Monday, February 14, 2011

LBT#2: BAKED CHEESE MACARONI PIE



Bismillahirrohmanirrohiiim...
Tarik nafas dulu.... Hfffffffff.... Sebenernya masih capek dan sangat mengantuk nih pas uload foto ini, soalnya baru aja selesai bikin pesanan. Setelah makan siang dan boboin Nadhifa dulu, akhirnya mengumpulkan semangat untuk menyalakan laptop.
PR LBT#2 dengan tema Baked Macaroni ini aku buat pas liburan imlek kemarin, mumpung pas Abinya Nadhifa lagi ada di rumah, soalnya dia suka banget sama makaroni panggang dan kebetulan akhir-akhir ini lagi sering keluar kota.
Klo bikin makaroni panggang jadi inget Makaroni Panggang (MP Resto) yang di Bogor. Ampun deh harganya selangit apalagi dulu pas jaman kuliah ya mikir-mikir mau belinya juga, namanya juga mahasiswa, hihihihiii...

Tadinya bukan mau buat yg seperti ini. Tapi gak sengaja lihat loyang pie diantara tumpukan loyang-loyangku, jadilah ide bikin pie makaroni. Dan ternyata teman-teman LBT-ers banyak yang satu ide juga dengan diriku yah, hihihihiiii... :D
Bahan-bahannya cuma mengandalkan sisa-sisa yang ada di kulkas, soalnya gak sempat belanja lagi.
Kebetulan di kulkas ada keju mozarella sisa bikin pizza dan parmesan yang sudah tinggal sedikit. Ya udah daripada kelamaan disimpan nanti jamuran ya ikut dicemplungin aja deh, hehehee...



Ini aku pake loyang pie yang ukurannya besar (diameter 24 cm), makanya ga bisa pake tutup atasnya atauun dibuat lattice. Klo mau pakai tutup atau lattice pakai loyang diameter 18 cm.





BAKED CHEESE MACARONI PIE
by Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani

Bahan pie crust:
225 gram terigu protein sedang/all purpose
1/4 sdt garam
100 gram butter/margarin, potong-potong kecil
50 gram keju cheddar parut
5-6 sdm air es (dingin banget yaaa) ~ Amat sangat tergantung pada kondisi tepung terigu yang dipakai

Bahan isi:
1 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
50 gram daging giling (aku pake sisa daging di freezer dan digiling sendiri pake chopper)
2 lembar daging beef burger
2 sdm margarin untuk menumis
2 sdm terigu
300 ml susu cair tawar (plain)
50 gram makaroni (aku pake makaroni elbow/siku), rebus hingga al dente
3 butir telur, kocok lepas
50 gram keju cheddar parut
Garam, merica bubuk, kaldu bubuk, pala bubuk secukupnya, tergantung selera
1 batang daun bawang, iris tipis

Topping:
2 buah sosis, iris tipis
Keju mozarella secukupnya, iris tipis
Keju parmesan parut secukupnya
Keju cheddar parut secukupnya
Basil dan oregano bubuk secukupnya (optional)

Pelengkap:
Saus sambal dan saus sambal

Cara membuat pie crust:
1. Campur terigu, garam, dan keju cheddar parut. Aduk rata. Masukkan butter/margarin. Aduk rata dengan pisau pastry atau garpu atau 2 buah pisau hingga berbutir-butir. Masukkan air es, uleni lagi hingga rata. Bulatkan. Tutup wadah dengan plastik/serbet. Diamkan dalam kulkas 30 menit hingga 1 jam.
2. Olesi loyang pie dengan margarin tipis. Gilas adonan pie dengan menggunakan rolling pin hingga tipis. Letakkan dalam loyang dan press sesuai bentuk loyang. Tusuk-tusuk bagian bawahnya dg garpu atau bisa juga diberi pemberat agar bagian bawah pie tidak menggembung ketika dipanggang. (Jika menggunakan loyang 18 cm, bagi 2 adonan, gilas. Gunakan salah satunya untuk tutup pie)
3. Panggang dalam oven yg sudah panas 170'C selama 20 menit. Angkat dan sisihkan.

Cara membuat bahan isi:
1. Panaskan margarin. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan daging giling. Aduk hingga berubah warna. Tambahkan terigu, aduk rata hingga menyatu. Tuang susu cair, aduk rata hingga mengental dan meletup-letup. Matikan api.
2. Masukkan makaroni rebus dan daging beef burger. Aduk rata. Masukkan telur. Aduk rata. Masukkan keju cheddar parut. Aduk rata. Beri bumbu sesuai selera. Aduk rata. Terakhir masukkan daun bawang. Aduk rata.

Penyelesaian:
Tuang adonan makaroni ke dalam pie. Tata sosis di atasnya. Beri keju mozarella, parmesan dan keju cheddar parut. Taburi oregano dan basil. Panggang dalam oven suhu 160'C selama 35-45 menit hingga matang. Cirinya adonan makaroni sudah tidak cair lagi dan agak kokoh bila disentuh. Angkat. Biarkan 15 menit dalam loyang, baru keluarkan dari loyang. Tunggu agak hangat baru dipotong-potong agar makaroni sudah lebih kokoh. Sajikan dengan saus tomat dan saus sambal.

Salam LBT! ^_^

Tarik nafas lagi... Alhamdulillah selesai setor PR, heheheee... ;)

1 comment:

Mimi Silmi said...

hai kak aku abis ngintip blog kakak aku pinjem resep kakak ya buat ulangan praktek semoga berhasil nnti aku mau nyoba di loyang yang kecil doain ya kak ^^

Post a Comment