Tuesday, April 12, 2011

KLAPPERTAART TALAS BENENG FOR BKPD


Ketemu lagi satu foto yg sudah sangat telat diposting *__*
Tapi alhamdulillah ketemu ^__^
Ini adalah klappertaart special talas beneng. Seperti yang sudah pernah sering saya bahas sebelumnya. Talas beneng adalah talas 'raksasa' dari Banten yang ukuran umbinya bisa mencapai 1-2 meter, gak percaya? Kapan-kapan saya posting foto talasnya ya ;)
Talas beneng ini berasal dari desa Juhut kabupaten Pandeglang. Beneng sendiri adalah singkatan 'besar koneng' alias besar dan kuning, karena umbinya memang berwarna kuning mirip seperti kentang.

Klappertaart ini dipesan oleh Bu Eneng, kepala BKPD (Badan Ketahanan Pangan Daerah) Banten untuk sebuah acara yang dihadiri oleh Bapak Wakil Menteri Pertanian RI. Dulu juga burbernis (bubur beneng manis) sempat dicicip oleh Pak Wamentan RI.
Pesanan dalam ukuran personal cup sebanyak 50 cups.

Saya mengolah klappertaart ini menggunakan umbi talas beneng (bukan tepung talas beneng). Umbinya saya beri perlakuan khusus untuk mengurangi kadar asam oksalat yang memang terkandung dalam umbi talas-talasan. Juga untuk memperbaiki rasa (menghilangkan aftertaste di lidah) dan aroma (aroma khas talas beneng lebih menyengat dibanding talas jenis lain).

Alhamdulillah bisa ada sedikit sumbangsih untuk memperkenalkan olahan pangan dari bahan lokal khususnya dari Banten ^__^

2 comments:

Bunda said...

Assalamualaikum wr wb
salam kenal bunda...
bunn serangnya dimana? klo langsung pesen dimana..kabita euy sama klapetart talas beneng nya (kebetulan sy jg diserang...hatur nuhun
Wassalam

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

Wa;alaikumsalaam. Saya di Dalung Mba. Salam kenal ^__^

Post a Comment