Wednesday, June 8, 2011

BOLU SARANG SEMUT (BOLU KARAMEL)


Bolu karamel atau sarang semut ini adalah salah satu kue khas Indonesia. Klo sebutan orang Betawi bolu sarang semut, karena bolunya berongga-rongga seperti sarang semut (emang udah pernah lihat dalamnya sarang semut kayak gimana? hihihiiii...).
Btw, foto bolu sarang semut ini sebenarnya saya bikin sebulan yang lalu untuk setoran PR LBT#5 dengan tema kue tradisional khas Indonesia. Tapi akhirnya yang disetor jadinya lapis legit roll, hehehee... (ouppzzz... ternyata blum aku posting ya? *tepok jidat).

Saya membuat bolu sarang semut ini dengan resep jadoel ala Ibuku, yang resep aslinya pakai takaran gelas belimbing. Sampai sekarang juga ibuku klo bikin kue memang masih pakai gelas belimbing, lebih gampang katanya :D
Ibuku gak terlalu pandai bikin kue. Tapi beberapa resepnya yang sederhana memang jitu, salah satunya resep sarang semut ini ^__^
Bikinnya juga gak pake mixer. Campur dan aduk-aduk aja :)
Sekarang ibuku sudah jarang banget bikin kue, klo mau ada acara malah pesan ke anaknya (aku maksudnya), heheheee.... :p
Klo ada acara, yang jadi andalan ibuku klo gak bolu pandan ya bolu sarang semut ini.

Resepnya sudah saya konversikan ke dalam satuan gram. Takut 'lieur' kata orang sunda mah klo gak punya gelas belimbing :D
Dan sudah saya modifikasi juga sesuai selera, termasuk jumlah gulanya aku kurangi.



Bolu Sarang Semut (Bolu Karamel)
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
Untuk sirup karamel:
400 gram gula pasir
400 ml air panas
5 lembar daun jeruk purut, iris tipis
2 lembar daun pandan, iris tipis
---> hasil akhir ditakar 400 ml

5 butir telur
120 gram terigu protein sedang
150 ml susu kental manis
150 gram margarin, lelehkan dan dinginkan
1 sdm soda kue

Cara membuat:
1. Sirup karamel: Panaskan gula pasir di wajan hingga kecoklatan (jangan sampe gosong ya ntar pahit) dengan api kecil, tambahkan air panas. Biarkan hingga mendidih dan gula larut. Masukkan daun jeruk purut dan pandan. Masak hingga wangi. Angkat dan dinginkan. Saring dan buang daunnya. Takar 400 ml. Sisihkan.
2. Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang tulban diameter 22 cm, olesi dengan margarin/minyak dan taburi dengan terigu tipis-tipis.
3. Kocok lepas telur dengan whisk hingga berbusa dan rata. Masukkan terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan sirup karamel sambil diaduk sampai rata dan licin. Saring bila perlu.
4. Masukkan susu kental manis, aduk rata. Masukkan margarin cair. Aduk rata.
5. Terakhir masukkan soda kue. Aduk rata. Segera tuang ke loyang dan panggang dalam oven hingga matang (kurang lebih 45 menit).
6. Keluarkan dari loyang, dinginkan dan potong-potong.

(Tuh, kelihatan bolong-bolongnya, tapi mana semutnya yaaa...?? Xixiixiiii...)

Notes:
- Adonan bolu sarang semut ini memang cair.
- Daun jeruk purut dan pandan sifatnya optional saja, agar bolunya mempunyai wangi yg khas :). Bila tidak suka silahkan diskip.

9 comments:

sarang semut said...

Makasih resepnya mau tak coa nih....

Nurdin said...

i like...

nenden said...

postingan yang bermanfaat,semoga bermanfaat juga untuk masyarakat luas.
bila ada waktu kunjungi juga blog saya di http://imaniar.blog.stisitelkom.ac.id/
Terimakasih :)

Kreasi Marie said...

Terima Kasih resepnya. Sesekali mampir ke http://www.kreasimarie.com/home/ untuk mendapatkan berbagai resep kreasi lainnya.

ema marlina said...

bolu yang ini salah satu kesukaan saya...
mantap rasanya, mantap cara bikinnya...
buat teman2 yang lagi nyari tambahan resep2 masakan dan info tentang rahasia antigagal membuat aneka kue populer, silahkan mampir ke
http://www.ayodapur.blogspot.com
di tunggu ya...

Mukhlisin Saleh.com said...

Thank's neh buat infonya. Udah kucoba n berhasil alhmdulillah hasilnya lezat, tp kok lengket diloyangnya ya pdhl loyangnya sdh aku olesin mrgarin+terigu lho? tlg mnta tipsnya ya agar kuenya mudah dilepas dr loyangnya. Thank's a lot neh n dtunggu blsanya..

Kaka Jepara said...

Nyoba ahhhhhh

mama vina said...

hemmmm enk liat y jadi mo coba buat ahhhh

Ida Nidawati said...

Terima kasih teteh....izin copas resepnya yaa..untuk panduan buatnya...nuhuun ...

Post a Comment