Monday, January 24, 2011

CHEDDAR CHEESE CAKE FOR MY BELOVED HUSBAND



Ini cizkek yang aku bikin atas request sang juragan di rumah yaitu my beloved husband, heheheee... Katanya ngiler sering liat cizkek keluar masuk kulkas tapi gak boleh dimakan, ya iyalah gak boleh dimakan lha wong pesenan orang! Hahahaaa... :D

Tapi karena cream cheese di rumah disayang-sayang buat pesanan JCC dan klappertaart keju (soalnya cream cheese adalah barang langka di kotaku tercinta ini, hikzzz...) akhirnya aku bikin CCC aja, ya bisa dibilang masih adiknya JCC, xixixixiiii...
Pake cream cheese gadungan yg terbuat dari susu dan keju cheddar parut, heheee... Tapi soal rasa beda tipis sama JCC malah CCC lebih gurih karena keju cheddar kan asin, hanya menurutku tekstur CCC lebih ringan dan spongy, sedangkan JCC lebih lembut dan creamy (menurutku lho yaaa... heheee...)

Atasnya dikasih olesan selai strawberry. Stok strawberry di kulkas tinggal seuprit jadi topping atasnya ga bisa full strawberry-nya. Iseng aku pakein WCC serut aja, lumayan cantik juga, xixixixiiii... Keluar deh narsisnya :D
Bordernya pake white ganache sisa kemarin bikin pesanan kue yg aku simpan di freezer.

Alhamdulillah hari Ahad pagi tadi kami awali dengan menikmati cizkek bersama2. Dan yang pasti suamiku seneng banget karena sudah dibuatkan cizkek ^_^





Resepnya sudah pernah aku posting disini:
http://www.facebook.com/photo.php?fbid=1352427950475&set=a.1271217000252.29185.1824718290

Tapi aku tulis lagi deh.... Resepnya adaptasi dari yang dari Mba Elly-Aljo's Mom yang dulu dishare di milis NCC. Resep ini untuk ukuran kecil loyang bbulat diameter 16-18 cm atau loyang oval. Klo mau bikin ukuran 20-22 cm silahkan dibikin 1,5x resep aja ya...
Ini dia resepnya...

Cheddar Cheese Cake

Bahan A:
130 gram susu cair
40 gram unsalted butter (mentega tawar)
125 gram keju cheddar, diparut halus

Bahan B (campur dan ayak):
20 gram tepung terigu protein sdang
15 gram maizena

Bahan C :
3 kuning telur
1 sdt parutan kulit jeruk lemon (biar wangiiiii...)

Bahan D :
3 putih telur
90 gram gula pasir (sesuai selera manisnya)
1 sdt air jeruk lemon

Topping:
Selai atau glaze sesuai selera, bisa juga ditambahkan buah-buahan

Cara membuat :
1. Siapkan loyang bulat diameter 18 cm, oles bagian dasar loyang dengan mentega, alasi kertas roti, oles lagi dengan mentega.
2. Tim bahan A sampai keju larut (klo masih ada gerindilan sedikit kecil-kecil juga ga apa-apa)
3. Masukkan bahan B selagi bahan A masih hangat (tapi jangan panas), aduk rata hingga lembut dan tidak bergerindil lagi terigunya. Pakai baloon whisker atau mixer kecepatan rendah sebentar aja.
4. Masukkan bahan C. Aduk rata. Sisihkan.
5. Kocok putih telur sampai berbusa, masukkan air jeruk lemon dan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai SOFT PEAK (jangan terlalu kaku dan kering, cukup sampai mengembang, creamy dan masih mengkilap).
6. Ambil sedikit adonan putih telur, masukkan ke campuran keju. Aduk rata. Masukkan campuran ini ke sisa putih telurnya. Aduk balik dan perlahan sampai merata.
7. Panggang dengan cara au bain marie selama 50 menit pake suhu 150-160'C atau pakai api kecil hingga matang dan permukaannya keemasan.
8. Setelah matang, biarkan di loyang hingga agak hangat dulu dan bagian pinggirnya terlihat agak menjauh dari sisi loyang. Kemudian dengan bantuan pisau tipis,seset bagian pinggirnya. Balikkan perlahan di atas serbet kering dan balikkan kembali ke piring saji. Biarkan dingin.
8. Oles atau siram atasnya dengan selai atau glaze atau bisa juga diberi potongan buah-buahan.

TIPS (Berlaku juga untuk JCC):
- Kunci utamanya ada di pengocokan putih telur, sampai SOFT PEAK saja. Jangan sampai terlalu kaku dan kering. Klo masih bingung coba search di Google aja deh apa itu soft peak, heheee... Practices makes perfect.

- Klo putih telurnya terlalu kaku dan kering, hasil cakenya ga akan lembut tapi cenderung lebih kering, berpori besar dan teksturnya jadi mirip cake biasa. Normalnya testurnya lembut, lumer di mulut dan berpori halus (bahkan kelihatan tidak berpori). Selain itu klo putih telurnya terlalu kaku dan kering cake akan langsung amblas ketika sudah keluar dari oven. Cheesecake memang normal akan sedikit turun setelah keluar oven, tapi paling sekitar maksimal 1 cm aja.

- Panggang au bain marie --> panggang dg cara steam bake yaitu loyang adonan diletakkan di loyang lain yang lebih pendek dan berisi air panas. Tinngi air maksimal 1/3 tinggi loyang adonan. Lebih bagus pakai loyang tanpa sambungan, klo ga ada pakai loyang biasa bungkus dg alumunium foil yg tebal biar ga ada air yang merembes masuk.
Atau klo punya loyang alumunium foil yang ukurannya lebih lebar dari loyang adonan (tapi lebih pendek) itu bisa dipakai. Caranya: Letakkan loyang alumunium foil dalam loyang air, kemudian letakkan loyang adonan di atas loyang alumunium foil. InsyaAllah airnya ga akan rembes karena loyang alumunium foil kan cukup tebal.

- Saat membalik please handling with carefully yah. Karena teksturnya yang lembut jadi klo ga pelan-pelan dan hati-hati membaliknya nanti bisa rusak.

8 comments:

susanti said...

Bunda, kuenya bisa dikukus gak? unsalted butter yang merk orchid ya?
trima kasih sebelumnya.

Anonymous said...

makasih mba resepnya udah aku coba enak lembut, tapi kok yang 0,5cm bagian bawah bantat gitu yaa? kenapa ya kira2 ? :)

Sekar Astari Maharani said...

Makasih banyak ya Bunda Nadhifa :)
Belum nyoba sih, tapi jadi nggak sabar nih
hehe :)

Sekar Astari Maharani said...

Makasih banyak resepnya Bunda Nadhifa
Enak ... (padahal aku belum nyoba lho),hhe

Febryani Chourmain said...

Hai teh Nicke..saya baru nyoba bikin JCC masih anget nihh..tp enak bangett..cuma butternya berasa banget ya . Mungkin aku bisa tambahin lagi lemon zest nya utk percobaan berikutnya.
Ohya teh. Mau tanya donk. Saya tadi pake loyang biasa dan merembesss airnya. Yg loyang jcc sudah saya double wrap dgn alu foil tapi tetep aja merembes sedikit dan akhirnya sy panggang tanpa au bain marie.. panggang biasa aja. Hasilnya tetep lembut kok..cuma bantat dikit aja karena kena air itu. Apa ada loyang khusus?

Aesha said...

Teh, mo nanya dong.. Emang jualan di mana? Bandung? Enak banget tuh keliatan nya.. Brapaan cheddar cheese cake nya? Bikin ngiler ih..

Bany Fatimah said...

Assalamualaikum Mb Rieke, Salam kenal. Aku newbie, cari resep sana sini. Yang akhirnya ketemu sm blog ini. Aku contek resepnya, aku baking, difoto berulang ulang utk mndapatkan angle yg sip, and then upload di fb itu rasanya puas deh mb. Terbayar semua lelahnya. Setuju bngt dg mb Rieke,kl apa yg udah kita usahain sampe segitunya kok tega-teganya ada yg copas hsl karya kita, ga kreatif kan mb..hehe jd curhat. Soal rasa CCC ini yummy jg..bner kt Mb Rieke ga kalah enak sm JCC. T'rimakasih banyak mb resep ok nya.. :)

lenny tan said...

kaaaa rieke, aku sblmnya sempet mampir d blogspot ini, tapi wkt itu sempat dituliskan sdg ada urusan keluarga jd tdk melanjuti kegiatan d lbtnya...... eh kmrn lagi cari inspirasi, nongol lahi blogspot kakak, ternyata sudah di korea ya......aku suka resep2nya, baru 2 si yg kucoba, terakir resep kastangel , yang makan si bilang enak sbg percobaan pertama.......aku lagi nunggu resep menarik apa lagi niiiiiii ;)

Post a Comment