Wednesday, March 16, 2011

KROKET KENTANG


(Kroket kentang tempe dengan ukuran agak panjang)

Kemarin teman-teman banyak yang menanyakan resep kroket kentang, juga mengeluh karena setiap menggoreng kroketnya pasti banyak yang pecah atau meletus. Baru sekarang saya sempat uploadkan fotonya.

Berikut ini adalah resep simple yang biasa saya pakai untuk membuat kulit kroket kentang. Isiannya bisa divariasikan sesuai selera Anda, bisa diisi ragout sayuran, bisa diisi tuna, ayam, tempe/oncom, atau bahkan keju, dll. Alhamdulillah kroketnya bisa cantik seperti di foto ^_^
Oya, adonannya juga tidak lengket saat dibentuk, tidak perlu bantuan plastik atau ditabur terigu lho ;)

Untuk membuat kroket yang bagus memang biasanya menggunakan kentang test atau biasa juga disebut kentang kentucky karena kadar airnya lebih sedikit dari kentang lokal biasa. Tapi saya sendiri selama ini hanya menggunakan kentang lokal biasa saja. Kuncinya adalah pilih kentang yang sudah cukup tua, jangan kentang muda karena kentang yang muda cenderung lembek setelah dikukus.
Pengurangan kadar air juga dilakukan dengan cara menggoreng kentang setelah dikukus.
Kenapa kentangnya harus mempunyai kadar air yang sedikit? Pertama kentang yang kadar airnya banyak agak susah dibentuk karena lebih lembek. Kedua kadar air yang banyak inilah yang menyebabkan kroket meletus saat digoreng ^_^
Juga gunakan minyak goreng yang banyak untuk menggoreng kroket (deep frying) agar kroket terendam sempurna dalam minyak dan tidak perlu terlalu sering dibolak balik.

Untuk menghasilkan kroket yang cantik dan bersih, setiap habis selesai menggoreng setiap batch, angkat dulu sisa-sisa remahan dari tepung panir yang ada di dalam minyak dengan menggunakan saringan minyak berlubang halus yang terbuat dari besi. Baru kemudian goreng kembali batch berikunya.


(Kroket kentang dengan ukuran lebih kecil, berisi sayuran)

Kroket Kentang
by Ricke 'Bunda Nadhifa'
Serving: 40-48 pcs (tergantung besar kecilnya ukuran kroket)

Bahan:
1 kg kentang (pilih yang tua)
4-5 sdm susu bubuk
2 kuning telur
Garam secukupnya
Merica bubuk secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya (optional)
Minyak yang banyak untuk menggoreng

Bahan pelapis:
Telur kocok lepas
Tepung roti/panir (saya lebih suka pakai tepung roti yang kasar/bread crumbs karena menghasilkan lapisan yang lebih renyah)

Bahan isi:
Ragout sayuran
Tuna
Ayam
Udang
Tempe/oncom
Keju, dll
Sesuai selera

Cara membuat:
1. Kupas kentang dan cuci bersih, potong-potong setebal 2 cm. Kukus sampai matang. Angkat dan goreng sampai terlihat gelembung udara dalam minyak berkurang (ini menandakan kadar air dalam kentang sudah berkurang), tidak perlu samai berkulit kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Haluskan selagi panas. Diamkan hingga agak dingin.
2. Masukkan susu bubuk, kuning telur, garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk hingga tercampur rata.
3. Ambil adonan dan bulatkan, pipihkan kemudian isi dengan bahan isian, bulatkan kembali dan bentuk bulat lonjong sesuai selera.
4. Gulingkan ke tepung roti/panir, celupkan ke telur kocok, gulingkan kembali ke tepung roti/panir. Lakukan sampai habis. Simpan dalam lemari es 30 menit-1 jam (ini bertujuan hanya agar tepung panirnya melekat lebih bagus, tapi klo buru-buru langsung digoreng juga tidak masalah).
5. Goreng dalam minyak yang banyak (deep frying) dg api sedang hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

*Kroket juga bisa langsung dikombinasikan dengan bahan lain dan dibuat tanpa isi, misalnya adonan dicampur dengan wortel serut, daun bawang+seledri, keju, tempe yang dihaluskan, dll. Setelah tercampur lalu dibentuk bulat lonjong dan dipanir. Goreng.

Selamat mencoba ^_^

7 comments:

Anonymous said...

bahannya simpel dan ada variasinya... saya mau coba buat, semoga kentang yang diolah jadi kroket anak saya suka (dia suka sup wortel daripada sup kentang)

vi said...

mbak, saya ijin copy resepnya. udah dicoba, dan enak :) makasih yaa.. resep2nya oke2 :) tertarik juga buat nyoba resep lainnya, hehe

asty puteri said...

mbak.. saya mo nanya.. kalo isinya tempe, tenpenya yang mateng or mentah? enaknya digoreng or dikukus ya? ada resep untuk isi tempenya gk ya?
terimakasih ya mbak :)

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

Tempenya ditumpuk kemudian ditumis bersama bumbu2 lainnya, bisa ditambahkan sayuran bila suka.

-Ricke-

yugi anugerah said...

brarti telor na 3 ya
tuk adonan 2, tuk pelapis 1
yg pelapis pake kuning tlor juga ya ???

trus kl gak pake susu bubuk,,bisa gak ??

Winas Sadono said...

pas ada pesenan nih eh.......izin ngintip resep yach......

Winas Sadono said...

pas ada pesenan kroket nih teh ricke.......
izin intip yach

Post a Comment