Friday, April 15, 2011

WADAI BINGKA KENTANG PANDAN KELAPA MUDA


Judulnya panjang amat yaaa... Hihihiiii... Aslinya namanya wadai bingka kentang aja. Karena aku modif jadi rasa pandan dan pakai kelapa muda jadi aja namanya panjang ;)
Kebetulan masih ada sisa kelapa muda di freezer sisa bikin pesanan klappertaart.

Wadai bingka kentang ini adalah kue khas Banjar, Kalimantan. Wadai dalam bahasa banjar artinya kue.
Aslinya berbentuk seperti bunga, karena dicetak dengan cetakan berbentuk bunga, mirip dengan cetakan bolu kemojo dari Riau.
Berhubung saya tidak punya cetakannya, jadi saya menggunakan cetakan martabak manis (terang bulan) jadinya bentuknya ya bulat, hihihihiiiii....


Saya memang suka sekali dengan bingka kentang ini. Yang original tidak menggunakan pandan, jadi warnanya kuning saja. Resepnya hampir sama dengan kue lumpur, serupa tapi tak sama. Saya sendiri lebih suka dengan bingka kentang ketimbang kue lumpur.
Bingka kentang ini teksturnya lebih lembut membelai lidah karena penggunaan terigunya sedikit sekali. Nyaman banar kata urang Banjar :D

Banyak variasi resep, ada yang telurnya banyak tapi santannya sedikit, ada juga yang telurnya sedikit tapi santannya banyak. Versi saya yang menggunakan sedikit santan :)
Karena saya baru pertama kali membuat bingka ini, sempat tanya juga ke Mba Dida, ternyata resepnya juga hampir sama yaitu sedikit santan.
Resep kuno bingka ini menggunakan telur bebek. Tapi pakai telur biasa juga bisa.
Dan yang membuat aromanya khas karena aslinya dibakar menggunakan bara api dari arang kayu.

Beberapa waktu yang lalu Farah Quinn juga sempat meliput soal bingka kentang ini dan juga membuat bingka modifikasinya yaitu bingka kentang tuty fruty. Hadeeehhhh... Tambah kangennnn aja pengen makan kue yang satu ini. Tapi saya waktu itu tidak kepikiran untuk mencatat resep ala chef Farah.

Ya sudah, ini resep wadai bingka kentang ala Bunda Nadhifa. Alhamdulillah nyaman rasanya, suamiku juga doyan banget sampe habis 2 potong pas pulang kantor. Suka apa laper ya? Hihihiiiii... Komentarnya: "Enak banget Bunda, kue apa ini?" ^__^



Wadai Bingka Kentang Pandan Kelapa Muda
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
200 gram kentang
Santan kental dari 1 butir kelapa tua, nanti yang diambil hanya sekitar 150 ml saja
2 lembar daun pandan, sobek-sobek
6 kuning telur
3 putih telur
125 gram gula pasir (saya gak suka terlalu manis, silahkan ditambah sesuai selera)
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanilli bubuk (saya pakai vanilla susu L'Arome)
1 sdt pasta pandan
50 gram terigu, ayak
50 gram margarin, lelehkan dan dinginkan
Kelapa muda yang diserut panjang secukupnya

Cara membuat:
1. Kukus kentang, haluskan selagi panas hingga benar-benar halus. Taruh di wadah agak besar. Sisihkan.
2. Masak santan dan daun pandan sampai agak berminyak. Matikan api. Takar 150 ml dan dinginkan.
3. Kocok telur, gula pasir dan garam dengan mixer cukup sampai setengah mengembang dan gula larut. Tidak perlu dikocok sampai mengembang dan kental seperti membuat cake/bolu. Masukkan pasta pandan dan vanili bubuk. Kocok rata.
4. Tuang kocokan telur sedikit demi sedikit ke wadah yang berisi kentang sambil dikocok dengan mixer kecepatan rendah sampai rata dan benar2 menyatu. Lakukan hingga kocokan telur habis.
5. Masukkan terigu, kocok rata sebentar.
6. Masukkan santan. Aduk rata.
7. Masukkan margarin cair. Aduk rata.
8. Panaskan cetakan bingka yang telah dioles dengan minyak di atas api kecil (saya menggunakan cetakan martabak diameter dalam 19 cm). Setelah cukup panas, masukkan adonan bingka. Tutup. Biarkan sampai setengah matang. Beri kelapa muda saat atasnya.
9. Pindahkan ke dalam oven dengan menggunakan api atas dan bawah. Panggang hingga matang dan permukaannya menjadi coklat.
10. Keluarkan dari oven dan keluarkan dari cetakan (saya menggunakan bantuan spatula besi untuk mengangkat dari cetakan soalnya cetakan martabaknya berat mau dibaliknya, hehee...)
11. Sajikan. Hangat lebih nikmat.

Tips:
- Agar saat mencampur kentang dan kocokan telur adonan bisa merata, tuang kocokan telur ke kentang sedikit demi sedikit sambil dikocok perlahan. Bukan memasukkan kentang ke dalam kocokan telur, akan susah rata dan hasilnya tidak homogen.
- Klo mau yg versi kecil, bingka ini juga bisa dipanggang menggunakan cetakan kue lumpur.

Untuk yang belum tau bentuk asli bingka kentang khas banjar, silahkan tanya Mbah Google aja ya, hehehee...

Selamat mencoba :)

5 comments:

Anonymous said...

wahh cantikna bunda...ini pr nya yah?? pasti enakk...bunda , kl bikin ini msk ke oven bs ga sih? g punya cetakannya euy..tks

Ida Syahranie said...

Mbak Modifikasi bingkanya keren. Aslinya juga memang ada yg pakai kelapa muda. Ada juga yg pakai kismis. Tapi dgn warna hijau...look great!
Sayang jauh yaa tempatmu

Anonymous said...

thanks ilmunya ... semoga saya juga berhasil buat wadainya

Anonymous said...

Wah mantappp bnr bund. Saya asli banjar,Kalimantan aja blm prnh bikin wadai bingk ini. Tau nya beli aja.hhehe.. Izin copy resep ya Bund .. TQ

Layla Marie said...

Vanilla susu L'Arome itu sma ga dg vanilli bubuk biasa?klo pke loyang bingka bntuk bunga kira2 resepnya utk brp loyang?bisa kasih resep tart kelapa nya bun soalnya aku coba bikin kurang bgs jdnya he he he...

Post a Comment