Friday, December 31, 2010

KUE PUKIS PANDAN



Akhirnya, setelah 3 kali mencoba membuat pukis dengan takaran resep yang berbeda-beda, akhirnya ketemu juga takaran yang pas dengan seleraku. Pukis yang padat/gak kopong, empuk, manisnya pas, gak keras walau udah dingin, dan gak bau 'tape' karena penggunaan ragi yang terlalu banyak.

Percobaan pertama: GOSONG, hahahaaa... Habis nuang adonan lupa mengecilkan api trus ditinggal menerima panggilan telepon :D
Teksturnya terlalu kopong dan ringan, bau 'tape' karena penggunaan ragi yang terlalu banyak untuk takaran terigu yang cuma 250 gram (raginya 10 gram) dan over fermentasi juga karena didiamkan sampe sejam. Hasilnya permukaannya pun jadi bolong-bolong besar.

Percobaan kedua: Sudah oke, cuma masih kurang empuk menurutku. Dan karena mencoba menambahkan soda kue juga pada adonan sebelum dituang ke cetakan, hasilnya dalamnya bersarang seperti martabak, xixixiixixiiiiiii... Pukis yang aneh! :D

Percobaan ketiga: Ya inilah hasilnya. Alhamdulillah puas deh ^_^

Thanks to Mba Suzan Ghadi yang berbagi tips dan trik membuat pukis. Memang benar ternyata pemakaian terigu protein tinggi menghasilkan pukis yang padat tapi empuk, sama seperti yang dijual di abang-abang, heheee... Juga sebelum adonan dituang, adonan diaduk sambil dikeplok-keplok (pakai sendok sayur) agar gelembung udara berlebihan dalam adonan hilang dan permukaan pukis tidak terlalu banyak bolong-bolongnya. Makasiiiiih ya Mba Suzan, oke banget deh! ^_^

Karena pandan lover, jadinya bikin pukis versi pandan donk, heheheee... Klo mau variasi lain silahkan dimodifikasi aja sendiri yah. Begitu pula dengan toppingnya, bisa dipakein selai, kismis, sukade, dll. Aku cuma pake keju dan meisyes ajah.





Kue Pukis Pandan
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
250 gram terigu protein tinggi (Cakra Kembar/Bread Flour)
150 gram gula pasir
3 butir telur
1 sdt emulsifier (SP/TBM/Ovalette) ~ Optional
1/2 sdt essence vanilla
1/4 sdt garam
1 sdt ragi instant/yeast (Fermipan/Saaf Instant)
350 santan sedang kentalnya (aku pake Kara ukuran 200 ml ditambah air hingga volumenya 350 ml)
1 1/2 sdt pasta pandan
65 gram margarin, lelehkan, dinginkan
50 ml susu kental manis putih

Cara membuat:
1. Ayak terigu. Sisihkan.
2. Campur santan dengan pasta pandan. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan garam hingga MENGEMBANG, KENTAL dan KAKU berwarna PUTIH dengan mixer kecepatan tinggi. Masukkan essence vanilla. Kocok rata.
4. Turunkan kecepatan mixer hingga kecepatan paling rendah (speed 1), masukkan 1/3 bagian terigu dan kocok rata sebentar. Masukkan 1/2 bagian santan. Kocok rata lagi. Begitu berselang seling terigu dan santan dan akhiri dengan terigu. Matikan mixer.
5. Masukkan ragi instant. Aduk rata dengan spatula.
6. Masukkan margarin cair sedikit demi sedikit. Aduk rata dengan spatula.
7. Terakhir masukkan susu kental manis. Aduk rata dengan spatula.
8. Diamkan selama 20-30 menit.
9. Panaskan cetakan kue pukis yang telah dioles minyak/margarin dengan api sedang. Setelah panas, kecilkan api (pakai api keciiil aja).
10. Tuang adonan setinggi 3/4 tinggi cetakan. Tutup sebentar biarkan setengah matang, taburi topping selagi permukaan masih agak cair tengahnya. Tutup kembali dan masak sampai matang dan permukaan kering.
11. Angkat dan keluarkan dari cetakan. Panas-panas oles/semir permukaan kedua sisi kulit pukis dengan margarin. Tujuannya agar kulit pukis tidak kering dan mengeras setelah dingin. Sajikan.

Selamat mencoba. Semoga cocok dengan selera deh ya... ^_^

Tips:
- Jika ingin pukis lebih awet (tidak cepat asem), rebus dulu santan hingga mendidih pertama kali. Angkat dan dinginkan.
- Sebelum adonan pukis dituang, aduk sambil dikeplok-keplok dengan menggunakan sendok sayur untuk mengurangi gelembung udara berlebihan dalam adonan yg menyebabkan permukaan kue pukis bolong-bolong besar.
- Tuang adonan dengan bantuan gelas ukur agar lebih mudah dan tidak belepotan.
- Setelah dingin simpan kue pukis dalam wadah yang tertutup rapat.
- Klo gak punya cetakan pukis bisa juga pake cetakan kue lumpur. Cuma beda bentuknya aja, rasanya tetep kue pukis, heheheee...

THE 'SEXY' STRAWBERRY BLOSSOM JAPANESE CHEESE CAKE



Ini dia si sexy yang aku kerjakan hari ini. Pesanan seorang customer yang gak mau disebutkan namanya. Dipersembahkan untuk istrinya tercinta yang lagi ngidam cheese cake, heheheheee...
Tadinya minta full dekor alias dicover krim semua (bukan si sexy ini), tapi gak jadi karena katanya takut enek klo kebanyakan krim (maklum lagi ngidam kan gampang enek). Ya sudah deh, jadilah si sexy ini ^_^

Topping strawberrynya sengaja aku susun menjadi 'blossom' biar terlihat lebih romatis gitu. Emang ada hubungannya??? Ya dihubung-hubungkan saja deh ya, xixixiixixiiiiii....

Semoga berkenan yaaa... Sehat selalu and many thanks for ordering ^_^

Sunday, December 26, 2010

ZUPPA SOUP



Long weekend ini kami gak kemana-mana. Just enjoying our times together aja. Makan ga makan asal kumpul, halah! kok ya ga nyambung??? Kekekekekkkk...
Sebenernya hari ini lagi males banget masak. Badan masih berasa 'remuk' karena beberapa malam sebelumnya begadang terus ngerjain pesanan yang pada diambil nyubuh. Hasilnya banyak yg 'bablas' gak terdokumentasikan, hiiikkkkzzzz.... Tapi gak apa-apa deh yang penting duit kumpul, xiixixixiixixiiii... :D

Setelah sarapan eh tiba-tiba suami punya ide (baca: minta) bikin zuppa soup. Kebetulan di freezer masih ada sisa kulit puff pastry siap pakai. Tapi bahan buat soup-nya gak ada, kulkasnya 'sekarat', hihihihiiii... Ya sudah sekalian suamiku mu beli pot bunga untuk tanamannya, sekalian juga belanja bahan-bahannya dan ngajak Nadhifa main.

Alhamdulillah, akhirnya jadi juga hari ini kami menikmati zuppa soup yang uenaaakkkkk... Cream soup-nya hasil cemplung-cemplung aja, biasa pake ilmu kira-kira, heheheee... Klo masak emang suka begitu, beda sama baking yang mesti ada takaran akuratnya, hihihihiiii...

Cream soup-nya teuteup donk pake susu. Tapi cuma pake setengah kaleng susu evaporated (skitar 125 ml), biar gak terlalu susu banget. Tadinya malah mau bikin gak pake susu aja, kayak cream soup yang ada di resto Pizza ternama itu lhooo... Soupnya cuma kental tapi cenderung bening, perkiraanku ya pasti gak pake susu. Tapi karena suamiku request bikin yang 'creamy' jadi ya pake susu deh! ^_^

Senangnyaaaa... Nadhifa doyan bangettttt, sampe nambah dan nagih terussss, heheheee... Dia emang suka sama cream soup. Ahhhh... Itulah kepuasan memasak untuk keluarga!



Zuppa Soup
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
Kulit puff pastry siap pakai, potong-potong sesuai ukuran mangkuk yang dipakai

250 gram fillet ayam, potong dadu kecil-kecil
5 buah sosis ayam, potong dadu kecil-kecil
100 gram jamur kancing kalengan, iris tipis (aku pake 1/2 kaleng dengan kemasan berat bersih skitar 200 gram)
2 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
1 liter air
125 ml susu evaporated
1 1/2 sdt garam
1 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
3 sdm margarin
5 sdm terigu

Kuning telur, kocok lepas untuk bahan olesan
Oregano kering bubuk untuk taburan (optional, aku iseng aja ditaburin, heheheee...)

Cara membuat:
1. Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu. Kecilkan api. Masukkan terigu, aduk rata hingga terigu bercamur dengan tumisan. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga air habis.
2. Masukkan ayam, masak hingga mendidih dan mengental dengan api sedang. Masukkan jamur dan sosis. Beri garam, kaldu ayam bubuk, merica bubuk dan gula pasir. Masak sebentar hingga jamur dan sosis matang.
3.Masukkan susu evaporated. Masak sambil diaduk-aduk agar susu tidak pecah hingga mendidih pertama kali. Matikan api. Cicipi dan sesuaikan dengan selera.
4. Panaskan oven 200'C. Siapkan mangkuk keramik tahan panas, tuang sup ke dalam mangkuk (jangan terlalu penuh). Tutup dengan kulit puff pastry. Oles kuning telur, taburi oregano. Panggang dalam oven hingga puff pastry mengembang, kecoklatan dan renyah. Angkat. Sajikan.

Tips:
- Untuk variasi, bisa juga ditambahkan jagung manis pipil dan wortel yang dipotong dadu kecil-kecil.
- Jangan mengisi mangkuk terlalu penuh karena ketika dipanggang sup akan mendidih. Klo terlalu penuh nanti meluap keluar atau menyebabkan kulit pastry basah.
- Jika menginginkan zuppa puff pastry yang menggelembung tinggi (high dome), masukkan sup ke dalam mangkuk dalam keadaan panas/hangat. Ketika sup dipanngang akan cepat menghasilkan uap panas dan menekan kulit puff pastry sebelum sempat mengembang berlapis-lapis, hingga menghasilkan zuppa yang menggelembung membulat ke atas.
- Jika menginginkan zuppa yang mengembang berlapis-lapis dan tebal, masukkan sup ke dalam mangkuk dalam keadaan dingin. Saat dioven, kulit puff pastry akan mempunyai cukup waktu untuk mengembang lapisan-lapisannya sebelum sup mendidih.

Terserah deh mau yang mana, yang penting enyaaaakkkk.... Heheheee...

Selamat mencoba ^_^

Thursday, December 23, 2010

TRIPLE CHOCOLATE CARAMEL CAKE (TCCC) WITH MIXED FRUITS FOR DIAN'S MOTHER



Lagi-lagi pesanan dalam rangka Hari Ibu. Orderan dari Mba Dian di Cilegon yang memesan cake untuk Ibunda tercinta.
Cakenya TCCC dengan full ganache coklat yang endang bambang gulindang, heheheee...
2 lembar spongcake coklat yang disiram sirup karamel, dilapisi filling ganache coklat dan selai strawberry. Dicover dengan ganache coklat dan diberi topping mixed fruits biar segarrr...
Desain minimalis ajah plus papan coklat untuk ucapan Selamat Hari Ibu.



Kata si pemesan, cakenya enak banget, ganachenya lembut dan uenak pol, hihihihiiii... Tapi Ibunda ternyata walaupun penggemar coklat tapi ada masalah sama giginya klo makan coklat terlalu banyak, untung cakenya dimakan rame-rame jadi tetep bisa dinikmati bersama keluarga.

Untuk Bundanya Mba Dian: Selamat Hari Ibu... Alhamdulillah mempunyai anak yang perhatian seperti Mba Dian.
Untuk Mba Dian, thanks yah buat ordernya, ditunggu next ordernya ^_^

TIRAMISU ON MOTHER'S DAY



Orderan Tiramisu dalam rangka Hari Ibu. Dipesan oleh Mba Alma untuk Ibunda tercinta.
Tiramisu diameter 22 cm, dengan base cake 3 layer chocolate genoise spongecake yang lembut dan ringan disiram dengan coffee espresso syrup. Tiramisu mousse alias krim tiramisu yang lembut dengan mascarpone cheese dan diberi parutan dark chocolate. Gak salah deh klo dessert yang satu ini disebut 'Heaven in Your Mouth', heheheee...



Dapat kabar dari Mba Alma setelah dia pulang kantor, katanya enak dan alhamdulillah sang Bunda juga suka sama tiramisunya. Walaupun pas ditinggal ke kantor ternyata si tiramisu lupa gak dimasukin kulkas oleh Bundanya, hasilnya krimnya meleleh deh, hihihihiiiii... Tapi tetep enak katanya ^_^

Thanks for ordering ya Mba. Selamat Hari Ibu untukmu dan Mama tercinta ^_^

Yang mau pesen yuuuukkkkk silahkan kontak via sms atau email. Tapi khusus tiramisu ini minimum satu minggu sebelumnya ya. Soalnya si keju maskaryo eh mascarpone-nya tergolong barang langka banget disini, heheheee... Makanya betapa beruntungnya klo bisa makan si tiramisu ini, xixiixixiiiiii.... ;)

BASIC CHOCOLATE SPONGECAKE



Kemarin banyak yang tanya resep spongecake dasar. Ini aku posting yang coklat yaaa... Klo mau bikin yang vanilla tinggal ganti coklat bubuk+maizenanya dengan terigu dengan jumlah yang sama, trus tambahin essence vanilla.
Sponge cake dasar ini bisa digunakan untuk basis membuat cake apa aja sesuai selera. Bisa untuk Black Forest, Chocolate Cake, atau Taart berdekorasi.

Aku posting 2 resep, by Fatmah Bahlwan dan by Yonky Gunawan. Karena Ricke Indrianiwan biasa pake kedua resep itu juga, wkwkwkwkwkwkkkk... :D

=================================

Sponge Cake Coklat
by Fatmah Bahalwan

8 bt telur (ukuran sedang)
60 gr coklat bubuk
40 gr maizena
100 gr terigu protein rendah/sedang
1 sdm emulsifier (=15 gr)
100 gr mentega, lelehkan
200 gr gula pasir
1/4 sdt vanili

Cara membuat:
1. Campur terigu, coklat bubuk dan maizena, aduk rata.
2. Kocok telur, gula dan emulsifier hingga mengembang dan kental.
3. Masukkan campuran tepung sambil diayak, aduk hingga tercampur rata. Masukkan mentega leleh, aduk rata.
4. Tuang dalam loyang. Oven dengan suhu 180'C hingga matang.


Sponge Cake Coklat
by Yongky Gunawan

Bahan A:
15 butir Kuning telor
7 butir Putih telor
200 gram Gula kastor
100 gram Terigu protein sedang atau rendah
25 gram Maizena
25 gram Coklat bubuk
15 gram Susu bubuk
15 gram Emulsifier

Bahan B:
100 gram Mentega &
50 gram Margarin, campur dan lelehkan

Cara membuat:
Idem alias sama aja dengan versi Bu Fatmah.

Note:
- Kunci sukses spongecake yg utama adalah di pengocokan telur. Harus sampai mengembang, putih dan kental tall talll...
Coba lihat tips adonan spongecake di NCC, klik link berikut:
http://www.ncc-indonesia.com/detail.php?aid=659

- Klo disuruh kocok ya kocok, klo disuruh aduk ya aduk. Jangan disuruh aduk trus dikocok yaaa... Perhatikan instruksi resep dg seksama :D
Gunakan teknik aduk balik (FOLD), bukan aduk putar (STIR)

- Saat mengaduk mentega cair, pastikan sampai benar-benar HOMOGEN, jangan sampe ada yang belum tercampur karena akan mengendap di dasar adonan dan hasilnya BANTAT.

- Usahakan maizena jangan diskip atau dihilangkan. Karena fungsinya maizena adalah 'meringankan' coklat bubuk. Penggunaan coklat bubuk akan membuat adonan jadi sedikit 'berat', klo diskip nanti cakenya jadi lebih padat hasilnya.

- Practices makes perfect.

Cuma segitu aja sependek pengalamanku dan sedangkal pengetahuanku. Mohon maaf klo belum lengkap karena aku juga masih belajar ^_^

HAPPY BAKING!

Monday, December 20, 2010

THE 'SEXY' JAPANESE CHEESE CAKE WITH MIXED FRUIT FOR OPIE



Orderan dadakan dari nenk Opie yang cantik, heheee... Order jam 5 sore (lewat kayaknya) buat besok paginya. Untung cream cheese lagi tersedia di rumah. Tinggal beli buah-buahannya aja. Alhamdulillah dibelikan sama suamiku tercinta sepulang kerja. Makasih ya suamiku sayaaaaangggg... ^_^
Minus kiwi, soalnya udah masuk dan keluar dari supermarket satu ke supermarket yang lain semuanya lagi kosong. Ya udah warna hijaunya diganti dengan anggur hijau aja.

Tadinya mau pesan tiramisu, tapi tau sendiri di kota Serang tercinta ini si keju mascarponenya langka banget jadi ga bisa pesan dadakan. Ya sudah akhirnya deal dengan si sexy ini.
Mau dimakan bareng keluarga aja katanya, gak perlu pakai papan ucapan.



Alhamdulillah nenk Opie-nya suka. Katanya enak, karena gak creamy banget kayak jenis cheesecake yang dijual di gerai bakery jadi makannya gak cepat enek. Memang JCC ini kejunya lembut dan ringan.
Tapi katanya tetap pengen tiramisu, heheheee... Next order maybe ya nenk, tapi ingat jangan dadakan lagi coz musti hunting si maskaryo dulu, hihihihiiii...

Thanks for ordering yaaa... ^_^

Sunday, December 19, 2010

SAY IT WITH CHIFFON!



CHOCOLATE CHIFFON CAKE FOR MAMA SOFIE

Salah satu pesanan yang aku kerjakan kemarin malam. Orderan tetanggaku, Mama Sofie. Order chiffon cake coklat dan brownies kukus coklat topping keju coklat loyang bulat (postingan menyusul belum sempat edit foto yang amburadul banget pencahayaannya karena foto dalam ruangan malam hari pula tanpa tambahan lighting, hikkkzzzz...).

Chiffon cake-nya diambil siang, untuk suguhan ayahanda tercinta yang datang dari kampung dan suka dengan bolu coklat yang lembut. Sedangkan brownies kukusnya diambil malamnya untuk oleh-oleh saudaranya yang berkunjung ke Serang.

Kali ini aku bikin menggunakan resep chiffon cake coklat Yasaboga. Udah lamaaa banget rasanya gak bikin chiffon cake, karena sejak pindah ke Serang setahun yang lalu baru sekali bikin chiffon cake waktu lagi hamil Nadhifa, heheee...
ALhamdulillah gak ada masalah. Klo dulu aku bikin pakai resep Primarasa yang menggunakan 10 telur (pakai loyang ukuran diameter 25 cm), sekarang loyang itu sudah tiada karena sudah penyok sana sini akibat sering dipake, hiihihiii... Loyang yang aku punya skarang diameter 22 cm, ya sudah bikin pakai resep Yasaboga yang menggunakan 7 telur. Sukses!
Aku pakai taburan kenari cincang dan crispy chocolate balls, dan finishing touch dengan taburan gula halus.

Ini dia resepnya...



Chocolate Chiffon Cake
(by Yasaboga, modified by Ricke)

Bahan:
Bahan A:
7 putih telor
200 gram gula pasir
1/4 sd garam
1 sdt air jeruk lemon/nipis
(garam dan air jeruk lemon/nipis fungsinya untuk menggantikan cream of tar tar, untuk menstabilkan kocokan putih telur)

Bahan B:
7 kuning telor
150 gram terigu ayak bersama 50 gram coklat bubuk
125 ml susu cair
100 ml minyak sayur
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue

Taburan (optional): Sesuai selera. Aku pakai kenari cincang dan crispy chocolate balls.

Cara membuat:
1. Panaskan oven 160'C (aku 150'C). Siapkan loyang chiffon cake loose base (alas bisa dilepas), loyang tidak perlu dioles apa-apa.
2. Bahan A: Kocok putih telur, garam dan air jeruk lemon/nipis sampai berbusa (setengah mengembang). Masukkan gula pasir bertahap sedikit demi sedikit sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah (speed 1). Kocok hingga SOFT PEAK, yaitu kocokan telur sudah mengembang tapi masih creamy dan lembut serta membentuk puncak tumpul ketika mixer diangkat. Sisihkan.
3. Bahan B: Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, baking powder dan soda kue tempatkan dalam baskom. Buat lubang di tengahnya, kemudian masukkan kuning telur, susu cair dan minyak goreng dalam lubang. Aduk dengan hand whisker searah jarum jam hingga tercampur rata dan adonan lembut, mulus dan tidak bergerindil.
4. Masukkan 1/3 bagian kocokan putih telur ke dalam adonan terigu. Aduk perlahan hingga rata. Masukkan lagi 1/3 bagian, lakukan hingga habis. Aduk hingga adonan menyatu dengan rata. Lakukan dengan seksama tapi jangan sampai terlalu lama diaduk ya!
5. Tuang ke dalam loyang chiffon, beri taburan jika suka. Panggang dalam oven hingga matang sekitar 60 menit. Jangan berpatokan pada waktu dalam resep, sesuaikan dengan oven masing-masing. Dalam resep aslinya panggang dg suhu 160'C selama 55 menit, kemudian naikkan suhu menjadi 180'C dan teruskan memanggang 10 menit lagi. Lakukan test tusuk dan test sentuh permukaan.
6. Keluarkan dari oven, segera balikkan loyang dan sangga bagian lubangnya di leher botol atau disangga dengan kaki-kaki loyangnya. Biarkan hingga benar-benar dingin. Keluarkan dari loyang dengan bantuan pisau tipis.

Selamat mencoba, klo gagal berarti Anda belum beruntung, xixixixixiiiii... Becanda! Klo gagal ya harus semangat dicoba lagi yaaa... ^_^

Wednesday, December 15, 2010

PINK AND PURPLE STRAWBERRY CAKE FOR GITA



Pesanan BDCK untuk ultah dek Gita yang ke-11 tahun. Requestnya warna pink dan ungu tapi enggak norak. Nuansa girly gitu deh. Dan minta cakenya pakai strawberry, baik topping maupun fillingnya.
Cakenya pakai vanilla spongecake 3 lapis.
Cover buttercream warna pink dan ungu, tapi warna pink-nya kemudaan, heheee... Habis takutnya ntar dibilang norak :D
Toppingnya fresh strawberry dan coklat serut warna pink.





Semoga suka yah dengan kuenya. Selamat ulang tahun. Semoga selalu diberi keberkahan dan tumbuh menjadi gadis yang cantik dan sholehah. Amiiinnnn...

CHEESE KLAPPERTAART FOR BU IMAN



Pesanan klappy lagi. Pilihan jatuh pada cheese klappertaart yang yummy bangedh dweh! Heheheee... Tambah creamy dan gurih karena penggunaan cream cheese dan keju cheddar.
Pemesan minta dibuatkan di pinggan tahan panas aja, soalnya buat sajian biar lebih bagus katanya. Ya sudah, beliau kasih pinggan tahan panas kepunyaannya, hihihihiii...
Responnya... Uenakkkk banget katanya. Alhamdulillah... ^_^

Saturday, December 11, 2010

THE 'SEXY' JAPANESE CHEESE CAKE


(The Sexy with strawberry topping)

One of our premium product, made by Ordinary Kitchen

Cottony, light, soft, tender, creamy, melt in the mouth sensasion with lemony taste of cheese.

Topped with fresh strawberry and homemade strawberry glaze with real strawberry and pure granulated sugar. Whipped cream for border.

Take a look at the 'body' of the cheesecake... So smooth... The red colour of the topping. Very sexy, very passionate!

U can choose another topping as desire, such as mixed fruit, orange, kiwi, etc.

Call me for order... ^_^

*For local only or just pick it up here at our kitchen.
** Please do make the order minimum a week before, due to the main ingredient (cream cheese) is not always ready at the store.

Thank you... ^_^

JAPANESE CHEESE CAKE (JCC)


(Lihat pinggirannya, so smooth, so sexy, xixiixixixiiiii...)

Sebenarnya resep japanese cheesecake alias JCC ini sudah pernah aku posting dulu, bisa dilihat disini.

Tapi karena banyak teman-teman yang nanyain lagi resepnya. Ya sudah aku posting lagi deh. Padahal juga klo search alias browsing di Google bakalan keluar buanyaaakkkkkkkkk bangettttttt resep si JCC ini. Semuanya menggunakan resep yang sama yaitu resep JCC by Yasaboga.

JCC ini boomingnya udah lama, tapi tetap digemari sampe sekarang. Klo aku ga salah, mulai ngetrend sekitar tahun 2004 atau 2005. JCC ini banyak digemari karena rasa kejunya yang light, ga berat seperti jenis cheesecake lainnya seperti New York Cheesecake atau Blueberrry Cheesecake yang pake cream cheesenya aja sampe sekilo, blum lagi pake tambahan sour cream pula. Makanya aku gak begitu suka jenis Blueberry Cheesecake, kurang cocok sama lidahku yang ndeso ini, xixiixixixiiiii... :D
Yang paling masuk sama lidahku ya si JCC ini :)
Tapi klo buat cheese lover, kadang JCC ini dibilang kurang nendang kejunya, ya memang dibuatnya begitu. JCC memang mempunyai rasa keju yang lembut dan ringan. Makanya sering juga disebut Cotton Soft Japanese Cheese Cake atau Souffle Japanese Cheese Cake.

Ini aku cantumkan 2 resep yang sudah pernah aku gunakan, versi Yasaboga (Indonesia) dan versi Diana's Dessert (versi luar negeri, Amerika). Resep Yasaboga hasilnya lebih creamy, mungkin karena menggunakan whip cream, sedangkan resep Diana's Desserts menggunakan susu cair. Tapi sama enaknya. Cottony, light, soft, tender, creamy, melt in the mouth sensasion with lemony taste of cheese.

=============================================


(Fresh from the oven, setelah dingin akan sedikit turun cakenya)

Japanese Cheese Cake
(Sumber: 35 Variasi Resep-resep Cheesecake by Yasaboga)

Bahan:
- 50 gram terigu
- 50 gram maizena
- 60 gram butter
- 250 gram cream cheese (biarkan pada suhu ruang)
- 120 ml whip cream cair
- 3 butir kuning telur
- 1 butir telur utuh
- 5 butir putih telur
- 2 sdt parutan kulit jeruk lemon
- 1/8 sdt garam
- 125 gram gula pasir
- 1 sdm air jeruk lemon

Cara membuat:
- Siapkan loyang bulat ukuran diameter 20 cm atau 22 cm. Alasi kertas roti, olesi tipis mentega. Sisihkan. Pasang oven 150 derajat celcius.
- Campur dan ayak terigu dan maizena. Sisihkan.
- Campur butter, cream cheese, dan whip cream. Panaskan diatas api kecil sambil diaduk rata sampai meleleh. Ga usah terlalu lama ya, asal sudah leleh dan tercampur rata langsung angkat.
- Masukkan campuran terigu dan maizena. Aduk rata. Masukkan kuning telur dan telur utuh. Aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon aduk rata. Sisihkan.
- Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai putih telur mengembang dan membentuk kerucut tumpul ketika mixer diangkat (soft peak).
- Tuang 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur (teknik pancingan), aduk rata sampai homogen. Tuang adonan ke loyang, panggang dg cara au bain marie (steam bake atau pemanggangan dg menggunakan loyang air) selama kurang lebih 75 menit atau sampai permukaan cake menjadi kuning/coklat keemasan (tergantung oven masing-masing yaaaa... ada juga yang lebih lama sekitar 90 menitan). Keluarkan dari oven.
- Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Kelupas perlahan kertas rotinya. Siap disajikan dg olesan glaze di atasnya atau diberi topping sesuai selera.

Glaze:
- 2 sdm selai apricot/strawberry/blueberry
- 2 sdm air
Panaskan selai dan air, aduk rata. Oles ke atas cake.

=============================================


(Setelah dingin, siap diberi topping atau dihias)

Cotton Soft Japanese Cheese Cake
(Adapted from Diana's Desserts, www.dianasdesserts.com)
Resep asli bisa dilihat disini.

60 gram terigu
20 gram maizena
50 gram butter
250 gram cream cheese, suhu ruang
100 ml susu cair
6 kuning telur
2 sdt parutan kulit jeruk lemon
6 putih telur
140 gram gula pasir
1/4 sdt garam
1 sdm air jeruk lemon

Cara membuat: (Sama dengan resep Yasaboga)
- Siapkan loyang bulat ukuran diameter 20 cm atau 22 cm. Alasi kertas roti, olesi tipis mentega. Sisihkan. Pasang oven 150 derajat celcius.
- Campur dan ayak terigu dan maizena. Sisihkan.
- Campur butter, cream cheese, dan susu cair. Panaskan diatas api kecil sambil diaduk rata sampai meleleh. Ga usah terlalu lama ya, asal sudah leleh dan tercampur rata langsung angkat.
- Masukkan campuran terigu dan maizena. Aduk rata. Masukkan kuning telur. Aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon aduk rata. Sisihkan.
- Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai putih telur mengembang dan membentuk kerucut tumpul ketika mixer diangkat (soft peak).
- Tuang 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur (teknik pancingan), aduk rata sampai homogen. Tuang adonan ke loyang, panggang dg cara au bain marie (steam bake atau pemanggangan dg menggunakan loyang air) selama kurang lebih 75 menit atau sampai permukaan cake menjadi kuning/coklat keemasan (tergantung oven masing-masing yaaaa... ada juga yang lebih lama sekitar 90 menitan). Keluarkan dari oven.
- setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Kelupas erlahan kertas rotinya. Siap disajikan dg olesan glaze di atasnya atau diberi topping sesuai selera.

Same recipe, in different hands could be different result. Resep sama, di tangan yang berbeda bisa berbeda hasilnya. Ya kan? Practices makes perfect deh pokoknya! ^_^
Klo gagal berarti kesalahan bukan pada resepnya, tapi pada kitanya, hehehee... ;)

Friday, December 10, 2010

THE 'SEXY' STRAWBERRY JAPANESE CHEESE CAKE



Ini adalah pesanan customer yang gak mau disebutkan namanya disini :)
Dia pesan cheesecake untuk menyambut suaminya yang akan pulang dari pelatihan di luar kota selama hampir semingguan. Gak ada event khusus apa-apa katanya. Hanya ingin menyuguhkan cheesecake kesukaan suaminya tercinta. So sweeeeetttttt... Heheheeee...

Ini adalah orderan pertama dari beliau, kebetulan beliau ini pernah merasakan JCC di Eaton Bakery. Dan si JCC ini rasanya sama dengan buatan bakery tersebut insyaAllah :)

Kenapa diberi embel-embel nama 'sexy'? Karena si pemesan bilangnya begitu, hihihihiiii... Katanya pesan JCC topping strawberry dan gak usah dikasih polesan krim, biar kelihatan cheesecakenya yang sexy :D
Dan klo dipikir-pikir iya juga yah?! Xixixixiixiiiii... JCC-nya kelihatan sexy dengan 'badannya' yang mulus dan lembut, juga topping fresh strawberrynya bikin segar plus siraman strawberry glaze homemade yang membuat tampilan si JCC semakin sexy karena merah merona, mengkilap dan menggiurkan! :D





Atasnya tetap aku kasih border dengan krim pake spuit 1M, selain tampilannya lebih cantik juga untuk menjaga agar selai dan strawberrynya tetap pada tempatnya. Dipermanis dengan pita merah bermotif 'love' karena special untuk suami tercinta ^_^

Terima kasih pesanannya ya Mba... Semoga berkenan ya dan barokah insyaAllah karena untuk menyenangkan suami tercinta. Amiiin...

GURAME GORENG ASEM MANIS



Ini menu makan kami sekeluarga kemarin. Kebetulan tukang sayur lagi bawa ikan gurame 2 ekor walaupun ukurannya gak begitu besar.

Suamiku suka banget sama yang namanya gurame goreng asem manis. Dulu waktu masih suka wiskul alias wisata kuliner klo ke resto seafood suka pesan gurame asem manis ini, tapi ya gak sering-sering soalnya harganya bikin kantong jeboooolllll, hehehheeee...

Biasanya klo guramenya ukuran besar, dagingnya aku fillet trus dibalut tepung maizena dan digoreng, sisa badannya yang masih utuh juga dibalut tepung maizena dan digoreng sampe garing. Daging fillet yang sudah digoreng kemudian diletakkan kembali di atas badan ikan. Tapi berhubung kemarin guramenya berukuran kecil jadi ga difillet lagi, langsung digoreng utuh aja.

Paling suka klo saus asem manisnya pake potongan nanas, lebih segar dan harum! Seneng banget lihat suamiku makannya lahap banget. Nadhifa juga suka lhooo... ^_^

Gurame Goreng Asem Manis
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
2 ekor ikan gurame ukuran sedang
1 buah jeruk nipis, peras airnya
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
4 sdm tepung maizena
Minyak yang banyak untuk menggoreng

Bumbu halus:
3 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 sdt ketumbar
1 cm lengkuas

Saus asem manis:
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah bawang bombay, iris memanjang
1 cm jahe, iris korek api
1 buah wortel, iris korek api
Nanas secukupnya, buang bagian bonggol tengahnya, potong-potong
2 batang daun bawang, iris panjang 2 cm
8 sdm saus tomat
200 ml (1 gelas) air
2 sdm gula pasir
Garam, merica bubuk dan kaldu bubuk secukupnya
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
1. Bersihkan ikan gurame, kerat-kerat badannya, lumuri dengan air jeruk nipis. Beri garam dan merica bubuk. Lumuri dengan bumbu halus sampai rata. Diamkan dalam kulkas sekitar 15-30 menit agar bumbu meresap.
2. Taburi seluruh badan ikan dengan 2 sdm maizena, balik dan taburi lagi sisi yang satunya dengan 2 sdm maizena. Goreng dalam minyak panas hingga matang dan kering. Tingkat kekeringan sesuai selera aja yah. Angkat. Tiriskan. Sisihkan.
3. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bawang putih, bawang bombay dan jahe hingga harum. Masukkan wortel. Tumis hingga agak layu. Masukkan saus tomat. Aduk rata. Tambahkan air. Aduk rata. Masukkan nanas dan daun bawang. Didihkan sebentar. Masukkan gula pasir, garam, merica bubuk dan kaldu bubuk. Aduk rata. Masukkan larutan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga mengental. Klo sudah dirasa cukup kekentalannya hentikan penambahan larutan maizenanya. Angkat.
4. Taruh ikan di piring saji. Siram atasnya dengan saus asem manis. Sajikan hangat.

Selamat mencoba ^_^

CHEESE KLAPPERTAART FOR SHINTA



Ini orderan klappertaart dari nenk Shinta di Pandeglang. Pesan klappertaart ukuran large untuk sekeluarga, requestnya yang keju alias cheese klappertaart. Ngiler banget lihat klappertaart di blog Ordinary Kitchen.
Nenk Shinta ini datang sendiri dari Pandeglang ke Serang untuk menjemput si klappy ini, heheheee... Tapi sekalian belanja ke Carefour Serang katanya ^_^

Alhamdulillah nenk Shinta dan keluarganya suka sama klappy keju ini. Katanya rasanya enyaaakkkkkkkk.... ^_^
Nuhun yah nenk geuliz atas orderannya. Kapan-kapan main lagi ke Serang kemarin mah buru-buru pisan sampe ga sempat ngobrol dulu, heheee...

PEPES DAUN SINGKONG ATI AMPELA



Karena kemarin gak jadi bikin garam asem ati ampela coz belimbing wuluhnya lagi gak ada (aku pengen garang asem yg pake belimbing wuluh, original gituh), ya sudah ati ampelanya dibikin pepes pakai daun singkong.
Hmmmm... Walau pepesnya tanpa kemangi tapi gak mengurangi kelezatannya lhooo... Enyaaakkkkkkkk... Bikin makan nambah dan nambah lagi deh!!! Uppzzzz... Hati-hati yang lagi diet yah, xixiixixixiiiiii.... :P

Tuesday, December 7, 2010

CAKE TAPE KEJU



Alhamdulillah... Nikmatnya sore tadi menikmati beberapa potong cake tape keju ditemani secangkir teh pahit hangat. Setelah seharian capek ngerjain pesanan plus ngubek-ngubek psara dan TBK. Melepas lelah dengan cake yang harum dan legit ini.... Hmmmmm...

Tapenya sudah dibeli dari hari Sabtu kemarin, beli satu bungkus gratis satu bungkus dari tukang sayur, ngabisin aja katanya. Alhamdulillah... Terima kasih ya bapak tukang sayur ^_^
Tadinya mau dibikin pas hari Sabtu kemarin pas suamiku datang dari luar kota. Tapi pas mau baking ndilalah gas habis, giliran gas sudah datang semangat bakingnya sudah hilang, huhuhuhuuuu...
Akhirnya si tape masuk freezer dulu deh, dan baru sore tadi disulap jadi cake tape keju kesukaan suamiku (semua suka sih, heheheee...)

Resep aslinya ada di bundel resep-resep Femina jadul pemberian seorang kerabat. Femina jadul no.27-July 1999, resepnya juga pernah dishare sama Mba Vania di blognya. Resepnya sudah aku modifikasi sesuka hati yah, heuheuheuuuu....
Biasanya bikin pake susu kental manis, tapi berhubung tadi susu kental manisnya lagi ga ada stok di rumah, aku ganti pake santan kental KARA dengan jumlah yang sama. Hasilnya lebih gurih lhooo... ^_^



Cake Tape Keju
(Adapted from Femina No.27-July 1999. Modified by Ricke 'Bunda Nadhifa')

Bahan:
300 gram tape singkong (peuyeum), buang sumbunya
75 ml santan kental KARA (atau bisa pakai SKM)
180 gram terigu protein sedang
1 sdt baking powder
5 butir telur ukuran sedang
1 sdt cake emulsifier (optional)
180 gram gula pasir
1/2 sdt essence vanilla
150 gram margarin, lelehkan
50 gram keju cheddar parut

Taburan:
50 gram keju cheddar parut

Cara membuat:
1. Siapkan loyang tulban (loyang bulat yg berlubang di tengah) diameter 22 cm. Olesi margarin dan taburi tipis dengan terigu. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu dan baking powder. Sisihkan.
3. Panaskan oven 160'C (jangan terlalu panas karena memanggangnya cukup lama)
4. Haluskan tape singkong dengan garpu, campur dengan santan kental (atau SKM). Aduk rata. Sisihkan.
5. Kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier sampai mengembang, putih dan benar-benar KENTAL. Tambahkan essence vanilla. Kocok rata sebentar.
6. Masukkan campuran tape singkong sedikit demi sedikit sambil dikocok perlahan dengan mixer kecepatan rendah hingga merata.
7. Masukkan margarin cair sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan dengan spatula.
8. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dengan spatula. Masukkan keju cheddar parut. Aduk rata.
9. Tuang ke dalam loyang. Panggang dalam oven selama 45-60 menit sampai kecoklatan dan matang. Lakukan test tusuk hingga bersih.
10. Angkat. Biarkan sebentar dalam loyang. Kemudian keluarkan dan potong-potong.

Notes:
- Gunakan tape singkong yang sudah tua agar manis rasanya, tapi jangan yang sudah terlalu lembek dan berair karena resiko bantat.
- Kocok telur harus sampai benar-benar KENTAL agar saat dimasukkan tape singkong adonan telur tidak turun lagi. Ini kunci suksesnya yah! Ga bisa ditawar, heheheheee....
- Pasang panas oven sekitar 160-170'C aja, jangan terlalu panas karena pemanggangannya cukup lama (45-60 menit), klo terlalu panas nanti bagian luar dan atas sudah gosong tapi cake belum matang. Lakukan test tusuk.

Selamat mencoba ^__^

Friday, December 3, 2010

APPLE PIE



Ceritanya lupa alias pikun punya apel granny smith yang entah dari kapan itu 'teronggok' di kulkas. Sampe udah lupa belinya kapan (ampunnn deh!). Ternyata masih bagus, ga ada bagian yg jelek sama sekali. Ya udah, ngumpulin semangat buat baking deh, bikin apple pie. Padahal hari ini tadinya mau bermalas-malasan, karena besok sampe Minggu ngerjain pesanan.

Resepnya adaptasi dari my favourite site, Joy of Baking. Tapi sudah kumodifikasi sana sini sesuai selera dan bahan yang ada tentunya. Soalnya apelnya cuma punya 3 biji.
Resep crustnya gak pakai telur, so hasilnya renyah banget, tapi tetep lembut di lidah.
Tadinya atasnya mau dibikin lattice alias anyaman, tapi pas lihat foto Blueberry Pie (masih tetep punya Joy of Baking) yang atasnya ditutup sama adonan crust yg dibentuk bintang-bintang gitu yo wiss bikin juga kayak gitu tapi pake bentuk bunga aja. Dibentuknya pake cookies cutter.
Di resep asli juga apelnya ga dimasak dulu, tapi air apelnya yang dimasak (air yang dihasilkan dari apel yang ditiriskan). Klo aku apelnya langsung aja dipanasin bersama bahan lain sampe mengental dan apel agak lunak.



Apple Pie
(Source: Joy of Baking, Modified by Ricke)

Bahan crust:
250 gram terigu all pupose (segitiga biru)
2 sdm gula bubuk
175 gram margarin/butter, bekukan dan potong-potong dadu
1/2 sdt garam
5 sdm air es (airnya dingin banget yah), tambahkan sesendok demi sesendok yaaaa....

Bahan filling:
3 buah apel granny smith/apel malang/apel apa aja yg ada deh, hehehee...
1 sdt air jeruk lemon
50-75 gula pasir halus (tergantung selera manisnya)
1-2 sdm gula aren bubuk (bisa pake gula merah yg disisir halus)
1/2 sdt kayu manis bubuk (bisa ditambah sesuai selera)
1/4 sdt pala bubuk (aku gak pake)
Sejumput garam (1/8 sdt)
1 sdm maizena/terigu
25 gram margarin/butter, bekukan dan potong-potong dadu kecil

Olesan:
1 kuning telur, kocok lepas

Cara membuat:
Crust:
1. Campur terigu, gula bubuk dan garam. Aduk rata. Masukkan margarin/butter beku, proses dengan menggunakan pisau pastry (atau dua buah pisau biasa) hingga adonan berbutir-butir. Masukkan air es sesendok demi sesendok sambil diuleni dengan sendok kayu hingga kalis. Hentikan penambahan air jika adonan dirasa sudah cukup kalis, atau tambahkan jika dirasa masih kering.
2. Bagi 2 adonan. Bungkus masing-masing dengan plastik wrap (atau plastik biasa juga bisa). Istirahatkan dalam lemari es selama kurang lebih 1 jam.

Filling:
1. Kupas apel dan iris tipis. Campur dengan air jeruk lemon. Aduk rata. Masukkan gula pasir halus, gula aren bubuk, kayu manis bubuk, dan garam. Aduk rata. Simpan dalam lemari es minimal 30 menit hingga apel berair (keluar juicenya).
2. Keluarkan dari lemari es. Taburi maizena dan aduk rata. Panaskan apel bersama juicenya di atas api hingga mengental dan apel agak lunak. Angkat. Sisihkan.

Penyelesaian:
1. Ambil 1 bagian adonan, gilas tipis setebal kira-kira 1/2 cm. Letakkan dalam loyang pie diameter 18 cm yang telah dioles margarin. Ratakan dan cetak sesuai bentuk loyang.
2. Masukkan dan tata 1/2 bagian filling apel di atas adonan, kemudian tata potongan margarin/butter beku menyebar. Masukkan lagi 1/2 bagian sisa filling. Ratakan.
3. Gilas sisa adonan crust. Gunakan sebagai penutup di bagian atas, bisa dengan:
- Dipotong memanjang untuk membentuk lattice (anyaman)
- Langsung diletakkan selembar di atas loyang dan bentuk lingkaran sesuai loyang, kemudian tekan-tekan pinggirannya agar merekat dan buat sayatan (lubang) di beberapa tempat untuk tempat keluarnya uap panas.
- Dibentuk dengan cookies cutter (seperti yang aku lakukan) kemudian tata di atas loyang.
4. Oles dengan kuning telur dan panggang dengan suhu 180'C selama 45 menit hingga matang kecoklatan dan juice apelnya terlihat mendidih. Angkat.
5. Biarkan dalam loyang hingga agak dingin. Baru keluarkan dari loyang dan dipotong-potong.

Notes:
- Jangan mengaduk adonan dengan tangan langsung. Panas dari tangan akan membuat hasil pienya menjadi keras.
- Adonan diistirahatkan dalam lemari es bertujuan untuk melunakkan gluten dalam terigu dan mendinginkan margarin/butter dalam adonan. Jadi hasil pienya renyah dan tidak keras.
- Letakkan loyang pie di atas loyang tipis (loyang kuker) baru dimasukkan ke dalam oven. Untuk menjaga aja klo ada juice apelnya yang keluar saat dipanggang.

Yang mau nyobain resepnya monggo... Semoga suka deh yaaa... ^_^