar pakai food processor)
170 gram pasta tomat (aku pakai 1 botol kecil saus tomat)
100 ml air
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt oregano kering
1/2 sdt basil kering
2 sdt gula pasir

Saus bechamel (putih):
50 gram mentega/margarin
50 gram terigu (pakai protein sedang)
500 ml susu cair (fresh/UHT)
125 gram keju cheddar parut
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk

Taburan:
250 gram keju mozarella parut (aku cuma pakai 100 gram, mahal boo...hehehee...)
50 gram keju parmesan parut

Cara membuat:
1. Didihkan air, beri minyak goreng dan garam. Masukkan lasagna. Rebus sampai lunak (kurleb 10 menit). Angkat. Tiriskan. (Pisahkan lembaran lasagna agar tidak menempel satu sama lain)

2. Saus daging (meat sauce): Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu. Masukkan daging cincang, aduk sampai berubah warna, masukkan jamur merang, aduk hingga layu. Tambahkan tomat, pasta tomat dan air, didihkan. Bubuhi garam, merica bubuk, oregano, basil dan gula pasir. Masak dengan api kecil hingga mengental. Angkat. Sisihkan.

3. Saus bechamel (putih): Lelehkan mentega/margarin dengan api kecil. Masukkan terigu, aduk rata. Tuangi susu cair sambil terus diaduk di atas api kecil sampai halus dan lembut serta tidak menggumpal. Masukkan keju cheddar parut, merica bubuk dan pala bubuk. Angkat. Sisihkan.

4. Olesi pinggan tahan panas dengan margarin (aku ga punya pinggan pirex yang besar, jadi pakai loyang yang dialasi alumunium foil dan diolesi margarin). Tata 1/3 bagian kulit lasagna, 1/2 bagian saus daging, 1/2 bagian saus putih. Tata lagi kulit lasagna, ulangi sampai habis. Terakhir tata 1/3 bagian kulit lasagna (klo aku bikin lasagna selalu mengakhiri dengan saus putih di bagian atas).

5. Taburi dengan keju mozarella dan parmesan (aku juga taburkan sedikit oregano kering di atasnya). Panggang dalam oven (aku pake suhu 180'C) selama 20 menit (aku sesuai petunjuk kemasan lasagna sekitar 35 menit) sampai bagian atasnya kuning sedikit kecoklatan dan matang.

Keluarkan lasagna dari oven, biarkan sebentar sekitar 10-15 menit agar lasagna sedikit set. Potong-potong dan sajikan hangat. Sluuurrrrppppp.... ;)

Selamat mencoba! ^_^

SAPO TAHU AYAM JAMUR



Yang lagi punya stok tahu, siapa tau bisa jadi menu makan malam untuk berbuka puasa hari ini.

Sapo tahu ini menu makan malam berbuka puasa aku dan keluarga tadi malam. Karena cuma belanja di tukang sayur jadinya hanya ada tahu putih biasa, harusnya pakai tahu sutra atau tahu telur yg lonjong itu, trus diiris bulat-bulat.
Biasanya juga memakai udang, tapi masih ada stok ayam ya sudah pakai ayam aja, hehee... Serba seadanya ;)

Yuuuk dicoba, seger buat menu makan berbuka nanti. Gurih kuahnya dan mudah banget membuatnya. Ini dia resepnya...

Bahan:
2 buah tahu sutra/tahu telur, potong-potong (aku karena lagi ga punya, jadi pake tahu putih biasa dipotong dadu), goreng asal berkulit
1 buah dada ayam, rebus, suwir-suwir
1 buah wortel besar, iris tipis menyerong
3 lembar daun kol, potong-potong
3-4 lembar jamur kuping segar, iris-iris
10 buah jamur merang, belah dua
2 batang daun bawang, iris panjang 2 cm

Bumbu:
3 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah bawang bombay, iris tipis
1 cm jahe, potong korek api
2 sdm saus tiram (oyster sauce)
1 sdt kecap ikan (fish sauce)
1/2 sdt kecap asin (salted sauce)
1 sdm minyak wijen (sesame oil)
400 ml air
1 buah kaldu ayam blok atau 1 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt garam (bisa ditambah sesuai selera)
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
1 1/2 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
3 sdm minyak goreng utuk menumis

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih, bawang bombay dan jahe sampai harum. Masukkan wortel, jamur kuping, jamur merang. Aduk rata. Masukkan saus tiram, kecap asin, kecap ikan. Aduk rata. Masukkan air. Masak hingga mendidih.
2. Masukkan garam, kaldu ayam blok/bubuk, gula pasir, merica bubuk dan minyak wijen. Masak sebentar.
3. Masukkan tahu, kol dan ayam suwir. Aduk rata. Masukkan larutan maizena. Aduk hingga mengental dan meletup-letup. Menjelang diangkat masukkan daun bawang. Masak sebentar. Angkat. Sajikan.

*Sapo tahu ini salah satu Chinese Food yg aslinya dimasak dalam claypot (pinggan yg terbuat dari tanah liat), tapi karena ga punya ya masak pake wajan biasa aja, hehehee...

ES LODER/ES BUBUR JODO/ES BUBUR SUMSUM



Di Bogor disebut es loder, klo di Cilegon disebut es bubur jodo, ada juga yg bilang es bubur sumsum, atau malah es dawet walaupun berbeda dengan dawet ayu khas jawa. Yang pasti skarang sepertinya sudah jarang sekali yang jual. Dulu waktu masih sekolah, sering banget beli es ini klo ada yang lewat depan rumah, hihihiii...

Ini ta'jil berbuka kemarin, tadinya mau bikin es bubur mutiara aja. Eh ngobrol sama Teh Diah Raki ngomongin es ini, jadi aja pengen bikin, hehee... Kebetulan masih punya stok tepung hunkwe. Rasanya lumayan mirip lah, cuma sepertinya yang dijual di abang-abang itu racikan puding hunkwenya pakai kapur sirih dan lebih lembut. Aku kemarin bikinnya cuma tepung hunkwe, air dan sedikit pewarna hijau, jadinya lebih kenyal.

Es Loder/Es Bubur Jodo/Es Bubur Sumsum
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
Puding hunkwe:
1 bungkus tepung hunkwe (100 gram)
700 ml air
2-3 tetes pewarna hijau

Bahan saus santan:
300 ml santan (aku bikin dari 200 ml santan kental instant dan 100 ml air)
1/4 sdt garam
1 lembar daun pandan, sobek-sobek
1 sdt tepung maizena, larutkan dengan 1 sdm air

Bahan saus gula merah:
100 gram gula merah
100 gram gula pasir
300 ml air
1 sdt maizena, larutkan dengan 1 sdm air

Bahan mutiara:
50 gram sagu mutiara

Bahan candil:
100 gram tepung ketan
15 gram tepung sagu
Sejumput garam (sedikiiit aja)
1 sdt air kapur sirih
100 ml air hangat

Pelengkap:
Es batu

Cara membuat:
1. Puding hunkwe: Larutkan tepung hunkwe dengan 200 ml air. Sisihkan. Campur 500 ml air dan pewarna hijau, masak sampai mendidih. Masukkan larutan hunkwe, aduk-aduk sampai mengental dan meletup-letup. Angkat, tuang ke wadah, biarkan dingin dan membeku.
2. Saus gula merah: Masak air, gula merah, gula pasir sampai mendidih dan gula larut. Masukkan larutan maizena, aduk rata hingga agak kental. Angkat. Dinginkan.
3. Saus santan: Masak santan, garam dan daun pandan dengan api kecil sambil diaduk-aduk sampai mendidih. Masukkan larutan maizena, aduk sampai agak mengental. Angkat. Dinginkan.
4. Mutiara: Didihkan air secukupnya sampai merendam sagu mutiara. Masukkan sagu mutiara. Masak hingga sagu mutiara bening dan matang sempurna. Tidak perlu sering diaduk-aduk, nanti jadi hancur. Apabila belum bening tapi air sudah habis, tambahkan air dan didihkan kembali.
5. Candil: Campur tepung ketan, tepung sagu dan air kapur sirih. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Hentikan penambahan air bila adonan dirasa sudah cukup kalis dan bisa dipulung. Bentuk bola-bola sebesar kelereng. Didihkan air, masak candil ke dalam air mendidih hingga mengapung dan matang. Angkat, tiriskan. Masukkan dan rendam ke dalam saus gula merah agar warnanya mengkilat kecoklatan.

Penyajian:
Tata dalam mangkuk saji: Puding hunkwe hijau (sendoki jadi lembaran tipis-tipis), sagu mutiara, dan candil. Beri es batu secukupnya. Siram dengan saus santan dan saus gula merah.

Selamat mencoba! ^_^