Tuesday, February 22, 2011

STEP BY STEP BOLU GULUNG (ROLL CAKE)

Beberapa langkah-langkah pembuatan bolu gulung (roll cake) yang bisa saya dokumentasikan.

Beberapa proses juga berlaku untuk membuat sponge cake pada umumya, seperti pengocokan telur hingga kental dan berjejak, teknik aduk balik dalam mencampur mentega cair, dll.

Semoga bermanfaat ya ^_^


- Lelehkan butter/margarine. Dinginkan.
- Ayak tepung terigu, susu bubuk dan baking powder. Sisihkan.




Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan air hingga MENGEMBANG, PUTIH, KENTAL dan BERJEJAK.
Gambar:
1. Warna kocokan telur masih kuning dan terlihat masih terdapat buih/busa.
2. Warna kocokan telur sudah putih dan terlihat mulus tanpa buih/busa.
3. Cek kekentalan dan jejak dengan cara mengangkat batang pengocok mixer, jika sudah benar-benar kental, adonan akan jatuh perlahan ke dalam baskom dengan membentuk pola 'pita bertumpuk' yang meninggalkan jejak sesaat yang tidak langsung hilang. Inilah yang dinamakan KENTAL BERJEJAK.
Ini juga berlaku untuk setiap pembuatan cake jenis sponge cake lainnya.




Turunkan kecepatan mixer ke speed paling rendah. Masukkan campuran terigu yang sudah diayak bertahap sedikit demi sedikit hingga merata.
NOTE: Jika kocokan telur sudah kental sempurna, insyaAllah adonan tidak akan turun walaupun memasukkan terigu sambil dikocok dengan mixer.
Jika Anda ragu menggunakan mixer, bisa dilakukan dengan cara mengaduk terigu dengan teknik aduk balik. Masukkan bertahap sedikit demi sedikit.
Aduk rata adonan hingga ke pinggiran baskom dengan menggunakan spatula karet.




Masukkan butter/margarin cair secara bertahap dan aduk dengan teknik ADUK BALIK/ADUK LIPAT (FOLD).
Teknik aduk balik/aduk lipat (fold) sering digunakan untuk mengaduk adonan dalam proses pencampuran 2 bahan yang mempunyai konsistensi berbeda agar cepat tercampur rata tapi tidak sampai 'merusak' adonan yang sudah mengembang.
Misalnya:
- Mencampur kocokan putih telur dengan adonan.
- Mencampur terigu dengan kocokan telur.
- Mencampur butter/margarine cair dengan adonan.
- DLL
Cara mengaduk adonan dengan aduk balik/aduk lipat (fold), perhatikan gambar di atas (1-6).
1. Tuang bertahap bahan yang akan dicampur ke dalam adonan.
2. Dengan menggunakan spatula karet yang bergagang cukup panjang lakukan gerakan 'memotong' adonan pada bagian tengah adonan (seperti pada gambar). Bagian bawah spatula harus bisa menyentuh dasar baskom.
3. 'Sapu' bagian dasar baskom dengan menggunakan ujung spatula sampai ke bagian sisi dinding baskom.
4. 'Bawa' adonan yang berada di dasar/bawah ke atas melalui bagian pinggiran baskom dengan menggunakan ujung spatula.
5. Balikkan adonan tadi ke bagian tengah adonan seperti gerakan melipat atau seperti jika kita menutup buku.
6. Putar baskom 90' dan ulangi cara yang sama seperi sebelumnya sambil dilakukan penambahan bahan yg akan dicampur secara bertahap. Lakukan sampai adonan benar-benar homogen.
Beberapa link yang bisa dilihat untuk teknik aduk balik:
Ehow
Baking911
You tube
You tube




Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti dan dioles margarin/minyak oles loyang.
Jika ingin membuat motif pada permukaan adonan, ambil sedikit adonan (sekitar 2-3 sdm). Campur dengan 1 sdt pasta coklat. Aduk rata. Masukkan dalam pipig bag/kantong segitiga, gunting ujungnya sedikit.
Untuk motif batik seperti pada gambar, buat garis-garis lurus diagonal. Kemudian dengan menggunakan tusuk gigi/lidi/sumpit tarik garis yang memotong garis-garis tadi selang seling berlawanan arah.




- Panggang dalam oven hingga matang dan permukaannya berkulit kecoklatan.
- Memanggang bolu gulung adalah salah satu bagian yang 'tricky' selain proses menggulungnya.
Cake harus sudah berkulit kecoklatan bagian permukaannya. Jika disentuh sudah tidak lengket lagi tetapi masih lentur (tidak kering). Hal ini penting agar saat digulung, kulit tidak lengket dan mudah terkelupas. Tetapi juga jangan sampai terlalu kering (over bake) karena bisa menyebabkan cake mudah retak/patah ketika digulung.
- Setelah matang, segera balikkan cake ke atas kertas roti baru, kemudian balikkan kembali ke posisi semula di atas rak kawat (agar kulit cake tidak basah dan menempel akibat 'berkeringat' selama proses pendinginan). Biarkan dingin.




- Setelah dingin, balikkan cake ke atas kertas roti.
- Oles dengan filling. Kali ini menggunakan buttercream. Maka cake sudah harus benar2 dalam keadaan dingin agar cream tidak meleleh.
Karena akan diberi taburan keju, cukup oles cream tipis2 saja.
Cream bisa dioles agak tebal jika diinginkan, misalnya jika dioles ganache. Sisakan space sedikit pada bagian pinggirnya agar filling tidak belepotan keluar dari cake saat digulung.
- Beri taburan keju parut, salah satu bagian pinggir (yang akan dijadikan gulungan pertama) bisa diberi keju parut lebih banyak dan diberi potongan keju.




Gulung cake sambil dipadatkan dengan bantuan kertas rotinya. Menggulung cake jangan ragu! Harus PeDe ;)
Saat pertama kali menggulung, tekuk sedikit bagian ujung cake sampai benar-benar tertekuk. Kemudian selanjutnya tinggal gulung saja mengikuti tekukan pertama tadi sambil ditarik kertas rotinya. So, tekukan pertama itu penting! Hehehee...
- Gulung hingga tergulung habis. Kemudian kencangkan agar cake bulat sempurna. Biarkan tergulung bersama kertas rotinya beberapa lama agar gulungan set.
- Buka kertas rotinya perlahan dan hati2 agar tida ada kulit yang terkelupas sedikitpun, klo mau bolgulnya cantik! ;)
Mohon maaf gak bisa motret saat proses menggulungya, gak ada yg bisa motretin euy, hikkzzz... Asisten ga bisa motret, trus pas dia yang suruh adegan menggulung malah kabur katanya takut rusak kuenya, hahahhh... :D
Untuk membantu bisa dilihat di link ini:
NCC




Selamat Menikmati ^_^


Gak mau repot? Gak mau ribet? Yuuukkk... Silahkan dipesan ;)

Contact me for order ya. Thank you ^_^

21 comments:

widhi said...

mba pinter bikin kue deh,, aku follow blognya boleh ya mba... =)
oh iya salam kenal mba ricke..

Sapta Bonny said...

seneng deh bisa berkenalan dengan mbak,salam kenal ya salammmmmm

sinta said...

salam kenal,
mba' saran ni, bikin step by step ganache dong..
kaya bikin coklat bentuk daun atau coklat serut yang selang seling,etc..

btw your blog is awesome.. :)

greentealover said...

bunda, lg nyontek trik bkn bolgulnya....ini perdana mudah2an sukses tapi yg ada malah gagu dan termanggu ngedengerin suaranya si mas ronan yg meyayat hati huhuhuuu.... makasi ya bund....

Anonymous said...

salam kenal mbak, aku mau tanya, dirumah adanya loyang 24cm dan 22cm, kalo aku mau bikin bolu ini resepnya bisa dibagi 2 nggak? kalo mau bikin 1 resep tapi pake 2 loyang oven ku gak muat krn pk oven listrik yg imut. kalo d panggang satu per satu bisa nggak ya?kuenya berubah nggak ya?thanx ya mbak

Anonymous said...

wah boleh nich dicoba, thanks ya mbakkkkkk.....

dedi wijaya said...

Sebagai pemula, kudu nyobain tips n triknya. Trims.

Lina IbunyaAzRaf said...

oh, begitu yah... Baru jelas nich... Langsung praktek deh... Tapi sayang motifnya tenggelam mbak, aku pake coklat bubuk yang dicampur air panas, apakah mungkin karena itu yah? Harusnya coklat pasta ya mbak? Tapi enak bgt rasanya, pas udah disajikan langsung habis...

Oey Hanie Kusmana said...

Mba Rickeee...sy sdh mencoba resep Bogul nya dan berhasil dgn mulus, senangnya!! terimakasih ya mba sdh sharing resep & step2nya jg, sy yg pemula dlm urusan perbakingan menjadi sangat terbantu dgn penjelasan yg mba berikan, sekali lg terimakasih byk dan sukses terus dgn usahanya ya mba.. :D

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

Mba Lina, iya Mba, mungkin karena pakai coklat bubuk. Karena coklat bubuk memang sifatnya berat. Klo mau coklatnya dicampur air agak encer.

Oey hanie, wah alhamdulillah. Saya ikut senang Mba. Semoga sukses terus ya dan jangan mudah menyerah klo gagal. Try it again :)

Dear all, mohon maaf klo saya jarang bisa balas komen, dikarenakan kesibukan jadi login blog kadang hanya untuk posting dan upload foto saja. Terima kasih. Semoga blog ini bisa bermanfaat :)

Anonymous said...

Makasi banget blognya Mba Ricke.., bermanfaat banget buat saya yang pemula. Semoga ilmu yg Mba bagi dibalas oleh Nya dengan yg lebih baik

IkaYul said...

Mbak ricke saya suKa banget dengan blognya mbak, kagum banget dan resepnya mantep, salam kenal mbak :)

fitrikus said...

Hi mbk...salam kenal... Tempo hari aku nyobain resep black forestnya hasilnya yummyyyy enakkkk.

oase said...

hebat step by stepnya, boleh di kopi resepnya mbak?

Wahyu Indrayatti said...

teh ricke, salam kenal, akhir-akhir ini saya rajin nyambangi blog teteh... cake decorating nya keren kreatif....

Hartino Edy said...

maksih infonya....mba mau tanya
lo suhu buat ngoven bolu roll yang bagus
berapa derajat untuk api bawah sama atas
lalu berapa menit mba
thanks

ONY EFENDI said...

keren mbak .. tapi takaran bahannya ga ada ya mbak? agak uring2an kalo liat resep roll cake ini,, telurnya buanyak banget ya mbak? mana harga telur selangit skrg ini hiks.. sukses buat mbak ricke..

Janagi Jeeven said...

hi ricke, i have tried our recipe..turn out nice but only one problem..why it cracks when i roll it..any tips to resolve this problem?

Sisca Irawati said...

Assalamu'alaikum mba ricke.... salam kenal dr saya. Trimakasih buat postingan2nya . Alhamdulillah sebagai pemula saya terhitung sukses setelah mngikuti resep dr mbak. Meskipun campuranya saya variasikan dengan bahan lainnya jadinya kue ttp bagus. Semoga allah membalas Sebaik-baik pembalasan krn apa yang mbak lakukan sangat bermanfaat bagi yg lain. Semangat woman behind foods...... :)

dapur mama aya said...

Ass,mba ricke salam kenal...sy senang liat resep dan cakenya mba ricke,menghiasnya rapi & detail.sy sdh srg mencoba bronketem ma bolu gulung ,alhamdulillah berhasil dan enak..bahkan ada yg sdh pesan...makasih byk ya mba...sy tunggu resep2 berikutnya....

yuliani ilyas said...

assalamualaikum, sangat mencerahkan sekali, terima kasih banyak ya mba...
saya izin copy ya mba trik, tip, dan resep nya :)

Post a Comment